Lokasi: Jl. Jalan Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Gubeng, Surabaya. Sumber: Instagram (ella.98)

Selain pusat perbelanjaan, Kota Surabaya banyak sekali menyimpan objek wisata, lho. Kamu dapat mencoba wisata alam, berfoto dengan teman-temanmu atau keluargamu dengan pemandangan pelabuhan yang menakjubkan, dan Anda bisa juga menikmati malam dengan pemandangan lampu yang berwarna warni. Yuk, berwisata ke Kota Pahlawan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang Indokeppo rekomendasikan berikut ini:

1. Ekowisata Magrove Wonorejo

Lokasi: Jl. Raya Wonorejo No. 1, Rungkut, Kota Surabaya. Sumber: Instagram (mangrovewonorejo)

Lokasi wisata di Surabaya yang dapat kamu kunjungi adalah Ekowisata Magrove yang berada di daerah Wonorejo, Kecamatan Rungkut. Objek wisata yang terletak tidak jauh dari pusat kota ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tiket masuk untuk ke kawasan ini terbilang cukup murah, Anda hanya cukup merogo kocek Rp 5 ribu plus biaya parkir. Selain dapat menikmati hijaunya hutan magrove, tempat ini juga bisa menjadi tempat wisata edukasi yang baik untuk memperkenalkan alam pada anak-anak.

Baca Juga : 5 Tempat Wajib Dikunjungi Saat Pergi Ke Kamboja

2. Kebun Bibit

Lokasi: Jl. Jalan Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Gubeng, Surabaya. Sumber: Instagram (ella.98)

Apakah Kamu ingin mengajak sang buah hati untuk menikmati pemandangan alam sekaligus berinteraksi dengan hewan? Nah, Anda bisa mencoba pergi ke Kebun Bibit yang terletak di Jalan Kendalsari. Pada tempat wisata alam ini, Anda dapat menikmati keindahan taman-taman yang rimbun. Jika Anda membawa si kecil, disana sudah tersedia taman bermain di lokasi outboon dan juga bisa beraktivitas di area playground. Wisata Kebun Bibit ini anak-anak juga bisa berinteraksi dan juga bisa memberikan makan kepada beberapa ekor rusa yang dibiarkan berkeliaran. Anda dapat mengunjungi tempat wisata Surabaya ini tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun selain untuk uang parkir.

3. Hutan Bambu Keputih

Lokasi: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Sumber: Instagram (audreyhanleyyy)

Wisata selanjutnya bernama Hutan Bambu Keputih yang merupakan salah satu wisata alam yang dapat Anda kunjungi jika sedang berlibur ke Surabaya. Lokasi yang awalnya merupakan tempat pembuangan sampah yang sudah di tutup ini kemudian di manfaatkan untuk menjadi tempat lahan hijau dan di tanami dengan aneka jenis bambu. Tempat wisata Surabaya satu ini juga terdapat tanaman Bunga Sakura yang sangat cantik dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto-foto.

4. Kenpark Surabaya

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya. Sumber: Instagram (kenparksurabaya)

Pantai Kenjeran merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Surabaya. Sangat disayangkan, tempat wisata pantai ini sudah sepi peminatnya karena kondisinya yang kurang terjaga dan penuh dengan sampah. Namun sekarang sudah ada wisata baru di sekitar Pantai Kenjeran, lebih tepatnya lagi 1 km dari pantai yang lama. Objek wisata satu ini biasa dikenal dengan Kenpark atau Kenjeran Park. Ada banyak objek menarik yang dapat kamu kunjungi saat pergi ke wisata Kenpark, salah satunya adalah klenteng SanggarAgung yang berdiri dengan megah di pinggir laut. Ada juga tiruan seperti Temple of Heaven di China yang banyak dijadikan tempat berfoto oleh para wisatawan.

5. Air Mancur Menari


Lokasi: Lokasi : Kenjeran, Kota Surabaya. Sumber: Instagram (ella.98)

Pada saat Anda berkunjung ke Pantai Kenjeran terdapat di sepanjang pesisir pantai dibangun jembatan sepanjang 800 meter dengan jalur satu arah yang sangat megah. Saat malam hari tiba, jembatan ini semakin cantik dengan gemerlap lampu yang sengaja dipasang untuk menarik perhatian para pengunjung. Bahkan, di lokasi ini juga terdapat spot khusus untuk berfoto selfie yang pastinya membuat Anda dapat mengabadikan pemandangan sempurna saat berada di jembatan Kenjeran. Di jembatan ini juga Anda dapat melihat indahnya air mancur yang menari dengan iringan lagu khas Surabaya seperti Jembatan Merah.

Baca Juga : Inilah 10 Stadion Termewah di Indonesia yang Harus Diketahui Bagi Pecinta Bola

6. Balai Kota Surabaya

Lokasi: Jl. Walikota Mustajab Surabaya. Sumber: Instagram (ella.98)

Bagi Anda pecinta arsitektur klasik wajib sekali untuk datang ke Balai Kota Surabaya. Di tempat ini, Anda dapat berfoto dengan latar belakang bangunan balai kota yang megah. Di dalamnya juga terdapat beberapa tempat pameran yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Kota Surabaya. Bagian depan tempat ini juga sudah dibuat tulisan Balai Kota Surabaya yang menyala saat malam hari tiba dan cocok sekali untuk dijadikan lokasi tempat berfoto.

7. Pelabuhan Tanjung Perak

Lokasi: Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya. Sumber: Instagram (pelabuhantanjungperak)

Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi dan ingin mendapatkan pemandangan yang tidak biasa? Anda bisa mencoba pergi ke tempat Pelabuhan Tajung Perak saat senja hari. Paduan antara warna langit jingga keemasan dengan siluet kapal-kapal yang ada di tengah laut dijamin Anda akan mendapatkan foto-foto terbaik disana.

8. Surabaya North Quay

Lokasi: Lokasi : Perak Utara, Kota Surabaya. Sumber: Instagram (sbynorthquay)

Tempat wisata di Surabaya yang bernama North Quay ini merupakan tempat wisata yang terletak di lantai dua dan tiga gedung megah Terminal Gapura Surya Nusantara. Lokasi tempat wisata ini biasa dijadikan tempat bersandar kapal pesiar Indonesia. Saat malam tiba, Surabaya North Quay ini dipenuhi dengan lampu sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan di sepanjang Pelabuhan Tanjung Perak.

9. Food Junction Grand Pakuwon

Lokasi: Jl. Grand Banjar Boulevard, Tandes, Banjar Sugihan, Surabaya. Sumber: Instagram (muhammad.syaifulr)

Bagi Anda yang suka berwisata sambil kuliner, di Surabaya ada tempat yang cocok untuk dikunjungi yaitu Food Junction Grand Pakuwon yang menjadi salah satu tujuan di Surabaya yang wajib dikunjungi. Objek wisata yang berada di Tandes Margomulyo, Surabaya Barat ini dibuka pada tanggal 22 Januari 2016 lalu. Tempat wisata ini di desain dengan sangat memukai, lengkap dengan area makan terbuka di tepi danau buatan, di tempat ini Anda juga dapat menikmati berbagai jenis kuliner baik yang berasal dari dalam ataupun luar negeri. Ada lebih dari 100 tenant yang menjual berbagai makanan yang berbeda-beda dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Baca Juga : Tempat Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

10. Surabaya Carnival Night Market

Lokasi: Jalan Ahmad Yani No. 333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya. Sumber: Instagram (ayuoktavianap)

Surabaya Carnival Night Market adalah tempat rekreasi yang dibuka pada malam hari dan memberikan berbagai macam wahana seru kepada pengunjungnya. Tempat wisata ini hampir mirip dengan konsep seperti Batu Night Spectacular atau BNS. Anda dapat memasuki tempat ini hanya dengan harga tiket Rp 10 ribu saja. Tetapi Anda masih dikenakan biaya lagi jika ingin menaiki setiap wahana yang ingin dicoba, harganya cukup bervariasi sekitar Rp 15 ribu.

11. Tugu Pahlawan

Sumber: Instagram (sams_cooler)

Jika Anda ke Kota Surabaya tentunya belum lengkap kalau tidak mengunjungi tempat Tugu Pahlawan. Banyaknya bangunan ikonik di Surabaya, tempat ini adalah salah satu tempat yang paling terkenal. Lebih asiknya lagi, kalau Anda berkunjung kesana tidak usah membutuhkan biaya alias gratis.

Sesuai dengan namanya yaitu Tugu Pahlawan yang berdiri sebagai pengingat peristiwa 10 November 1945. Pada saat itu arek-arek Suroboyo berjuang pantang menyerah untuk melawan serbuan dari penjajah Inggris dan Belanda. Tidak hanya mengangumi struktur bangunannya, tetapi Anda juga bisa belajar sedikit mengenai sejarah Surabaya melalui foto-foto dan informasi yang telah dicantumkan di sekitar tugu.

12. House of Sampoerna

Lokasi: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Surabaya. Sumber: Instagram (bayobecks)

Ada banyak sekali hal yang menakjubkan di Kota Surabaya hanya dengan sekali berangkat, pastinya sudah menjadi daya tarik sendiri. Anda bisa mencoba datang ke House of Sampoerna, museum sekaligus tempat edukasi mengenai perkembangan industri rokok, terutama untuk produk rokok Sampoerna. Setelah Anda puas masuk ke dalam bagian museum, Anda bisa menaiki bus wisata yang sudah disediakan secara gratis untuk para wisatawan. Sebutannya adalah Surabaya Hertage Track. Nanti disana Anda akan diajak untuk mengunjungi jejak-jejak masa lalu kota Pahlawan. Bahkan Anda akan diajak sampai ke Balai Kota, seru sekali bukan?

13. Gereja Katolik Santa Perawan Maria

Sumber: Instagram (surabayasparkling)

Gereja Katolik Santa Perawan Maria ini merupakan salah satu bangunan dengan struktur ala Eropa yang berada di Surabaya. Bentuk dari bangunan ini unik dan interior yang terdapat di dalamnya juga tidak kalah indah. Menariknya lagi, gereja ini merupakan salah satu gereja yang tertua di Kota Pahlawan.

Menurut dari berbagai sumber, tempat ibadah ini dibangun atas inisiatif seorang pastor dari Belandar yang bernama Hendricus Waanders. Bangunannya masih terus bertahan kokoh sampai saat ini, berdampingan dengan SMA Katolik Frateran. Anda wajib mengunjungi tempat ini jika Anda pengagum arsitektur unik khas benua biru.

Baca Juga : Tempat Wisata Bandung Terbaik dengan Biaya Sedikit

14. Taman Bungkul

Sumber: Instagram (minifigeek)

Surabaya yang disebut sebagai kota metropolis, Kota ini memiliki sederet ruang publik yang keren. Salah satunya adalah Taman Bungkul yang berlokasi di daerah Wonokromo. Lokasi ini sering untuk dijadikan tempat berkumpulnya beberapa komunitas, mulai dari skateboard, BMX, dan masih banyak lagi.

Banyak warga Surabaya yang betah untuk berlama-lama ke ruang publik ini. Mengapa tidak? Sebab disana menyediakan WiFi gratis, lalu panggung terbuka untuk menggelar pertunjukan. Pengunjung juga bisa memanfaatkan jogging track serta skate park tanpa memakan biaya sama sekali.

Nama Bungkul ini sendiri memiliki cerita yang lumayan unik. Menurut dari berbagai sumber, ada seorang tokoh penyebar agama Islam yang berada di Surabaya bernama Ki Ageng Supo. Ia sering akrab dipanggil dengan sebutan Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul, yang kemudian menginspirasi nama taman tersebut.

15. Ciputra Waterpark Surabaya

Sumber: Instagram (ciputrawaterparksurabaya)

Cuaca Panas yang sering terjadi di Kota Surabaya membuat banyak orang tidak betah untuk berdiam diri di kamar ber-AC, jadi banyak orang yang berada di Surabaya menghabiskan waktu pergi jalan-jalan ke luar. Padahal ada beberapa tempat wisata di Surabaya yang menawarkan kesegaran dan keseruan luar biasa lho.

Anda dapat mengunjungi ke tempat wisata Waterpark yang berada di kawasan Citraland, Sambilkerep. Anda juga bisa mencoba berbagai macam wahana seru yang ada di Waterpark ini. Mulai dari kolam arus, seluncuran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tempat ini pastinya sangat cocok untuk Anda menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Begitu banyak yah tempat wisata yang ada di Surabaya, lalu tempat wisata mana yang akan Anda kunjungi?