Negara Kamboja merupakan Negara yang berada sama di Negara Asia Tenggara dan termasuk ASEAN. Negara ini berbatasan dengan Negara Laos, Vietnam, Thailand. Ayo simak terus artikel lengkapnya dibawah ini ya.

Bagi Anda yang ingin pergi berlibur ke Negara Kamboja, Anda harus transit terlebih dahulu di salah satu Negara antara Kuala Lumpur, Singapura, atau Bangkok. Anda membutuhkan waktu selama kurang lebih 4 Jam dari Jakarta ke Kamboja, itu belum termasuk hitungan lama transit kita. Apakah Anda tahu Ibukota Kamboja apa? Ibukota Kamboja adalah Phnom Penh. Bentuk pemerintahaan Negara Kamboja ini adalah Kerajaan. Negara Kamboja dipimpin oleh Raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Negara Kamboja memiliki lima pemerintahan lokal dengan Ibukota Phnom Penh. Bahasa yang digunakan di Negara Kamboja adalah Bahasa Khmer. Inilah 5 Tempat Wajib Dikunjungi Saat Pergi Ke Kamboja :

Angkor Wat


Foto: Angkor Wat. Sumber (wall.alphacoders.com)
Angkor Wat adalah sebuah bangunan yang mirip dengan candi di Negara Kamboja yang merupakan monumen keagamaan terbesar di dunia. Angkor Wat juga merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Kamboja. Hampir semua wisatawan yang datang ke Negara Kamboja hanya untuk mengunjungi Angkor Wat yang penuah akan sejarah. Angkor Wat sendiri terletak di kota Siem Riep yang jaraknya sekitar 350 km dari Ibukota Kamboja. Angkor Wat merupakan kuil Hindu yang berdiri pada abad ke-12. Angkor Wat juga memiliki luas kurang lebih 400 km2 dan terdiri dari ratusan kuil dan Angkor Wat sendiri adalah kuil terbesar yang dimiliki oleh Kamboja. Jika Anda ingin berkeliling ke Angkor Wat, Anda membutuhkan sekitar lebih dari 4 Jam. Mengapa seperti itu? karena untuk dapat memasuki kuil ini, wisatawan diharuskan berjalan melewati sebuah jembatan yang panjang, karena itu merupakan akses pintu untuk masuk kedalam kuil.

Foto: ruangan dalam Angkor Wat. Sumber (travel.kompas.com)
Jika Anda memiliki waktu lebih, Anda bisa lanjut untuk menelusuri kuil-kuil lain yang ada di kawasan Angkor Wat, seperti Kuil Banteay Srey, Bayon, Angkor Thom, Ta Keo dan Ta Phrom. Kuil Ta Phrom adalah Kuil yang unik, karena kuil-kuilnya banyak yang 'dililit' oleh pepohonan besar dan belakangan ini Kuil Ta Phrom juga menjadi terkenal karena pernah dijadikan lokasi syuting oleh artis Angelina Jolie dalam filmnya yang berjudul 'Tom Raider'.

Istana Raja dan Silver Pagoda (Phnom Penh)


Foto: Lokasi depan Istana Raja Kamboja di Phnom Penh. Sumber (republika.co.id)
Wisata lainnya yang wajib Anda kunjungi saat di Kamboja adalah Istana Raja Kamboja yang terletak di kota Phnom Penh. Istana Raja ini merupakan tempat yang menarik karena bangunannya yang indah dan berbentuk khas Kamboja. Admin masih membahas lokasi di dalam Istana Raja, Anda juga bisa mengunjungi Silver Pagoda. Silver Pagoda sendiri terletak di sebelah selatan Istana. Sebelumnya, bagunan ini dikenal dengan nama Wat Preah Keo yang artinya Silver Pagoda sebab lantainya dilapisi oleh lebih dari 5.000 ubin yang berbahan dasar perak dan masing-masing ubin memiliki berat 1 kg.

Foto: Penampakan bagunan Silver Pagoda. Sumber (pinterest.com)
Anak tangga untuk menuju ke Silver Pagoda terbuat dari marmer yang dipesan khusus dari Italia. Silver Pagoda juga memiliki patung Budha didalamnya yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan 9.584 berlian 25 karat dengan berat 90 kg. Bagunan ini sendiri merupakan tempat ibadah resmi bagi Raja Kamboja.

Tuol Genocide Museum dan Killing Field

Foto: Penampakan tempat Tuol Genocide Museum. Sumber (timetravelturtle.com)
Wisata yang akan admin bahas masih berada di kota Phnom Penh, objek wisata kali ini adalah Tuol Genocide Museum. Pada asal mulanya museum ini adalah tempat bangunan sekolahan SMA yang ada pada masa kekuasaan Pol Pot yang telah dijadikan penjara dan juga tempat penyiksaan. Pada tahun 1975 - 1978, lebih dari 17rb orang yang pernah masuk ke dalam bangunan ini akan disiksa dan kemudian akan dibawa ke tempat pembantaian yaitu Killing Field di Choeung Ek yang terletak sekitar 30 menit perjalanan dari kota Phnom Penh.

Foto: Tengkorak yang ada di Killing Field Kamboja. Sumber: (ecodien.wordpress.com)
Tempat yang bernama Killing Field, bisa Anda lihat dari bekas-berkas kekejaman yang dilakukan oleh Pol Pot melalui sebuah audio tour. Anda bisa melihat 8000 tengkorak yang dipajang dibalik lemari kaca untuk mengenang betapa banyak korban pada masa singkat yang kepemimpinan Khmer Merah. Anda juga bisa melihat 129 kuburan masal, dimana sampai saat ini 43 diantaranya masih belum digali dan tetap akan dibiarkan seperti itu.

Thmey Market

Foto: Penampkan luar Thmey Market. Sumber: (pinterest.com)

Bagi Anda yang suka berbelanja, Anda bisa mengujungi Thmey Market yang merupakan pasar yang wajib untuk Anda jadikan daftar wisata Anda. Thmey Market menjual berbagai macam barang, mulai dari pakaian, aneka ragam souvenir, batu-batu mulia, sampai sayur dan buah dapat Anda temukan di pasar ini. Batu Mulia sendiri merupakan hasil tambang andalan kerajaan Kamboja.

Sihanoukville


Foto: Illustrasi pantai Sihanoukville. Sumber: (cambodia-hotels.com)
Sihanoukville atau biasa dikenal dengan nama Kompong Som ini bisa dikatakan mirip dengan 'Bali'nya kerajaan Kamboja. Anda bisa ke kota ini dengan perjalanan selama 4 jam kurang lebih dari Phnom Penh. Sihanoukville tempat pantai dan pasir putih yang ada di sekitarnya. Ada juga beberapa pantai yang bisa Anda kunjungi di kota ini, yaitu Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach dan Otres Beach. Masing-masing pantai yang ada di Sihanoukville ini menawarkan berbagai pemandangan yang berbeda. Suasana yang ada disana juga masih sangat alami dan cukup dekat dari Phnom Penh, yang merupakan tempat berlibur yang sangat menyenangkan.