Negara tanah air Indonesia memang memiliki keindahan alam nusantara yang tidak terhingga yang berada dari Sabang sampai Marauke. Kita sebagai penduduk asli Indonesia tentunya sudah wajib bangga lho tinggal di negeri yang di kelilingi oleh beribu - ribu pulau dengan pesona keindahan yang tiada duanya. Jadi tidak usaha heran lagi, jika banyak turis atau wisatawan yang rela berdatangan dari berbagai negara untuk dapat menikmati objek wisata di Indonesia yang populer di dunia.

Banyaknya objek wisata di Indonesia yang menjadi tempat favorit dikunjungi, beberapa diantaranya bahkan sampai ada yang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia lho! Apakah kamu ingin tahu, apa saja itu? Yuk, mari simak langsung artikel mengenai tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia berikut ini :

Tujuan Objek Wisata Indonesia yang Populer di Dunia


1. Danau Toba (Sumatera Utara)

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Apakah kamu ingin berkunjung ke Danau Toba? Danau yang mempunyai keindahan yang tidak tertandingi ini merupakan sebuah danau vulkanik terbesar yang ada di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria. Danau Toba sendiri telah lama terkenal sebagai salah satu objek wisata Indonesia yang menjadi tempat favorit yang sering dikunjungi sejak tahun 1980-an lho!

Tempat wisata Nusantara yang memang terkenal di Dunia ini memiliki luas 1.145 kilometer persegi dan sebenarnya lebih tepat dikatakan laut karena dengan luas sebesar itu di tengahnya terdapat sebuah pulau Samosir yang mempunyai luas hampir sebanding dengan negara Singapura. Pastinya kamu bisa membanyangkannya kan begitu besarnya danau di Sumatera Utara ini?

Selain itu, danau ini juga termasuk salah satu danau terdalam di dunia yang mempunyai kedalaman sekitar 450 meter. Bagi kalian yang sedang berkunjung ke Medan, Sumatera Utara, kamu tidak boleh lupa untuk berkunjung untuk menikmati keindahan Danau Toba, ya.

2. Nusa Penida (Bali)

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Objek wisata yang kedua ini adalah Pulau Bali, tentunya sudah tidak asing lagi jika namanya diketahui di seluruh dunia karena mempunyai pemandangan yang indah, budayanya yang masih sangat kental terasa dan pantainya yang sangat eksotis. Saat kamu yang sedang berkunjung ke Bali, kamu tidak usah heran kalau banyak sekali turis yang berlalu lalang disana, bahkan ada beberapa turis yang menetap di Bali lho!

Salah satu objek wisata di Bali yang terkenal di dunia pada saat ini adalah Nusa Penida. Tempat objek wisata di Indonesia yang menjadi favorit ini adalah pilihan yang sangat tepat bagi kamu yang ingin melakukan Island Hoping, dan menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling.

Pemandangan pantai yang sangat indah Nusa Penida dan juga pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya tentunya memberikan pengalaman yang berbeda dan pastinya akan memanjakan kamu yang juga memiliki hobi fotografi.

3. Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Tempat wisata yang terkenal yang ada di Indonesia lainnya ini juga ramai dikunjungi wisatawan asing adalah Taman Laut Bunaken yang tepatnya berada di Teluk Manado. Bunaken sendiri telah menjadi objek wisata di Indonesia yang memberikan rasa kagum karena keindahan bawah lautnya yang sulit untuk di temukan di negara lain.

Jika kamu berkunjung ke Taman Laut Bunaken, Kamu pastinya akan melihat keindahan kehidupan di dalam laut yang membuat mata kamu tidak bisa berhenti memandangnya. Di dalam taman laut ini terdapat 13 jenis terumbu karang yang dipadukan dengan bebatuan laut.

Selain itu, ada juga pemandangan yang paling unik yaitu adanya terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25 - 250 meter. Tidak hanya disitu saja, maka kita akan dimanjakan dengan 91 jenis ikan ada berada disana.

Maka tidak heran kalau Taman Laut Bunaken menjadi tempat objek wisata para wisatawan terutama para pecinta laut. Apalagi tujuan wisata Indonesia yang menjadi tempat favorit para wisatawan terbaik, dimana penyelam dapat memiliki kesempatan berenang di dasar laut dengan berbagai macam biota laut yang menakjubkan.

4. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia
Wakatobi. Sumber: wakatobi.com

Masih di Pulau Sulawesi, Taman Nasional Wakatobi juga menjadi salah satu tempat tujuan para wisatawan dunia bagi yang ingin melakukan eksplorasi keindahan bawah laut. Mempunyai luas yang mencapai 13.900 km2, tujuan wisata yang terkenal di Indonesia ini memiliki terumbu karang 112 jenis kurang lebihnya yang bersimbosis dengan ikan-ikan yang berada di bawah laut sehingga menciptakan pemandangan bawah laut yang pastinya tidak terlupakan.

Hal ini tentunya menjadikan Wakatobi menjadi salah satu surga menyelam bagi para traveler dari berbagai manca negara.

5. Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat)

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Indonesia mempunyai surga dunia yaitu kepulauan Raja Ampat yang berada di Papua Barat dengan kekayaan laut yang lengkap di bumi. Raja Ampat atau yang bisa dikatakan Empat raja merupakan 4 pulau indah yang merupakan penghasilan lukisan batu kuno. Empat pulau utama yang dimaksud adalah Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool.

Nama-nama yang diberikan tersebut berasal dari mitos dari warga - warga yang berada di sekitar pulau Raja Ampat. Keindahan dan mempunyai tempat yang besar dari objek wisata yang terkenal di Indonesia ini dapat mengundang para wisatawan dari seluruh dunia untuk datang ke sini dan merasakan pengalaman sekaligus pemandangan yang pastinya tidak akan terlupakan.

Mempunyai wilayah pulau yang meliputi hingga 4,6 juta hektar tanah dan laut, kita dapat menemukan 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kamu harus ketahui ini, menurut laporan The Nature Conservancy and Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut di dunia yang tinggal di pulau ini pastinya menakjubkan, bukan?

6. Gunung Bromo (Jawa Timur)

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Jika kamu pernah datang ke Jawa Timur pastinya tidak lengkap jika belum menginjakkan kaki ke Gunung Bromo ini. Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini memiliki keindahan pemadangan yang tidak akan terlupakan dengan dikelilingi pasir laut yang luas. Walaupun bukan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, tetapi keindahan Gunung Bromo tidak ada duanya dan membuat para pengunjungnya dapat merasakan pemandangan yang fantastis dan spektakuler.

Wisatawan dapat menaiki kuda dan mendaki gunung bromo untuk dapat menikmati keindahan yang sangat indah pada saat matahari terbit dan terbenam. Bisa juga pengalaman secara langsung yang tidak terlupakan oleh untuk kamu! Dengan keindahan yang membuat banyak orang kagum itu tidak heran kalau objek wisata di Indonesia yang satu ini menjadi tempat favorit wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung ke Indonesia.

7. Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur)


Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Tempat wisata Indonesia yang terkenal di mata dunia selanjutnya adalah Pulau Komodo. Pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini adalah rumah untuk ratusan Komodo, hewan endemik yang dilindungi di Indonesia.

Selain itu kita juga dapat mengamati perilaku dan mengeksplorasi habitat dari hewan purba yang satu ini, Pulau Komodo juga memberikan keindahan alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah pantai dengan pasir yang berwarna merah muda yang dikenal sebagai nama "Pink Beach". Di dunia sendiri pantai yang seperti ini hanya ada tujuh diseluruh dunia yang menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia yang mendunia.

8. Candi Borobudur (Jawa Tengah)

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Salah satu tempat ikon wisata budaya Indonesia yang mendunia lainnya adalah Candi Borobudur. Sebagai candi Budha terbesar di dunia yang memiliki luas tidak kurang dari 123 X 123 meter, objek wisata populer yang ada di Indonesia yang lebih tepatnya lagi berada di Magelang ini merupakan warisan budaya dan sejarah Indonesia yang terkenal akan arsitekturnya yang memukau.

Setiap tahunnya, tidak hanya wisatawan domestik tetapi banyak juga wisatawan asing yang tertarik untuk mengamati keindahan dari Candi Borobudur. Berbagai macam relief yang menceritakan tentang berbagai ajaran dalam agama Budha dan perjalanan hidup Sidharta Gautama hingga menjadi pencerahan sempurna bisa kamu temukan di tempat wisata ini yah.

Candi Borobudur sendiri memiliki total yang tidak kurang dari 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief pada dinding-dindingnya. Sangat menakjubkan sekali, bukan?

9. Tana Toraja (Sulawesi Selatan)

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Indonesia sendiri memang kaya akan adat dan budaya yang menarik di dunia. Salah satunya adalah tempat wisata Indonesia yang terkenal dengan kekayaan tradisi budayanya adalah Kabupaten Tana Toraja.

Tempat wisata ini terletak di Sulawesi Selatan yang berada di kawasan pegunungan yang indah, Kamu masih dapat melihat uniknya keseharian dan tradisi masyarakat adat Tana Toraja. Selain keindahan arsitektur tradisional rumah tongkonan, wisatawan juga dapat mengamati tradisi upacara kematian yang biasa dikenal sebagai Rambu Solo yang biasanya diselenggarakan pada Juli dan Agustus.

Keunikan dari tradisi ini membuat Tana Toraja menjadi salah satu destinasi Indonesia yang memiliki daya tarik di dunia.

10. Gili Trawangan

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Bagi kalian pecinta pemandangan pantai, Gili Trawangan bisa kamu jadikan pilihan objek wisata Nusantara yang mendunia yang bisa kamu kunjungi. Dengan kombinasi langit yang biru dengan semburat awan putih, jernihnya air laut dibingkai pasir putih menjadikan Gili Trawangan sebagai tempat wisata populer untuk wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri.

Selain pantai dan alam bawah laut, tempat wisata Nusantara yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga memiliki konsep yang sangat menakjubkan dan juga ada spot-spot foto yang instagramable, lho.

11. Goa Gong (Jawa Timur)

Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Tempat wisata Indonesia yang terakhir ini adalah Goa Gong yang berada di Pacitan, Jawa Timur. Keindahan pemandangan yang eksotik yang ditawarkan oleh tempat wisata alam Indonesia ini disebut-sebut sebagai salah satu goa terindah di Asia Tenggara.

Bertualang di Goa Gong, Kamu akan disajikan keeksotisan struktur stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami di goa ini. Walaupun sudah tidak sepopuler tempat wisata Indonesia yang lainnya, Goa Gong adalah tempat wisata favorit bagi traveler dunia yang memiliki jiwa petualang.

Gimana, Pasti kamu banggakan dengan Indonesia? Masih banyak lagi tempat lainnya yang ada di Indonesua yang akan membuat kamu semakin jatuh cinta dengan Indonesia. Tugas kita adalah merawat dan melindungi tanah air kita, demi warisan untuk anak cucu kita nanti.

Gimana? Ternyata Indonesia memiliki keindahan alam yang masih alami dan dapat membuat para wisatawan dunia jatuh hati. Sebagai salah satu penduduk Indonesia sudah seharusnya kita dapat merawat kekayaan alam Indonesia mulai dari hal-hal kecil ya.