Sumber: Instagram (ragunanzoo)

Anda ingin menambah pengetahuan tentang dunia hewan? Kalau kamu tinggal di daerah Ibukota Jakarta atau sedang berlibur disana, maka kamu bisa berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan di Jakarta. Selain Anda akan melihat hewan secara langsung, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya disana, kamu bisa mencoba fasilitas yang telah tersedia hingga menonton video dokumenter.

Kebun Binatang di Ragunan Jakarta ini bisa menjadi tempat wisata alternatif buat kamu yang suka dengan hewan. Di tempat ini, kamu bisa melihat-lihat beberapa hewan yang mungkin kamu belum pernah temui di sembarangan tempat. Kamu bisa mengetahui tempat wisata ini dengan lengkap, jika kamu membaca artikel ini.

Jika kamu mengajak adik atau keponakan kamu yang masih kecil, tentunya tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Adik atau keponakan kamu yang masih kecil tentunya bisa belajar untuk berinteraksi langsung dan menanamkan rasa sayang kepada hewan.

Sembari berinteraksi dengan beragam jenis binatang, di tempat ini kamu juga bisa bersenang-senang dengan memanfaatkan fasilitas dan wahana yang ada di Kebun Binatang Ragunan. Aktivtas yang kamu lakukan disini tentunya bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bahkan tidak terlupakan.

Pengetahuan kamu terhadap binatang juga akan bertambah. Kamu penasaran apa saja yang ada di Kebun Binatang Ragunan ini? langsung aja kamu simak informasi lengkap seputar Kebun Binatang Ragunan Jakarta dibawah ini yuk!!.

Informasi Sekilas Tentang Dibagunnya Kebun Binatang Ragunan Jakarta


Sumber: Instagram (ragunanzoo)
Kebun Binatang yang ada di Ibukota ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Asal Mulanya kebun binatang ini bernama Planten En Dierentuin yang berarti Tanaman dan Kebun Binatang.

Dulunya Kebun Binatang ini luasnya seluas 10 hektar, Kebun Binatang ini merupakan pemberian dari Raden Saleh. Adapun lokasinya terletak di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Setelah berdiri, tempat ini telah dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Pada tahun 1949, nama dari tempat ini telah berubah menjadi Kebun Binatang Cikini. Semakin berkembangnya kota Jakarta, lokasi Cikini ini dianggap tidak cocok dijadikan tempat untuk melindungi hewan.

Kemudian, pada tahun 1964 terbentuklah sebuah badan yang bernama Badan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Kebun Binatang. Badan ini tentunya bertugas sebagai yang memindahkan kebun binatang ke Pasar Minggu yang telah diketuai oleh Drh. T.H.E.W Umboh.

Kepindahan Kebun Binatang ini, DKI Jakarta tentunya menghibahkan lahar seluas 30 hektar di daerah Ragunan, Pasar Minggu. Hewan yang telah dipindahkan lebih dari 450 ekor. Kemudian pada 22 Juni 1996, Gubernur Ali Sadikin telah meresmikan dengan nama Taman Margasatwa Ragunan.

Baca Juga : 5 TEMPAT WAJIB DIKUNJUNGI SAAT PERGI KE KAMBOJA

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Saat Berada Di Kebun Binatang Ragunan Jakarta


Sumber: Instagram (ragunanzoo)
Bagi kamu yang menyukai hewan atau mungkin kamu penasaran dengannya, kamu bisa langsung mengunjungi ke salah satu pusat hewan berkelas Internasional yang ada di Indonesia ini. Tempat ini berguna untuk tempat konservasi primata dan juga sarana untuk mengetahui selak beluk informasi hewan.

Lokasi ini bisa dikatakan salah satu tempat favorit bagi para pengunjung. Segala macam jenis hewan bisa Anda temukan disini, Anda bisa menemukan simpanse, jerapah, harimau, dan berbagai jenis primata lainnya yang berasal dari Indonesia ataupun dari luar negeri.

Kalau selama ini kamu hanya dapat melihat jenis-jenis binatang di televisi atau internet saja, Sekarang kamu bisa langsung melihatnya di Kebun Binatang Ragunan. Tidak hanya menyaksikan saja, tetapi kamu bisa menambah pengetahuan kamu tentang salah satu hewan yang dikenal cerdas ini.

Bagunan pusat hewan ini bertema konsep outdoor. Jadi, disini hidup seperti primata di habitat aslinya.

Salah satu hewan yang sering ditunggu-tunggu oleh pengunjung adalah saat hewan gorila diberikan makanan oleh petugas. Kegiatan ini biasanya dilakukan setiap jam 12 siang. Pengunjung jadi bisa melihat langsung hewan yang dikenal dengan pemalu ini secara langsung.

Bagi Anda yang ingin masuk ke pusat hewan Primata Schumtzer ini juga tidak menguras kantong Anda, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.6.000,- per orang untuk hari Selasa - Jumat dan Sabtu - Minggu dan hari libur Nasional dikenakan biaya Rp.7.500,- per orang. Jika Anda masih ingin menambah pengetahuan Anda tentang hewan primata, Anda bisa langsung menonton film dokumenter disini dengan membayar Rp.150.000,- untuk sekali putar dengan kapasitas tempat duduk 85 kursi.

Mengajak Si Kecil untuk Melihat Binatang Lucu


Sumber: Instagram (ragunanzoo)
Tidak jarang, kalau anak-anak kecil sering merasa ketakutan jika melihat binatang yang menurutnya menyeramkan. Tetapi, kalau Anda kesini Anda tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengunjungi tempat yang bernama Taman Satwa Anak.

Di tempat ini, kamu bisa melihat beragam jenis binatang lucu yang pastinya sangat disukai anak-anak. Jenis-jenis hewan yang lucu tersebut diantaranya adalah hewan Burung Kakaktua, Rusa, Binatang pengerat, Ular Condrophyton dengan warna-warna yang indahnya, ikan raksasa Araipama gigas, dan hewan lainnya.

Selain si kecil bisa melihat hewan, si kecil juga bisa bermain di kawasan ini. Ada beberapa permainan yang bisa si kecil coba seperti ayunan, jaring laba-laba, dan permainan lainnya yang disukai anak-anak tentunya.

Mencoba Wahana Seru


Di tempat ini, kamu enggak selalu melihat-lihat binatang. Anda juga bisa mencoba menaiki wahana ragunan yang telah disediakan. Jika Anda penasaran dengan wahana yang ada di Kebun Binatang Ragunan Jakarta, Anda bisa simak informasinya lebih lanjut dibawah ini.


  • Kuda Bendi


Sebenarnya wahana ini bisa Anda temukan di banyak tempat wisata. Karena di tempat lain dikenal dengan sebutan delman atau andong. Kuda Bendi ini bisa dinaiki dengan maksimal empat orang.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa membeli tiket dengan harga Rp.10.000,- untuk satu kali putaran. Loketnya juga dibuka mulai dari pukul 10.00 sampai 15.00 WIB.


  • Kuda Tunggang


Tentunya kamu sudah bisa membayangkan bisa menunggangi kuda dengan gagah layaknya seorang pangeran dari kerajaan, kalau Anda berpikir seperti itu Anda harus menguburnya dalam dalam khayalan Anda. Karena kuda tunggang disini hanya diperbolehkan untuk anak-anak saja.

Kok seperti itu? karena kuda yang ditunggangi adalah kuda poni. Masa iya kamu tega naik kuda kecil itu? pastinya enggak donk?

Jadi, Anda bisa mengajak buah hati kamu mencoba wahana ini. Kuda poni ini akan mengajak si kecil berkeliling area taman satwa anak dengan didampingi oleh seorang petugas.

Harga untuk bisa menaiki kuda poni ini juga tidak terlalu menguras kantong Anda. Hanya dengan membayar Rp.5.000,- per anak untuk sekali putaran saja.


  • Gajah Tunggang


Kalau wahana yang satu ini baru bisa dinaiki oleh orang dewasa. Menunggangi gajah adalah salah satu tantangan dan pengalaman tersendiri yang bisa kamu miliki.

Kamu tidak perlu takut akan terbanting atau terjatuh saat menaiki hewan ini. Kamu akan tetap aman karena ada seorang perawat gajah yang tentunya bertugas untuk menjinakkannya.

Jika kamu tertarik, kamu bisa menunggangi gajah ini pada hari Minggu dan hari libur Nasional saja. Harga untuk menaiki hewan ini juga termasuk murah dengan harga Rp.7.500,- per orang Anda sudah bisa menunggangi gajah.


  • Unta Tunggang


Jika kalian mempunyai impian menunggangi unta di Timur Tengah tetapi Anda belum kesampaian, Anda bisa langsung datang ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Disini, kamu bisa menunggangi unta.

Saat kamu menunggai unta ini, pastinya kamu ingin memejamkan mata sambil membayangkan kamu lagi naik untuk di kebun padang pasir yang luas. Pastinya hal ini sangat seru sekali.

Nah, bagi kamu yang tertarik ingin menunggangi unta seperti di negara-negara di Timur Tengah, kamu bisa membayar tiketnya dengan harga Rp.7.500/orang.


  • Pentas Satwa


Seperti kebun binatang pada umumnya, disini kamu bisa melihat atraksi satwa. Acara ini telah dikemas secara lucu dan menarik sehingga membuat para penontonnya terhibur dengan tingkah polah satwa yang menggemaskan.

Loketnya dibuka pada pukul 10.00 sampai 15.00 WIB. Anda bisa membeli tiketnya dengan harga yang cukup murah, yaitu dengan harga Rp.4.000,- per orang.


  • Taman Perahu Angsa


Di Kebun Binatang Ragunan Jakarta terdapat sebuah kolam yang membetang dari utara ke selatan dengan luas 2.000 m2. Hal yang membuat menariknya adalah terdapat sebuah kolam di tengah-tengah yang berukuran kecil.

Jika Anda ingin berkeliling pulau imut ini, kamu bisa mencoba menaikinya dengan harga Rp.15.000,- per orang.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu siapkan sebelum mengunjungi Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Semoga wisata Anda ke kebun binatang ini mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan dan pengetahuan yang bertambah.