Mohamed Salah merupakan salah satu pemain sepak bola yang berbakat asal Timur Tengah. Mohamed Salah yang dikenal dengan Mo Salah ini telah menjadi sorotan para pecinta sepak bola setelah ia berhasil bergabung dengan tim di Premier League yaitu Liverpool. Nah, berikut ini admin akan memberikan profil dan biodata Mohamed Salah, serta inilah perjalanan karirnya.


Pastinya kamu sudah mengenal dua nama besar di dunia sepakbola, yaitu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tetapi pada musim 2017-2018, telah muncul nama baru pesepak bola, yaitu Mo Salah. Mempunyai skill yang bagus membuat banyak orang yang mencari tahu tentang profil dan biodata Mohamed Salah.

Permain sepak bola yang berasal dari Timur Tengah ini mulai terkenal saat ia bermain dengan tim di Liga Premier League Inggris, Liverpool. Peformanya yang membuat banyak pecinta sepak bola kagum serta kerendahan hatinya juga dikagumi.

Banyak sekali pecinta sepak bola yang mulai bosan dengan peforma dari Cristiano Ronaldo dan juga Messi, sehingga banyak yan mencari sesosok bintang di lapangan baru. Kehadiran Mohamed Salah sepertinya dapat memberikan napas baru di dunia sepak bola Eropa.

Apakah kamu sudah mengenal pemain sepak bola berbakat satu ini? seperti apa sih peformanya sehingga ia bisa terkenal seperti ini? Bagi kamu yang ingin mengetahuinya, kamu bisa menyimak langsung penjelasan tentang profil dan biodata Mohamed Salah berikut ini.

Masa Kecil Mohamed Salah

Foto masa kecil Mohamed Salah. Sumber: (Medium)
Mohamed Salah lahir di Gharbia, Mesir pada 15 Juni 1992. Lebih benarnya lagi Mohamed lahir di sebuah desa kecil yang bernama Nagrig yang berjarak 150 kilometer dari Kairo. Mohamed Salah tumbuh di desa kecil dan berkembang menjadi bocah yang suka sekali dengan sepak bola.

Rumah Salah tidak jauh dari lapangan, di dekat rumahnya terdapat lapangan anak-anak untuk bermain sepak bola. Lapangan yang berada di dekat rumahnya itu hanya berjarak dua menit saja jika berjalan kaki. Nah, disitulah Salah sudah mulai mengembangkan bakat bermain bolanya.

Mohamed Salah sangat menyukai sepak bola dan Mohamed salah tidak ingin bermain di dekat rumahnya saja tetapi ia ingin lebih serius dengan hobinya bermain bola yang sangat disukainya itu dan ingin sukses menjadi pemain internasional. Sejak Salah masih kecil, ia sangat mengindolakan pemain legendaris yang berasal dari Prancis yang sekarang ini telah menjadi pelatih yaitu, Zinedine Zidane.

Sebenarnya bukan hanya Zidane saja yang memotivasinya kala itu. Ada beberapa pemain lagi juga yang menjadikan inspirasinya, yaitu Francesco Totti (Italia) dan Ronaldo (Brasil). Ketiga pemain legendaris tersebut adalah inspirasi Salah pada saat itu yang hingga sampai saat ini serius dengan hobinya bermain sepak bola.

Mohamed yang serius akhirnya terbukti dengan beberapa kompetisi lokal yang telah diikutinya. Permainan yang atraktif membuat pencari bakat dari sebuah klub di Kairo tertarik kepadanya. Saat Salah masih berusia 14 tahun, Salah sudah mendapatkan kontrak dengan klub yang bernama Contractors FC (El Mokawloon).

Masa-masa salah saat bermain bersama klub ini tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Oleh sebab itu maras El Mokawloon sekarang ini berada di Kairo, Salah juga harus menempuh jarak 150 kilometer dari rumahnya untuk bisa latihan. Jarak ini harus di tempuh Salah dalam lima kali dalam seminggu.

Salah Menikah dan Berkeluarga

Sumber: (Express)
Pada 17 Desember 2013, Mohamed telah menikah dengan seorang wanita Maji Mohamed Sadiq atau yang biasa dikenal sebagai Magi. Istri dari Mohamed  merupakan seoran ahli bioteknologi. Kisah cinta mereka berawal dari saat keduanya bersekolah di Gharbia, Mesir.

Salah juga dikaruniai seorang anak perempuan yang lahir pada tahun 2014. Anak itu bernama Makka, yang diambil Mohamed dari sebuah kota di Arab Saudi, yaitu Mekkah.

Pada akhir musim Liga Premier Inggris 2017-2018, Salah telah mendapatkan penghargaan sepatu Emas. Penghargaan ini diberikan kepadanya karena Salah merupakan seorang pemain dengan gol terbanyak pada musim tersebut. Keluarga Mohamed Salah turut hadir dalam pentas penghargaan yang akan diberikan di Stadion Anfield.

Karier Klub

Setelah admin membahas biodata lengkap, kami telah menyajikan juga karier Mohamed Salah. Kamu yang baru saja mengenalnya saat ia bergabung di Liverpool, tentunya kamu ingin tahu juga donk klub apa saja yang pernah di perkuat oleh Mohamed. Langsung aja yuk simak karier dari Moh Salah dibawah ini.

Pernah Bermain Di Klub Lokal, Al Mokawloon

Karier Moh Salah di dunia sepak bola bermula dari klub El Mokawloon. Seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya, Salah bergabung dengan klub ini pada saat usianya masih 14 tahun. Pada saat itu, Salah sempat ketinggalan sekolah karena ingin lebih serius untuk menjadi pemain sepak bola profesional.

Usaha dari Moh Salah juga tidak sia-sia. Kesungguhannya bermain bersama tim senior El Mokawloon telah membukakan pintu Salah ke dunia persepakbolaan Eropa.

Bergabung Bersama FC Basel

Pada tahun 2012, Moh Salah bergabung dengan tim di Swiss Super League, yaitu FC Basel. Gola pertama yang dilakukan Salah pada dunia persepakbolaan Eropa adalah ketika ia berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur di UEFA Europa League pada 11 April 2013. Salah juga pernah mencetak gol pada pertandingannya melawan Chelsea di semifinal, tetapi pada akhirnya FC Basel harus kalah karena skor agregat.

Walaupun Salah harus kecewa pada pertandingannya di Liga Eropa, kiranya Salah tetap sangat gembira ia bisa membawa Basel menjadi juara Liga Super Swiss pada musim 2012-2013. Salah bermain selama empat musim hingga 2014, Selama empat tahun, Salah telah tercatat bertanding sebanyak 47 kali dengan 9 gol.

Hijrah ke Liga Premier League Bersama Klub Chelsea

Sumber: (Wikimedia Common)
Karier Moh Salah mulai naik daun ketika ia berhasil mencetak title juara di Liga Super Swiss musim 2012-2013. Peforma Salah kemudian dilirik oleh klub raksasa di Liga Premier League, yaitu Chelsea.

Pada tahun 2014, akhirnya Moh Salah bergabung dengan Chelsea dengan bayaran £11 juta atau di rupiahkan mencapai IDR 200 Miliar. Kariernya di Liga Premier League tidak dengan mudah membuatnya untuk menjadi terkenal. Salah justru jarang sekali dimainkan dalam tim inti sehingga Salah hanya duduk saja di bangku cadangan.

Menjadi Pemain Pinjaman Pada Liga Serie A

Karena Salah jarang dimainkan dalam Liga Premier League, pada akhirnya Moh Salah di pinjamkan ke klub sepakbola Italia. Ia merasakan atmosfir bermain di Liga Italia atau orang-orang biasa menyebutnya dengan Serie A. Klub yang pernah ia perkuat adalah klub Fiorentina.

Moh Salah yang tidak lama bermain di Fiorentina akhirnya Moh dipinjamkan ke AS Roma dengan status yang sama, yaitu pinjaman pemain dari Chelsea. Peformanya saat bermain di Serie A bersama AS Roma semakin bagus. Akhirnya dirinya dinobatkan sebagai Roma Player of the Season 2015-2016.

AS Roma juga tertarik untuk bisa membelinya secara permanen. Pada 1 Juli 2016, akhirnya Mohamed Salah resmi dibeli oleh AS Roma dengan harga €15 juta atau di rupiahkan sekitar 250 miliar. Pada musim 2016-2017, kontribusinya untuk klub yang diperkuatnya dulu, Totti juga semakin meningkat.

Bintang Baru Klub Liverpool

Peforma Moh Salah yang semakin meningkat membuat klub Inggris, Liverpool, merekrutnya dengan bayaran £37,8 juta atau dirupiahkan 734 miliar pada 1 Juli 2017. Pada akhirnya Moh Salah merasakan atmosfer Premier League.

Moh Salah merasakan perbedaan ketika ia bermain di Chelsea, Salah selalu tampil gemilang dan sering bermain sebagai pemain sayap kanan. Kelincahannya membuat orang menyebutnya "Messi dari Mesir".

Salah juga menjadi buah bibir karena peformanya yang sensasional bersama Liverpool sepanjang musim 2017-2018. Bersama The Reds, Moh Salah juga sempat mengalahkan mantan klubnya yaitu AS Roma, dalam putaran pertama semifinal Liga Champions pada musim yang sama.

Mohamed juga berhasil membawakan Liverpool ke final Liga Champions pada tahun 2017-2018 untuk melawan juara bertahan Real Madrid. Tetapi, para pendukung The Reds harus sedih karena kehilangan Moh Salah yang cedera saat berbenturan dengan pemain Real Madrid yaitu, Sergio Ramos.

Mohamed Salah cedera terjadi pada menit ke-30. Hal tersebut membuat dirinya tidak bisa melanjutkan ke pertandingan hingga akhirnya Liverpool harus menelan kekalahan.

Pemain yang berasal dari Mesir ini juga sering dibicarakan akan menjadi kandidat pemenang Ballon d'Or 2018. Tetapi, penghargaan tersebut didapatkan oleh Luka Modric, sedangkan Salah hanya mendapatkan nominasi ke urutan 6, satu tingkat dibawah Lionel Messi.

Karier Timnas Mohamed Salah

Mohamed Salah bergabung dengan tim Nasional Mesir pada usianya masih berusia 19 tahun, tepatnya pada 3 September 2011. Pada saat itu Salah masih bermain dengan tim Mesir U20.

Pada Oktober 2017, Mohamed telah menjadi pahlwan bagi Negara Mesir dengan meloloskan negaranya ke Piala Dunia 2018. Sepertinya tidak berlebihan kalau kita menyebut dirinya sebagai Pahlawan Mesir. Karena, sudah 28 tahun Mesir tidak kunjung bertanding kembali ke pesta sepakbola itu.

Pada beberapa saat sebelum Piala Dunia 2018 dimulai, para fans Salah berharap-harap cemas. Hal tersebut dikarenakan cedera pada bahu yang ada pada Moh Salah saat bermain melawan Real Madrid pada final Liga Champions . Tetapi, Moh Salah tetap tampil saat pertandingan Piala dunia walaupun ia hanya bermain pada babak ke-2 karena belum pulih 100%.

Perilaku Sosial

Admin akan mengupas tuntas profil dan juga biodata Mohamed Salah. Tentunya belum lengkap jika kita belum membahas tentang seputar kehidupannya di luar sepak bola. Yuk, kenali pemain klub Liverpool ini.

Muslim yang Taat

Mohamed Salah yang sedang mengucap syukur. Sumber: (Instagram)

Mohamed Salah adalah seorang muslim yang taat dalam menjalankan aturan-aturan agama. Salah juga tidak pernah takut untuk menunjukkan identitasnya di keislaman.

Salah satunya adalah saat ia berhasil mencetak gol dengan aksi selebrasinya. Ekpresi kegembiraanya itu kemudian dilanjutkan dengan rasa syukur di lapangan. Mo emang sering sekali menengadah sambil menunjuk ke langit, kemudian bersimpuh ke tanah untuk melakukan sujud syukur kepada Tuhan.

Pemain yang lahir pada tahun 1992 ini sempat kedapatan tengah membawa Alquran saat perjalanan pulang ketika selesai bertanding. Hal ini tentunya menandakan kalau Mo suka membaca ayat-ayat suci di waktu sengang aktivitasnya.

Kecintaanya kepada islam yang lain adalah pemilihan untuk nama anak perempuannya. Anak perempuannya diberikan nama Makka, yang artinya adalah Mekkah, tanah suci umat Islam di Arab Saudi.

Memberikan Sumbangan Kepada Rumah Sakit Anak

Pemain yang sering sekali dipanggil dengan Messi dari Mesir ini memiliki sifat yang rendah hati. Kesuksesannya menjadi pemain sepak bola terpopuler tidak membuatnya menjadi kacang lupa pada kulitnya.

Pada Maret 2018, Mo menyumbangkan dana sebesar £500.000 untuk salah satu rumah sakit anak yang ada pada negara asalnya. Dana tersebut jika dirupiahkan sebesar 9,8 miliar dan digunakan untuk memperlengkap peralatan medis.

Menyumbangkan Dana Kepada Pemain Sepak Bola Veteran Mesir

Mo tidak hanya menyumbangkan dana kepada rumah sakit, tetapi Salah juga memberikan dana kepada mantan pesepak bola  Mesir yang telah pensiun. Pada bulan Desember 2018 Mo menyumbangkan dana kepada Asosiasi Pemain Mesir Veteran.

Hal ini merupakan salah satu bentuk keperduliannya terhadap jasa-jasa pemain yang telah berjuang untuk mengharumkan nama Mesir pada dunia sepak bola. Aksi-aksi sosialnya yang seperti inilah dapat menginspirasi dan memotivasi semua orang.

Membantu Kembangkan Tanah Kelahiran

Keberhasilan yang telah di dapatkan Mohamed Salah membawakan Mesir kembali mendapatkan liga Piala Dunia di tahun 2018 adalah sebuah pencapaian yang gemilang. Sebelumnya sudah admin jelaskan diatas, Mesir belum pernah lolos lagi di kualifikasi Piala Dunia sejak 1990.

Hal ini tentunya membuat Mamdouh Abbas, mantan presiden salah satu klub di Mesir memberinya hadiah berupa rumah vila mewah sebagai bentuk penghargaan. Tetapi, Mo menolaknya dengan sopan dan mengatakan kalau ia akan lebih bahagia jika hadiahnya berbentuk sumbangan kepada desanya Nagrig.

Memaafkan Pencuri

Anda bisa mendapatkan banyak sekali pelajaran setelah membaca profil dan juga biodata Mohamed Salah ini. Ada satu kejadian menarik yang bisa Anda ikuti. Rumah Mo pernah dimasuki oleh pencuri yang mencuri barang-barang miliki keluarganya.

Lalu dua hari kemudian, pencuri tersebut tertangkap. Sang ayah menginginkan pencuri itu untuk diadili dan diminta untuk mengembalikan semua barang-barang yang telah dicuri.

Berbeda dengan sang Ayah, Mo malah meminta untuk pencuri tersebut dibebaskan. Mo juga memberikan uang dan membantunya mencari pekerjaan.

Biodata dan Profil Mohamed Salah yang Meninspirasi

Itulah profil dan juga biodata Mohamed Salah, pemain sepak bola yang berbakat dari Mesir. Bagaimana? apakah artikel ini sudah membuat kamu mengenal pribadi baik dari pemain sepak bola satu ini?