Sumber: Instagram (ammarzoni)

Pria yang bernama Ammar Zoni ini mulai melambung setelah membintangi sebuah sinetron yang berjudul 7 Manusia Harimau pada tahun 2014 lalu. Seiring bertambahnya judul sinetron yang telah dibintangi olehnya, karier dari suami Irish Bella ini pun semakin meledak. Yuk, lihat artikel biografi ini agar kamu dapat mengetahui profil dan biodata Ammar Zoni selengkapnya!

Biodata Ammar Zoni


Nama Lahir : Muhammad Amar Alruvi
Nama Panggung : Ammar Zoni
Tempat, Tanggal Lahir : Depok, 8 Juni 1993
Warga Negara : Indonesia
Profesi : Aktor, Model
Pasangan : Irish Bella
Orang tua : Suhendri Zoni Alruvi (Ayah), Sri Mulyatini (Ibu)

Sesudah membintagi berbagai sinetron dan film, mungkin banyak penggemarnya yang mulai mencari profil dan biodata Ammar Zoni. Apakah kamu juga salah satu yang mencari biodatanya? Tidak hanya perjalanan kariernya, siapa tahu kamu juga penasaran dengan kehidupan pribadi aktor tampan satu ini.

Ammar mengawali kariernya di dunia hiburan melalui audisi model salah satu majalah remaja di ibu kota. Awalnya Ammar hanya mengantarkan teman ke salah satu rumah produksi di Jakarta, lalu Ammar mulai mendapatkan tawaran untuk bermain film yang berjudul Retak Gading (2014).

Tidak melakukan proses casting, ia pun langsung mendapatkan kesempatan untuk membintagi sejumlah sinetron. Beberapa serial yang berhasil membuatnya terkenal yaitu 7 Manusia Harimau (2014), Anak Langit (2017), dan Cinta Suci (2018).

Karena berbagai peran yang telah di jalankannya, anak dari pasangan Suhendri Zoni Alruvi dan Sri Mulyanti ini berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan. Salah satunya yaitu penghargaan untuk kategori Best Male Actor New Comer di ajang Johnny Andrean Awards.

Tidak hanya itu saja, pada tahun 2016 lalu Ammar juga sempat menjadi salah satu pengurus Persatuan Artis Sinetron Indonesia (PARSI). Sangat di sayangkan, karier cemerlangnya itu harus tercoreng karena kasus narkoba yang pernah menjeratnya pada pertengahan tahun 2017 lalu.

Bukan hanya prestasi dan kontroversi yang akan IndoKeppo bahas, tetapi kisah cinta Ammar Zoni juga menarik untuk di bahas. Hubungan romantis yang pernah dijalaninya bersama Ranty Maria selama kurang lebih empat tahun sering membuat para penggemar baper, begitu juga dengan cerita putus mereka berdua. Pernikahan Ammar dengan Irish Bella juga sempat menjadi trending topic di berbagai media online.

Pasti, kamu sudah tidak sabar kan untuk mengetahui profil dan biodata Ammar Zoni yang bisa kamu baca pada artikel biografi ini? Yuk, langsung saja baca terus informasi lengkapnya berikut ini! Semoga saja kisah hidup dari aktor tampan satu ini bisa memberimu banyak inspirasi, ya.

Masa Kecil Ammar Zoni sampai Remaja


Sumber: Instagram (ammarzoni)

Pria yang mempunyai nama lengkap Muhammad Amar Alruvi atau biasa akrab dipanggil Ammar Zoni merupakan salah satu aktor berkebangsaan Indonesia yang lahir pada tanggal 8 Juni 1993 di Depok, Jawa Barat. Pria yang berdarah Minangkabau ini merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

Laki-laki yang mempunyai hobi jalan-jalan ini memiliki dua adik, yaitu Aditya Zoni dan Panji Zoni. Kedua adiknya ini juga mengikuti sang kakak untuk terjun ke dunia hiburan. Ammar juga sebenarnya memiliki adik perempuan yang bernama Syiffa tetapi sudah meninggal saat masih kecil.

Ammar pada waktu kecil terbilang sulit. Ibunya, Sri Mulyanti, meninggal dunia pada saat ia berusia 12 tahun. Dirinya pada saat itu sangat dekat dengan sang ibu merasa terpukul.

Lelaki tersebut berubah menjadi sesosok anak remaja yang nakal, bahkan saat ia lulus SD Ammar telah berpindah sekolah sebanyak 15 kali. Karena tidak kuat dengan kenakalan anaknya, sang ayah pun mengirim Ammar ke rumah kakek-neneknya yang berlokasi di Muara Labuh, Solok Selatan, Sumatera Barat.

Kondisi Ammar saat di Muara Labuh berbeda jauh dengan kehidupannya di Depok, kota asal Ammar. Pada tempat tersebut, ia tidak bisa menjumpai minimarket, tidak ada sinyal handphone, bahkan listrik pun sering padam. Keadaan tersebut membuat dirinya sedih dan berpikir kalau ayahnya telah tega membuangnya.

Namun pelan-pelan, Ammar mulai mendapatkan banyak pelajaran yang berharga di sana. Dari kakeknya, pria yang memiliki wajah tampan ini dapat belajar sopan santun dan tata krama. Di sana juga ia belajar Silat Minangkabau (silek luncua) hingga pada akhirnya bergabung menjadi anggota Perguruan Pencak Silat Garuda Putih (PSGP).

Nah, itulah sekilas biografi Ammar Zoni sebelum ia menjadi terkenal seperti sekarang yang dapat kamu baca di profil dan biodata ini. Kira-kira, apakah ada pelajaran dan hikmah yang dapat kamu ambil dari kisah ini?

Baca Juga : Profil dan Biodata Afgansyah Reza

Perjalanan Karier

Sumber: Instagram (ammarzoni)

Setelah kamu mengetahui sekilas mengenai biografi kehidupan masa kecil dan remaja Ammar Zoni pada profil dan biodata ini juga akan memberikan informasi tentang perjalanan karier Ammar. Tidak langsung terjun ke dunia hiburan, kakak dari Aditya Zoni ini memulai kariernya sebagai atlet silat. Pada penasaran kan seperti apa kisah selanjutnya?

1. Atlet Silat

Pada ulasan biografi Ammar Zoni sebelumnya sudah kamu jelaskan kalau pria ini pernah "diasingkan" ke Muara Labuh oleh sang ayah. Di sana ia mulai belajar banyak hal, termasuk beladiri. Siapa yang menyangka, anak remaja yang dulunya naka ini berkompeten di bidang silat.

Ammar menekuni Silat Minangkabau selama lebih dari satu tahun. Mewakili organisasinya (PSPG), laki-laki yang menyukai warna hitam ini pun mulai memberanikan diri untuk mengikuti sejumlah kompetisi. Pada tahun 2000-an, ia pernah mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) di Sumatera Barat dan berhasil meraih juara dua untuk kategori silat laga.

Selain itu, Ammar juga pernah mengikuti di pentas Festival Silat Internasional 2016 yang diselenggarakan di Gedung Olahraga Semen Padang, Sumatera Barat. Pada kejuaraan tersebut, Ammar berhasil membawa pulang medali emas dan perunggu. Pada tahun ini juga, ia mendapatkan kesempatan untuk membawa beladiri silat ke ajang Melayu Royal Family Brunei di Hongkong.

Ammar yang menang saat mengikuti kompetisi di Porda, hal tersebut membuatnya sadar kalau silat mulai ditinggalkan generasi seusianya. Dari sanalah ia sempat berencana untuk menjadi pengajar pecak silat setelah kembali ke Jakarta. Memang sebuah rencana, memanglah tinggal rencana karena pada saat ia tiba di Jakarta, Ammar malah disibukkan dengan dunia modeling dan seni peran.

2. Model hingga Pemain Sinetron

Sumber: Instagram (ammarzoni)

Kamu belum lelah membaca profil dan biodata Ammar Zoni di artikel biografi ini, kan? Saat Ammar tiba di Jakarta pada tahun 2011, pria yang suka dengan tempe dan yogurt ini mulai mencoba dunia modeling dengan mengikuti salah satu audisi majalah remaja ternama di Ibu Kota. Keberuntung sedang berpihak kepada Ammar, dirinya berhasil menjadi finalis Top Guest majalah tersebut.

Menjadi seorang model membuat pria yang mempunyai tinggi badan 183 cm ini mulai dekat dengan dunia entertainment. Saat suatu ketika, ia menemani temannya berkunjung ke rumah produksi Kakilangit dengan hanya mengenakan sandal jepit dan kaos oblong.

Hal yang tidak disangka, Ammar malah dilirik dan diajak untuk bekerja sama oleh produser Kakilangit Pictures, Diad Ote, untuk memerankan tokoh yang bernama Bara pada film Retak Gading (2014). Laki-laki yang pernah mengikuti sebuah sekolah akting itu akhirnya bersedia dan menerima tawaran tersebut.

Keberuntungan lagi lagi sedang berpihak padanya ketika mendatangi rumah produksi SinemArt bersama manajernya. Tanpa perlu proses panjang, Ammar langsung mendapatkan kesempatan membintagi sinetron Khanza 2 (2014) bersama Velove Vexia dan artis Indonesia lainnya. Pada tahun yang sama, ia juga dipercaya untuk tampil di sinetron Kita Nikah Yuk.

Nama Ammar Zoni semakin melejit saat ia berperan sebagai Rajo Langit pada serial 7 Manusia Harimau (2014). Setelah itu, dirinya juga sukses membintagi beberapa sinetron, seperti 7 Manusia Harimau New Generation (2016), Anak Jalanan (2016), Anak Langit (2017), dan Cinta Suci (2018).

3. Penghargaan di Dunia Hiburan

Kerja Keras dan ketekunan Ammar Zoni dalam mendalami dunia akting akhirnya membuahkan hasil. Akhirnya namanya berhasil masuk menjadi nomine sejumlah kategori di beberapa penghargaan bergengsi.

Pada acara Global Seru Awards 2015, Ammar juga sukses mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Kategori yang ia menangkan yaitu Aktor Seru dan Artis Pendatang Baru Paling Seru. Masih di tahun yang sama, Ammar yang menggantikan Stefan William di film sinetron Anak Jalanan ini juga mendapatkan penghargaan sebagai Idola Baru Tersilet di acara Silet Awards 2015.

Pada tahun 2016, Ammar meraih penghargaan pada ajang Johnny Andrean Awards kesembilan untuk kategori Best Male Actor New Comer. Pada tahun ini juga, ia diberi penghargaan sebagai Fit and Fabulous Male Celebrity pada acara ulang tahun program Insert ke-13.

Satu tahun kemudian, Ammar Zoni masuk ke dalam nominasi Aktor Terfavorit dalam ajang Panasonic Gobel Awards 2017. Sayangnya, dia tidak berhasil membawa pulang piala kemenangan dikarenakan kalah oleh sang aktor senior yaitu Agus Kuncoro.

Berkat kemampuannya di dalam dunia hiburan, dirinya juga sempat dipilih menjadi salah satu pengurus Persatuan Artis Sinetron Indonesia (PARSI) tahun 2016. Wah, ternyata banyak juga yah prestasi dan penghargaan yang bisa diraih aktor ganteng ini! Apakah kamu menjadi semakin tertarik untuk melanjutkan membaca profil Ammar Zoni pada artikel biografi ini?

4. Mengeksplorasi Bisnis

Kamu masih semangat untuk membaca profil dan biodata Ammar Zoni? Selain menekuni dunia olahraga dan hiburan, pria yang mempunyai tubuh atletis ini juga menggeluti bisnis semenjak awal 2018. Suami dari pasangan Irish Bella itu mengaku sedang mengelola perkebunan dan pertenakan di lahan miliknya yang terletak di Sumatera Barat.

Ammar Zoni mengatakan kalau sebenarnya lahan tersebut merupakan miliki dari keluarga besarnya. Pada saat menjalankannya, ia begitu menikmatinya karena usaha tersebut dekat dengan alam. Semenjak sekolah dirinya memang menyukai alam. "Saya pernah belajar silat dan saya beljar kalau alam adalah guru kita," katanya.

Walau seperti itu, pengganti Stafan William pada sinetron Anak Langit ini tidak pernah menjalankan bisnisnya sendirian. Pasalnya Ammar masih memiliki kesibukan di Jakarta, dalam mengurus peternakan dan perkebunannya, dia juga masih dibantu oleh sang ayah.

Kehidupan Asmara


Pada profil dan biodata ini, pastinya kurang lengkap kalau belum memberikan informasi biografi perjalanan karier Ammar Zoni tanpa mengulas kisah asmaranya. Pria yang berzodiak gemini ini dikenal sebagai sosok yang mudah terlibat cinta lokasi dengan lawan main di sinetron yang dibintanginya. Dua aktris cantik yang berhasil menaklukan hati Ammar yaitu Ranty Maria dan Irish Bella.

1. Berpacaran dengan Ranty Maria

Sumber: Instagram (bambangeros)

Ammar yang sebelumnya menikah dengan Irish Bella, dirinya telah berpacaran dengan aktris berwajah imut, Ranty Maria. Mereka pertama kali bertemu di tahun 2014 pada sinetron 7 Manusia Harimau. Keduanya berperan sebagai Rajo Langit dan Ratna.

Ammar dan Ranty dikabarkan dekat pada tahun 2015. Awalnya, keduanya menutupi hubungan yang sedang dijalani hingga sampai akhirnya berani memberitahukan ke publik. Mereka juga tidak malu untuk membagikan foto-foto kebersamaan yang romantis di sosial media, salah satunya pada saat momen ulang tahun Ranty Maria.

Fans dari kedua artis ini juga menyambut baik hubungan manis tersebut, lalu menciptakan singkatan Amravers yang artinya Ammar & Ranty Lovers. Tetapi, percintaan yang mendapat banyak dukungan tersebut tidak selalu berjalan mulus.

Pada tahun 2017, keduanya sempat mengakhiri hubungannya karena Ammar terjerat kasus narkoba. Dia divonis hukuman penjara satu tahun serta harus menjalani rahabilitasi. Walau begitu, Ranty tetap setia mendampingi sang kekasih dan tidak pernah meninggalkannya.

Setelah Ammar sudah selesai menjalani masa hukumannya dan selesai menjalani pemulihan, dia pun kembali bersatu dengan pacarnya. Keduanya juga sempat disatukan kembali melalui sinetron Anak Langit. Tetapi pada pertengahan tahun 2018, keduanya terpaksa menjalani LDR karena Ranty memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke Korea Selatan.

Baru menjalani dua bulan hubungan dari jarak jauh, keduanya pun dikabarkan putus. Kabar berakhirnya hubungan Ammar dengan Ranty diketahui dari unggahan percakapan Ranty Maria yang disebarkan oleh salah satu akun gosip di Instagram.

Ranty tidak ingin memberitahukan penyebab kandasnya hubungan mereka. Aktris kelahiran Jakarta itu mengatakan kalau keputusan tersebut di ambil dari kedua belah pihak. Tidak lupa juga dirinya meminta maaf kepada para penggemar jika kabar tersebut membuat mereka bersedih..

Sekitar April 2019, penyebab alasan putusnya Ammar Zoni dan Ranty Maria pun terjawab. Pada saat sebuah percakapan vlog bersama Natasha Willona, wanita yang mempunyai nama lengkap Ranty Maria Aprily Kariso itu membenarkan pertanyaan dari Wilona kalau hubungan mereka berakhir karena perbedaan keyakinan.

2. Menikah dengan Irish Bella

Sumber: Instagram (_irishbella_)

Tidak membutuhkan waktu lama bagi Ammar Zoni untuk move on dari Ranty Maria. Sakitar akhir tahun 2018, pria yang pernah membintangi sebuah iklan ini terlibat cinta lokasi dengan lawan mainnya di sinetron Cinta Suci, Irish Bella atau biasa dipanggil dengan Ibel. Pada sireal tersebut, keduanya berperan sebagai sepasang suami istri.

Ammar dan Ibel sempat menutupi kedekatan keduanya dan mengatakan kalau hubungan mereka berdua hanya sebatas sahabat serta profesionalitas kerja. Tetapi, dua sepasang kekasih ini perlahan mengakui hubungan spesial yang pada saat itu sedang dijalaninya. Hal tersebut terlihat dari foto kemesraan keduanya yang diunggah pada akun Instagram masing-masing pada malam pergantian tahun 2019 lalu.

Walaupun belum begitu lama menjalani hubungan, Ammar mantap untuk melamar kekasihnya di lokasi syuting sinetron Cinta Suci pada tangga 12 Januari 2019. Kejutan lamaran tersebut dipersiapkan berlangsung begitu romantis sampai membuat Ibel menangis terharu.

Pada tanggal 12 Februari 2019, di hadapkan keluarga besar kedua belah pihak dan sahabat-sahabatnya, Ammar kembali melamar Irish Bella secara resmi. Proses pertunangan dan tukar cincin tersebut dilangsungkan di Cakra Venue and Lounge, BSD, Tangerang Selatan.

Saat dua bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 28 April 2019, pasangan ini melangsungkan pernikahan di Pine Hill Cibodas, Bandung, Jawa Barat. Momen bahagia itu dihadiri oleh banyak teman artis, seperti Asmirandah, Meriam Bellina, Cut Keke, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Melalui kisah cinta Ammar Zoni yang telah diulas dalam profil dan biodata tersebut, kamu dapat mengetahui kalau jodoh itu memang rahasia Tuhan. Pacaran selama bertahun-tahun dengan seseorang tidak akan menjamin dirimu akan hidup selamanya dengan dirinya, kan?

Kontroversi


Sumber: YouTube (Net Entertainment News)

Selain dari biografi perjalanan karier dan kisah asmara, pada profil dan biodata ini IndoKeppo juga akan membahas tentang kontroversi apa yang pernah dilakukan oleh Ammar Zoni. Daripada kamu semakin penasaran, oleh karena itu langsung aja simak uraiannya di bawah ini, yuk!

1. Terjerat Kasus Narkoba

Pada tanggal 7 Juli 2017, jagat hiburan tanah air dikagetkan dengan penangkapan Ammar Zoni karena kasus narkoba. Aktor yang saat itu sedang menanjak ini diciduk saat bersantai di kediamannya di daerah Depok.

Dari hasil penangkapan tersebut, polisi mendapati barang bukti berupa ganja kering seberat 39,1 gram serta beberapa benda yang diduga untuk mengkonsumsi narkoba. Diketahui kalau dirinya telah mengkonsumsi barang terlarang tersebut selama kurang lebih satu tahun.

Setelah Ammar ditangkap, dirinya mengaku menyesali perbuatannya tersebut. Kakak dari Panji Zoni ini juga mengungkapkan alasannya ia memakai narkoba, yaitu karena salah pergaulan. Selain itu pada jadwal syuting stripping yang pada membuatnya sudah tidur hingga akhirnya dirinya tergoda untuk mencoba ganja agar bisa tidur lebih nyenyak.

Ammar yang dibantu oleh orangtua dan pengacaranya, Ammar Zoni kemudian mendapat kesempatan untuk menjalani rehabilitasi di Badan Narkotika Nasional (BNN). Sebagai konsekuensinya, dia sempat diberhentikan dari sinetron Anak Langit yang pada saat itu dibintanginya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Aliando Syarief

2. Dituduh Merebut Pacar Orang

Pada saat itu Irish Bella sedang berpacaran dengan Giorgino Abraham sebelum menjalani hubungan dengan Ammar Zoni. Fakta tersebut membuat banyak orang mulai berspekulasi kalau pemeran Romi di sinetron Khanza 2 itu menjadi penyebab berakhirnya hubungan Ibel dan Gino.

Terlebih tidak lama setelah terlibat proyek sinetron dengan Ammar, Irish Bella putus dengan Gino. Mantan kekasih Rianty Maria tersebut dituduh menikung Giorgino Abraham yang notabene sahabat baiknya sendiri.

Tetapi, Ammar membantah secara tegas kalau dirinya bukanlah penyebab dari keduanya putus. Pria yang suka mengendarai motor vespa ini juga menjelaskan kalau mereka sudah putus sebelum Ammar jadian dengan Ibel. Ammar juga menyampaikan kalau Gino dan Ibel berpisah karena perbedaan keyakinan.

Setelah kamu membaca kontoversi-kontroversi yang dilakukan oleh Ammar Zoni pada artikel biografi di atas, apa yang kamu pikirkan? latar belakang popularitas seorang artis, ternyata ada sebuah tekanan yang harus mereka tanggung, mulai dari padatnya jadwal syuting hingga gangguan dari para haters.

Apakah Sudah Tidak Penasaran dengan Profil dan Biodata Ammar Zoni Setelah Membaca Artikel Biografi Ini?


Nah, bagaimana? Apakah profil dan biodata Ammar Zoni pada artikel biografi di atas sudah berhasil menjawab rasa penasaranmu? Pada informasi tersebut, mungkin kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran dari kisah hidup sang aktor, baik dari kehidupan masa kecilnya ataupun perjalanan karier yang dilaluinya.