Profil dan Biodata Iqbaal Ramadhan
Sumber : Instagram (iqbaal.e)

Meskipun Iqbaal Ramadhan mempunyai karakter yang baik, biografinya ternyata juga tidak lepas dari kontroversi loh. Kedekatan Iqbaal Ramadhan dengan lawan main sinetron ataupun film yang ia bintangi juga beberapa kali menjadi bahan gosip. Kalian ingin tahu kisahnya seperti apa? Baca terus informasi tentang perjalanan karier dan kehidupan pribadinya pada artikel yang berisi biodata lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan berikut ini!

Profil dan Biodata Iqbaal Ramadhan

Kamu penggemar berat Iqbaal Ramadhan? Jika iya, apakah kamu sudah tahu biografi dan perjalanan karier Iqbaal Ramadhan dalam biodata lengkap dirinya? Jika memang belum tahu, pada artikel kali ini admin akan memberikan berbagai informasi menarik tentang mantan anggota boyband Coboy Junior itu.

Nama Iqbaal Ramadhan telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia setelah tampilnya Coboy Junior pada tahun 2011. Pada beberapa tahun lalu, grup Coboy Junior mengubah nama menjadi CJR di tahun 2014 dan dibubarkan pada tahun 2017.

Karena bubarnya CJR, akhirnya Iqbaal Ramadhan pergi dari Indonesia setelah menerima beasiswa dari United World College, Amerika Serikat. Setelah itu, ia diketahui melanjutkan pelajaran studi Ilmu Komunikasi di Monash University, Melbourne, Australia di tahun 2019.

Iqbaal Ramadhan yang sibuk dengan pendidikannya di luar negeri, ia sempat terlbat pada film Dilan 1990 pada 2018 yang semakin meningkatkan namanya. Kemampuannya dalam berakting pada film tersebut membuatnya dilirik oleh banyak produsen dan sutradara.

Salah satunya adalah Hanung Bramatyo, sutradara yang membawa Iqbaal untuk membintangi sebuah film yang berjudul Bumi Manusia (2019). Walaupun awalnya hanya mendapatkan respons negatif, ternyata publik mengapresiasi peran Iqbaal sebagai sosok Minke pada film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer itu.

Nah, kira-kira apa lagi niih yang ingin kamu ketahui tentang sesosok Iqbaal Ramadhan? Langsung aja kamu simak biodata yang dimiliki dengan nama lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadha tersebut pada keterangan berikut ini! Selamat membaca semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui tentangnya!

Biografi Pendidikan Iqbaal Ramadhan


Profil dan Biodata Iqbaal Ramadhan
Sumber : Instagram (iqbaal.e)

Bersumber pada biodata dirinya, Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan lahir di Surabaya, 28 Desember 1999. Walaupun Iqbaal lahir di Kota Pahlawan, publik lebih familier kalau putra dari pasangan Herry Hernawan dan Rike Dhamayanti ini disebut lahir di Kota Kembang, Bandung.

Tetapi, Bandung hanya sebagai kota asalnya saja yah, bukan tempat dimana ia tinggal. Saat namanya telah mulai dikenal publik, Iqbaal diketahui tinggal berada di kawasan Jakarta TImur. Tetapi jika dilihat dari biografi masa kecilnya, Iqbaal Ramadhan sendiri ternyata memang sering berpindah-pindah tempat tinggal.

Karena, pria yang memiliki zodiak Capricorn ini juga pernah menjalankan pendidikannya di Papua. Pada tahun 2005-2006, ia bersekolah di TKIT Al Izzah Sorong. Setelah itu, Iqbaal juga sempat melanjutkan pendidikannya ke SDIT Al Izzah, tetapi yang kemudian pindah ke SDIT Al Muhajirin, Pondok Kopi, Jakarta Timur pada tahun 2007 hingga 2012.

Iqbaal yang sudah lulus dari SDIT Al Muhajirin, akhirnya Iqbaal Ramadhan masuk ke SMP (2012-2015) dan SMA (2015-2016) di Global Islamic School, Kramat Jati, Jakarta Timur. Pada tahun 2016-2018, Iqbaal terpilih untuk ikut pertukaran pelajar di United World College, New Mexico, Amerika Serika. Pada tahun 2019, ia diketahui sedang sibuk berkuliah di Monash University, Melbourne, Australia.


Perjalanan Karier Iqbaal Ramadhan

Profil dan Biodata Iqbaal Ramadhan
Sumber : Instagram (iqbaal.e)

Sebelum kalian membaca lebih jauh mengenai biodata lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan ini, Kamu harus mengetahui informasi yang satu ini, ya!. Yaitu, informasi menarik tentang perjalanan karier Iqbaal di dunia hiburan yang telah dimulainya sejak ia masih berusia belia.

Perannya bermula pada saat ia dipercaya untuk memerankan Trapani dalam pentas musikal Laskar Pelangi pada tahun 2010-2011. Disanalah Iqbaal bertemu dengan seorang produser yang kemudian mendebutkannya untuk menjadi anggota boyband yang bernama Coboy Junior.

1. Karier Dalam Bermusik

Kalian pastinya sudah tahu donk kalau Iqbaal Ramadhan telah mengawali kariernya dalam dunia tarik suara sebagai anggota dari boyband Coboy Junior. Grup boyband ini terbentuk pada 23 Juli 2011, tetapi baru resmi merilis karya pada tahun 2013. Pada saat itu, mereka hadir dengan album yang bertajuk CJR yang mengusung single andalannya yaitu Kamu dan #Eeeaa.

Meskipun baru populer saat bersama Coboy Junior, Iqbaal sendiri sempat hadir dengan menyanyikan lagi solo. Pada tahun 2011, ia pernah membawakan lagu yang berjudul Terima Kasih yang menjadi OST untuk film 5 Elang.

Pada tahun 2014, Coboy Junior telah berganti nama menjadi CJR setelah salah satu orang anggotanya, yaitu Bastian memutuskan untuk keluar dari grup tersebut. Hingga pada akhir tahun 2017, Iqbaal masih merupakan anggota dari boyband CJR sebelum akhirnya boyband ini dibubarkan.

Selain menjadi anggota CJR, salah satu penyanyi lagi Jenderal Kancil (2012) ini juga pernah bergabung pada grup musik lain. Saat tahun 2015-2018, Iqbaal akhirnya aktif sebagai anggota band yang bernama The Second Breaktime yang beraliran Pop, Punk, dan Rock Alternative.

Bukan hanya itu saja, ia juga tercatat pernah menjadi bassist di band indie yang bernama Svmmerdose. Grup ini aktif sejak tahun 2017 dan sudah mengeluarkan beberapa lagu, antara lain Independent (2017), Got It All (2018), serta Break My Walls (2019). Pada tahun 2019, band Svmmerdose ini juga sudah mempunyai sebuah album yang berjudul she / her / hers.

2. Karier Dalam Dunia Akting

Sebelumnya, admin telah memberitahukan kalau Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan telah menjadi aktor lewat film 5 Elang. Tidak lama setelah itu, tepatnya pada bulan Juni-Oktober 2012, Iqbaal juga bermain di sinetron Coboy Junior: Hanya Kamu, yang diproduksi menjadi dua season. Season kedua dari film sinetron itu tayang pada 28 Januari hingga 20 Maret 2013.

Masih di tahun yang sama yaitu tahun 2013, Iqbaal telah dipercayai untuk bnermain dalam sebuah film Coboy Junior The Movie, dan berperan sebagai dirinya sendiri. Pada tahun 2015, ia kembali memerankan karakter yang sama di sekuel film tersebut yang diberi judul CJR The Movie: Lawan Rasa Takutmu.

Kemudian pada tahun 2018, bintang film Ada Cinta di SMA (2016) ini telah menghebohkan publik setelah resmi diumumkan sebagai pemeran utama di film layar lebar yang berjudul Dilan 1990. Perannya tersebut sebagai Dilan yang didampingi oleh Vanesha Prescilla (memerankan karakter Milea) pada film tersebut Iqbaal mendapatkan penghargaan Pasangan Terfavorit di ajang Indonesia Movie Actors Awards 2018.

Masih di tahun yang sama, aktor yang masih memerankan karakter sama di film Dilan 1991 (2019) ini juga telah mendapatkan penghargaan lain dari pentas yang berbeda. Penghargaan tersebut adalah penghargaan untuk kategori Artis Terpopuler dari Indonesia Television Awards 2018 dan Variety Asian Star: Up Next dari pentas International Film Fastival and Awards Macau (IFFAM) 2018.

Tidak hanya sampai disitu saja, Iqbaal semakin membuktikan kalau dirinya piawai dalam hal akting setelah bermain film yang berjudul Bumi Manusia (2019). Pada film tersebut, ia beradu akting dengan aktor dan aktris ternama seperti Mawar Eva de Jongh, Giorgino Abraham, Bryan Domani, Ayu Laksmi, dan masih banyak lagi.

Masalah Percintaan

Kisah asmara Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan tentunya tidak boleh ketinggalan untuk dibahas pada artikel biografi ini. Apalagi kalau ternyata sang aktor cukup sering dikabarkan dekat dengan para wanita, baik wanita di kalangan biasa ataupun sesama selebritas.

Salah satunya adalah wanita yang bernama Dianty Annisa, teman sekolah Iqbaal di Global Islamic School. Keduanya telah dikabarkan sedang dekat karena foto-foto kebersamaan mereka yang beredar di dunia maya. Tetapi, seriring berjalannya waktu, gosip tersebut menyebutkan kalau mereka mempunyai hubungan spesial.

Selain wanita yang bernama Dianty ini, ada juga beberapa seleb cantik yang pernah digosipkan pacaran dengan Iqbaal, lho! kamu mau tau siapa saja? Ayo baca terus artikel admin sampai selesai yah. Di bawah kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai Iqbaal.

1. Steffi Zamora

Wanita yang bernama Steffi Zamora ini juga sering di kait-kaitkan dengan Iqbaal karena keduanya berada dalam satu manajemen. Sekitar tahun 2015, keduanya sering dijodoh-jodohkan oleh netizen yang menganggap keduanya merupakan pasangan yang serasi.

Bahkan, pada saat itu sempat pula terdengar kabar kalau Iqbaal, Steffi, dan Bastian terlibat dalam cinta segitiga. Untungnya, berita tersebut tidak terbukti dengan benar karena ketiganya telah diketahui hanya berteman dekat.

Walaupun seperti itu, Steffi tidak pernah mengaku kalau dirinya masih sering dijodohkan dengan Iqbaal. Netizen seolah tidak peduli meskipun pada saat itu Iqbaal maupun Steffi sudah mempunyai pasangan.

"Saya sudah terbiasa dijodohkan dengan Iqbaal. Pada tahun 2015, saat saya masih mempunyai pacar, dan Iqbaal juga mempunyai pacar, netizen membandingkan. Hal itu sangat melelahkan," kata Steffi dalam sebuah wawancara pada tahun 2018. "Kami juga sudah meminta mereka untuk tidak membanding-bandingkan, tapi itu tidak akan memperbaiki keadaan."

Rumor kedekatan mereka berdua akhirnya berhenti berhembus setelah Iqbaal kedapatan mengunggah foto kebersamaannya dengan wanita lain. Salah satu foto yang sempat sering diunggah adalah kebersamaannya bersama Vanesha Prescilla, pemeran Milea yang menjadi pasangannya di film Dilan 1990.

2. Vanesha Prescilla

Akting yang kuat antara Vanesha Prescilla dengan Iqbaal Ramadhan pada film Dilan 1990 rupanya membuat publik berspekulasi kalau keduanya cinta lokasi. Bagaimana tidak, kemesraan keduanya terlihat tidak hanya di ruang syuting saja, tetapi juga sewaktu berada di layar belakang kamera.

Hal tersebut tampak selama masa promosi film dari banyaknya foto dan juga video keduanya berpelukan atau sekadar cipika cipiki. Tetapi, kepada media, Iqbaal dan Vanesha hanya kompak kalau kedekatan mereka hanya untuk keperluan membangun chemistry mengingat film Dilan dan Milea merupakan film sepasang kekasih.

"Pada intinya kemarin itu seperti ini, Dilan dan Milea chemistry-nya dekat banget lah. Jadi Pokoknya biar Dilan dan Milea-nya kebawa banget," kata Iqbaal yang telah dilansir oleh Jawapos. "Memang karakternya yang mengharuskan kita saling mencintai. Ya, memang sempat baper. Kalau tidak seperti itu, maka tidak akan bisa membangun chemistry dong," ungkap Vanesha dalam wawancara yang berbeda.

3. Mikaela Lezcano

Mikaela Lezcano adalah perempuan yang telah digandeng oleh Iqbaal Ramadhan pada acara Winter Festival. Mikaela merupakan adik kelas Iqbaal sewaktu bersekolah di Amerika Serikat. Kedekatan keduanya mulai terlihat pada tahun 2018 lalu setelah foto mesranya beredar di media sosial.

Pada salah satu foto, Iqbaal dan Mikaela tampa tengah berciuman mesra. Walaupun keduanya sudah ada bukti semacam itu, sang aktor tetap tidak pernah mengelak atau membenarkan soal ada atau tidaknya hubungan diantaranya.

"Hal yang harus digaris bawahi adalah perbedaan culture. Jika kita bertemu dengan orang, salaman dan cipika-cipikikan itu merupakan hal yang biasa," itulah kata Iqbaal ketika menjadi bintang tamu di sebuah acara di Trans TV pada tahun 2018. "Kalau disana mungkin dianggap biasa, tetapi jadi foto apaun itu aku belum pernah lihat. Padahal disana biasa saja, kenapa disini heboh."

4. Rinrin Vokalis Svmmerdose

Perempuan yang berikutnya diberitakan sedang dekat dengan Iqbaal Ramadhan adalah Tarapti Ikhtiar Rinrin, vokali band Svmmerdose. Rumor kedekatan mereka muncul ketika keduanya berada pada band yang sama.

Penggemar Iqbaal semakin yakin jika keduanya berpacaran setelah Iqbaal mengunggah foto mesranya bersama Rinrin. Setelah sebelumnya beredar juga foto dirinya mencium pipi Rinrin, ada foto lain juga dimana Iqbaal dan Rinrin sedang duduk dan berpelukan mesra.

Hal yang menjadi menarik adalah ketika foto yang diunggah Iqbaal di Instagram tanggal 11 September 2019 itu disertai caption yang bertuliskan "hbdwyatbily" yang menimbulkan banyak spekulasi. Jika kita amati captionnya tersebut tersusun dari huruf-huruf depan pada kalimat, "Happy Birthday Wish You All The Best I Love You." Bagaimana menurut kamu?

Kontroversi

Profil dan Biodata Iqbaal Ramadhan
Sumber : Instagram (iqbaal.e)

1. Foto dan Video yang Membuat Heboh

Sepanjang biografi lengkap dirinya, Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan telah dikenal sebagai seorang selebritas dengan karakter "anak baik-baik". Akan tetapi, hal tersebut tidak membuatnya untuk luput dari kontroversi yang muncul karena foto maupun videonya yang beredar di dunia maya.

Pada tahun 2018, publik dibuat heboh dengan pose Iqbaal pada saat berfoto bareng dengan Joshua Suherman. Sementara itu Joshua berpose manis dengan menunjukkan finger heart, Iqbaal malah justru berpose dengan ibu jarinya yang diapit jari telunjuk dan jari tengah. Foto tersebut akhirnya menimbulkan beragam reaksi dari netizen. Sebagian besar menganggap pose itu bukanlah karakter dirinya.

Foto lainnya yang menimbulkan kehebohan adalah potret-potret sang aktor yang sering terlihat mencium pipi teman wanitanya. Wanita tersebut tidak lain adalah Vanesha Prescilla dan seorang teman bulenya dari Amerika Serikat, Mikaela Lezcano.

Pada kesempatan lain tidak kalah menghebohkan, beredar juga video Iqbaal yang berada di kamar dengan wanita bule. Hal ini terungkap dari sebuah rekaman panggilan video antara Iqbaal dan teman-temannya yang berada di Jakarta. Pada saat menerima video call, Iqbaal mengatakan kalau dirinya sedang belajar. Tetapi sewaktu kamera di putar, ia terlihat ditemani wanita berambut pirang di kamarnya.

2. Tuai Protes Saat Terpilih Perankan Dilan

Pada saat pameran Dilan diumumkan pada pertengahan 2017, Iqbaal Ramadhan muncul mengendarai motor dengan style ala 90-an. Hal yang sungguh sangat di sayangkan saat aksinya yang mendebarkan tidak membuat publik, khususnya para penggemar novel Dilan merasa senang.

Banyak juga pembaca yang sangat menyayangkan keputusan sang penulis, Pidi Baiq dalam memilih Iqbaal sebagai Dilan. Karena, para pembaca mempunyai pendapat yang berbeda dengan penggambaran sosok Dilan. Sebagian dari mereka juga menilai, banyak aktor lain yang lebih pantas memerankan karakter Dilan yang selengean, yaitu Jefri Nichol atau Adipati Dolken.

Mungkin hal ini terjadi karena karakter Iqbaal dan auranya yang terlihat kurang pas saat berperan "nakal". "Rata-rata yang setuju ia menjadi Dilan adalah fans-nya sendiri. Tetapi bagi yang mengetahui gimana karakter Dilan, pastinya langsung kontra sih," kometar dari seorang netizen.

Saat terlepas dari pro dan kontra yang ada, Dilan 1990 akhirnya mampu mendulang kesuksesan di pasaran. Filmnya, tercatat meraih lebih dari 6 juta penonton dan banyak menerima penghargaan, salah satunya adalah dari Indonesia Choice Awards 2018 untuk kategori Movie of the Year.

3. Dianggap Tidak Pantas Menjadi Minke di Bumi Manusia

Setelah film yang berjudul Dilan, giliran pemilihan Iqbaal yang menjadi pemeran Minke di Bumi Manusia yang menuai protes netizen. Publik yang suka dengna novel Bumi Manusia merasa kalau bassist band Svmmerdose itu terlalu lebay untuk memerankan Minke.

"Rasanya putus asa begitu tahu Iqbal menjadi The Icon of Lebay menjadi Minke di film Bumi Manusia. Terkutuklah kalian semua yang bertanggung jawab atas ini," begitu kata-kata para netizen yang melayangkan protesnya di Twitter. Apakah mungkin hari ini dikarenakan karakter Dilan yang masih melekat dengan Iqbaal?

Apapun komentar tersebut, sutradara Hanung Bramantyo mempunyai alasan tersendiri dalam menentukan aktor utama untuk film karyanya. Salah satu yang menjadi alasan adalah biodata Iqbaal Ramadhan yang dianggap paket lengkap dengan daya tarik kuat untuk generasi milenial. Dengan seperti itu, cerita klasik Bumi Manusia akhirnya dapat disukai oleh generasi muda.

"Awalnya saya tidak yakin. Masa, sih, dia. Tetapi kemudian Salman Aristo yang memberi tahu saya, "Kamu sudah nonton Dilan, belum? Kalau belum mending lu tonton, deh," Kata Hanung pada saat diwawancarai media. "Kemudian saya akhirnya menonton film Dilan, kenapa, Minke seperti itu. Itu merupakan ikon kita. Itu yang membawa spirit Pram masuk untuk menembus relung imajinasi anak-anak milenial sekarang hanya Iqbaal."

Apakah Anda Puas Membaca Biografi Iqbaal Ramadhan Pada Artikel Biodata Ini?


Kamu yang sudah mengetahui biodata lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan secara lengkap,kan? Apakah kamu semakin penasaran untuk mengikuti perjalanan karier Iqbaal Ramadhan setelah membaca biofrafi dirinya ini?.

Siapa yang menyangka kalau sosoknya sebagai selebritas multitalenta ini dapat memberikan kamu inspirasi. Karena, berkarier di dunia hiburan tidak hanya memerlukan bakat di berbagai bidang, tetapi akan lebih baik jika seorang public figure mempunyai presentase pula di bidang akademis.

Jika kamu maish ingin mencari informasi selebritas dalam negeri lainnya, jangan kamu lewatkan artikel-artikel profil dan biodata lengkap di IndoKeppo. Kami bahkan tidak hanya memberikan informasi mengenai artis-artis tanah air, tetapi kami juga memberikan informasi pesohor mancanegara mulai dari aktor, penyanyi, hingga pemain bola.