Apakah kamu salah satu penggemar film Dilan 1990 yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq? Nah, sekarang kamu sudah dapat menonton film keduanya yang berjudul Dilan 1991, loh. Tetapi, sebelum kamu menonton, sebaiknya kamu lihat dulu penjelasan admin mengenai informasi lengkap tentang film tersebut pada artikel admin kali ini!

Film Dilan 1991, Kisah Cinta Penuh Rintangan Dilan dan Milea Setelah Berpacaran

Film ini bertema tentang kisah cinta masa SMA yang diangkat ke layar lebar. Pada tahun 1979, ada kisah Galih dan Ratna dalam film Gita Cinta dari SMA yang begitu romantis. Tetapi, kalau di tahun 2019, ada juga film romantis antara Dilan dan Milea dari novel Pidi Baiq yang diangkat dalam film yang berjudul Dilan 1991.

Film Dilan 1991 merupakan film sekuel Dilan 1990 yang telah dirilis pada tahun 2018. Jika film pertamanya berisi tentang perjuangan Dilan yang merupakan ketua dari sebuah geng motor yang berada di Bandung untuk menarik hati Milea, maka pada film yang keduanya ini menyajikan kisah perjalanan cinta mereka berdua setelah resmi menjadi sepasang kekasih.

Pastinya kita semua setuju kalau sang panglima geng motor yang ada di Bandung ini adalah sesosok lelaki yang humoris. Namun, hal tersebut bukanlah jaminan bahwa hubungan mereka berdua akan berjalan mulus dan lancar seperti jalan tol.

Nah, tentunya kamu pasti penasaran dengan kisah kasih mereka yang telah tersaji dalam film Dilan 1991, maka dari itu simak terus artikel ini sebelum Anda menonton filmnya. Dengan seperti itu, paling tidak kamu akan mendapatkan gambaran dengan jelas mengenai film yang disutradari oleh Fajar Bustomi ini. Selamat membaca!

Sinopsis

Dilan dan juga Milea sudah resmi menjadi sepasang kekasih pada tanggal 22 Desember 1990. Sebagai kekasih lelaki yang humoris dan juga romantis, Milea merasa sangat bahagia bila di dekatnya. Bahkan, Dilan juga mengatakan kalau cita-citanya adalah untuk dapat menikahi Milea.

Tetapi, Dilan yang menjadi ketua panglima geng motor di Bandung ternyata membuat hubungannya dengan Milea menjadi bermasalah. Masalah ini diawali pada saat ia di keroyok oleh gerombolan orang yang tidak di kenal. Peristiwa ini tentunya membuat Dilan geram sehingga saat sudah mengetahui identitas si pengeroyok tersebut, ia dan gengnya melancarkan rencana serangan balik.

Pada saat mengetahui Dilan akan mengikuti tawuran, sebagai seorang kekasih, tentunya Milea merasa khawatir. Agar dapat menghentikan rencana sang pacar, Milea bahkan mengancam akan memutuskan hubungan mereka. Akan tetapi, Dilan tidak mendengarkan larangan yang Milea berikan dan tetap ingin melakukan balas dendam.

Tidak hanya masalah pada geng motor, kehadiran sepupu jauh Milea yang bernama Yugo juga menimbulkan masalah baru untuk Dilan. Yugo yang baru datang dari Belgia ternyata menaruh hati kepada Milea. Yugo bahkan akan melakukan apapun untuk bisa mendekati Milea yang jelas-jelas telah memiliki kekasih.

Apakah hubungan mereka berdua dapat bertahan di tengah segala badai dan ujian yang menghampiri mereka? Jika kamu penasaran, kamu bisa menemukan jawabannya di film Dilan 1991!


Pemeran & Karakter

Film Dilan 1991, Kisah Cinta Penuh Rintangan Dilan dan Milea Setelah Berpacaran
Sumber : jabar.tribunnews

Pemeran Utama


  • Iqbaal Ramadhan – Dilan
  • Vanesha Prescilla – Milea


Pemeran Pendukung

  • Jerome Kurnia – Yugo
  • Omara Esteghlal – Piyan
  • Zulfa Maharani – Rani, teman Milea
  • Yoriko Angeline – Wati, teman Milea dan pacar Piyan
  • Andryos Aryanto – Nandan, teman Milea
  • Bucek Depp – Letnan Faisal
  • Ira Wibowo – ibu Dilan
  • Adhisty Zara – Disa
  • Farhan – ayah Milea
  • Happy Salma – ibu Milea
  • Moira Tabina Zayn – Airin, adik Milea
  • Gusti Rayhan – Hendri Wijaya alias Akew
  • Teuku Rifnu Wikana – Pak Suripto, guru BP
  • Brandon Salim – Benni, mantan pacar Milea
  • Refal Hady – Kang Adi, guru les Milea
  • Tike Priatnakusumah – Bi Eem
  • Andovi da Lopez – Mas Herdi, pacar Milea dewasa
  • Maudy Koesnaedi – Tante Anis, ibu Yugo
  • Roy Sungkono – Bang Fariz
  • TJ – ibu Anhar
  • Ridwan Kamil – Kepala Sekolah
  • Teddy Snada – Wakil Kepala Sekolah
  • Ence Bagus – Pak Dedi, guru bahasa Indonesia
  • Iang Darmawan – Pak Rahmat
  • Aris Nugraha – Pak Atam
  • Inten Leony – Ibu Sri
  • Ira Ratih – Ibu Rini
  • Polo Reza – Burhan
  • Ella Jatmiko – ibu Piyan
  • Mama Yola – Ibu Wali Kelas
  • Afrizal – Bang Banar
  • Azzura Pinkania Imanda – Revi
  • Guilio Parengkuan – Anhar
  • Shania Gracia – Atik

Trivia Menarik Tentang Film Dilan 1991


Film Dilan 1991, Kisah Cinta Penuh Rintangan Dilan dan Milea Setelah Berpacaran
Sumber : melali.news

1. Iqbaal Harus Melakukan Diet

Setelah selesai syuting film Dilan 1990, Iqbaal harus sempat berperan sebagai Minke yang badannya berisi dalam film Bumi Manusia. Selain itu, dia juga baru saja menyelesaikan studinya di Amerika Serikat. Jadi kalian tidak perlu heran kalau Iqbaal harus menjalankan diet untuk dapat berperan kembali sebagai Dilan karena pada saat di perantauan ia belum dapat mengontrol berat badannya.

Tidak tanggung-tanggung, Iqbaal harus menurunkan berat badannya sekitar 12 kg. Walaupun seperti itu, Iqbaal merasa bersemangat untuk menjalankan dietnya, apalagi karena suksesnya film yang diadaptasi oleh novel Pidi Baiq. Menurut Iqbaal, jika dahulu ia berusaha 100 persen, maka sekarang ia harus berusaha lebih menjadi 1.000 persen.

2. Vanesha Prescilla Melakukan Hair Extension

Pada novelnya, Milea mengambarkan sebagai gadis SMA yang memiliki rambut panjang. Nah, pada film Dilan 1990, sebenarnya Vanesha Prescilla yang memerankan sebagai Milea memang telah memiliki rambut yang panjang. Tetapi, baru-baru ini, Vanesha baru saja memangkan rambutnya menjadi pendek.

Agar dapat mengembalikan citra Milea ke dalam dirinya, Vanesha bahkan rela untuk melakuakn hair extension. Tidak hanya itu saja, ia juga memotong poni agar terlihat sama dengan karakter Milea. Vanesha mengaku awalnya kurang nyaman dengan rambut sambungannya itu. Akan tetapi, demi memerankan film Milea, ia berusaha untuk beradaptasi.

3. Karakter Dilan Berbeda dari Film Pertamanya

Buat kalian yang sudah menonton prekuelnya, tentunya sudah tidak asing lagi dengan karakter di panglima geng motor di Bandung yang humoris, romantis, dan cerdas. Kelebihan-kelebihan ini tidak ayal membuatnya diidolakan oleh banyak wanita dan dijadikan panutan pasangan idaman.

Tetapi, di film Dilan 1991 ini karakternya lebih mengambarkan manusiawi. Dilan lebih mengeluarkan karakter labil khas anak SMA. Terlihat dari sikapnya yang cuek pada saat ia kesal dengan Milea. Dilan juga menunjukkan kecemburuannya pada saat Milea di dekati oleh Yugo.

4. Vanesha Pricilla Menangis Saat Membaca Naskah Film Dilan 1991

Pada saat pembacaan naskah adalah proses yang paling penting bagi seorang aktor demi dapat menjalankan karakter yang dimainkannya dengan baik. Hal ini tentunya dilakukan juga oleh Vanesha yang akan memerankan karakter sebagai Milea.

Ada hal menarik pada saat melakukan proses pembacaan naskah yang dilakukan oleh Vanesha. Perjalanan kisah cinta Milea begitu indah sekaligus menyakitkan sehingga Vanesha bisa sampai mengeluarkan air mata.

5. Ridwan Kamil Tidak Dibayar

Ridwan Kamil, atau politikus yang memulai karir politiknya sebagai Walikota Bandung pada tahun 2013 sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Walaupun saat ini sudah tidak lagi menjabat sebagai Walikota Bandung, kecintaanya terhadap Kota Bandung tidak luntur begitu saja.

Hal tersebut terbukti pada saat ia bersedia menjadi cameo di film Dilan 1991 dengan cuma-cuma, alias tidak menerima bayaran sepeser-pun. Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini telah menyatakan ada dua syarat jika ingin mengajaknya bermain film. Hal pertama, yaitu harus ada unsur Bandung Juara. Kedua, harus tidak dibayar karena dirinya merupakan pejabat publik.

6. Mengalahkan Film Avenger: Infinity Wars

Pastinya kamu tahu film superhero keluaran Marvel yang berjudul Avenger: Infinity Wars, bukan? Film yang diperankan oleh aktor dan aktris ternama di dunia itu ternyata mampu dikalahkan oleh film Dilan 1991, loh.

Sinema yang disutradari oleh Anthony Russo dan Joe Russo ini pada hari kelima mampu mendapatkan pendapatan sebesar 22 miliar rupiah Indonesia, sedangkan Dilan 1991 mampu mendapatkan pendapatan 24 miliar rupiah. Hal ini bahkan membuat awak media luar negeri tertarik untuk meliputi film garapan sutradara Fajar Bustomi ini, loh. Sebuah prestasi yang membanggakan, bukan?

7. Mendapatkan Dua Rekor MURI

Walaupun kisah percintaan anak SMA yang terlihat mainstream, film Dilan 1991 mampu mendapatkan dua rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sekaligus. Kategori pertama yang di dapat adalah jumlah penonton terbanyak pada hari pertama gala premiere. Penghargaan kedua adalah untuk rekor jumlah penonton terbanyak di penayangan hari pertama di bioskop, yaitu sejumlah 720.000 penonton.

8. Kisahnya Berbalik Terbalik Dibandingkan Film Pertamanya

Filmnya yang pertama menyajikan kisah pendekatan Dilan sang ketua geng motor pada Milea yang dipenuhi tingkah yang lucu sekaligus romantis. Tentu saja hal ini membuat penonton merasa gemas dengan karakter si lelaki yang pandai mengambil hati perempuan.

Tetapi, jika kamu sudah melihat film Dilan 1991, jangan harap kamu bisa gombal-gombalan lucu dan romantis khas Dilan akan menghiasi keseluruhan film. Dilan 1991 justru memberikan kisah cinta dua pasangan ini setelah jadian yang bisa membuat kamu ikut bahagia, kesal, marah, kecewa, dan sedih.

9. Film Terlaris Ketiga Sepanjang Masa

Film Dilan 1991 telah banyak ditonton sebanyak 5.028.000 orang di bioskop. Jumlah ini merupakan jumlah terbanyak ketiga di jagat perfilman Indonesia hingga tahun 2019. Film terlaris pertama adalah Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang telah di tonton lebih dari 6,8 juta pasang mata. Keduanya adalah Dilan 1990 dengan jumlah penonton 6,3 juta orang.

Apakah Anda Semakin Tertarik Menonton Film Dilan 1991?


Setelah mengetahui informasi lengkap tentang sinopsis, pemeran-pemeran, hingga fakta menarik dari film Dilan 1991 diatas, apakah kamu jadi semakin tertarik untuk menontonnya? Jika kamu tertarik, kamu bisa membeli DVD atau streaming filmnya karena sudah tidak lagi tersedia di bioskop.

Agar kamu lebih asyik lagi, jangan lupa ajak kekasih, sahabat, kakak, atau adik kamu pada saat menonton film ini. Dengan seperti itu, kamu bisa menjadikan film ini sebagai bahan obrolan agar hubungan yang telah terjalin semakin lebih akrab.