Pada dunia ini, tidak ada sesuatu yang benar-benar abadi. Mungkin saja Anda pernah kehilangan materi, kesempatan, cinta, sampai dari orang-orang yang kamu sayangi. Kalau Anda masih sulit untuk menerimanya, mungkin jika Anda membaca kata-kata ikhlas kehilangan pada artikel yang admin berikan ini dapat membantu Anda untuk bangkit kembali.

Kehilangan sesuatu yang paling berharga dalam hidup Anda memanglah sangat berat. Semakin besar keterikatan kamu kepadanya, semakin besar juga kepedihan yang akan kamu dapatkan. Jika Anda sedang mengalami hal tersebut, Anda bisa mencoba membaca kata-kata ikhlas kehilangan pada artikel ini.

Hal yang penting memang tidak serta merta kembali kepada hidup kamu. Barangkali itu materi, kesempatan, sahabat, cinta atau nyawa orang yang kamu sayangi. Tetapi, mungkin saja jika kamu membaca kumpulan kutipan ini, kamu bisa dapat lebih mudah menerima kenyataan yang sebenarnya.

Sebab pada dasarnya, tidak ada yang abadi pada dunia ini. Semuanya tentu akan menghilang, termasuk diri kita sendiri. Hanya saja, kita tidak tahu kapan dan siapa yang akan menghilang dari dunia ini dan siapa yang akan di tinggalkan.

Adakala, yang ada pada posisi kehilanganlah yang merasakan pedih yang sangat mendalam. Padahal hidup ini harus terus berjalan. Sehingga mau tidak mau, kita harus belajar ikhlas untuk melepaskan semuanya dan terus maju ke depan.

Kata Ikhlas Kehilangan Merupakan Sesuatu yang Penting Dalam Kehidupan


1. Tidak Pernah Memiliki

"Seseorang yang pernah kehilangan sesuatu yang pernah dimiliki adalah milikinya selamanya, pada akhirnya kamu akan menyadari kalau tidak ada sesuatu di dunia ini yang benar-benar bisa menjadi milikinya." Paulo Coelho.

Ada yang berkata kalau apapun yang kita miliki sebenarnya itu hanyalah titipan saja. Suatu saat nanti, semuanya akan diambil dari pelukan kamu dan kembali lagi kepada sang pencipta.

Meskipun seperti itu, bukan berarti kamu takut akan hal-hal penting tersebut. Semasih dirinya masih milik kamu, kamu dapat menghargai dan memanfaatkan sebaik-baiknya. Tetapi, Anda tidak boleh lupa untuk menyiapkan hati agar Anda ikhlas saat Anda harus berpisah dengannya.

2. Itulah Hidup

"Pada umunya semua orang tentunya pernah merasakan kehilangan sesuatu yang paling berharga. Kehilangan kesempatan, kemungkinan, dan perasaan yang tidak akan pernah kembali lagi. Hal tersebutlah yang membuat kita benar-benar hidup." Haruki Murakami, Kafka on the Shore.

Tuhan telah menciptakan segala sesuatu hal dalam satu paket. Ada bahagia, Ada sedih, Ada pertemuan, Ada perpisahan. Sama halnya dengan kamu, pasti kamu akan diimbangi dengan kehilangan.

Tetapi justu disanalah seni hidupnya. Tanpa adanya perpisahan, mungkin Anda akan sulit untuk menikmati setiap pertemuan. Tetapi jika tanpa kehilangan, bisa juga kamu akan susah menhargai apa yang telah menjadi milik kamu saat ini.

3. Menerima Segalanya

"Justru kehidupan yang bahagia tidak akan pernah ada tanpa adanya sedikit kegelapan. Kata bahagia tentunya akan kehilangan banyak maknanya jika tidak diseimbangkan dengan kesedihan. Akan lebih bijak lagi jika kita menerima segala hal dengan kesabaran dan ketegaran." Carl Jung.

Kata ikhlas kehilangan ini tentunya mempunyai inti sama dengan kutipan dari Haruki Murakami yang sebelumnya. Yaitu kalau sebenarnya kehidupan kita membutuhkan kegelapan, kesedihan dan juga sampai kehilangan dalam kehidupan kita.

Meskipun sering sekali dianggap sebagai sesuatu yang negatif, tanpa proses tersebut, hidup ini tentunya tidak dapat berjalan dengan seimbang. Anda harus ingat kalau Tuhan tidak pernah menciptakan segala sesuatunya dengan sia-sia. Tentunya semua ada hikmah dan pelajaran yang dapat Anda petik darinya.

4. Masih Adanya Harapan

"Terimalah Kekecewaan yang hanya terjadi sementara, jangan sampai kehilangan harapan yang tidak terbatas." Martin Luther King, Jr

Meskipun hal tersebut berat, Anda harus selalu yakin kalau kekecewaan yang Anda alami tidak akan terjadi selamanya. Roda kehidupan selalu berputar. Walaupun sekarang Anda berada di bawah, pasti ada saatnya kamu akan naik kembali.

Hal yang paling penting, Anda harus menjaga diri kamu sendiri agar jangan sampai Anda putus harapan. Karena hal tersebutlah yang akan mendorong Anda untuk selalu maju. Harapan itu akan selalu ada selama Anda masih tidak mau putus asa untuk mendapatkannya.

5. Tidak Akan Kehilangan Lagi

"Setelah kita mendapatkan kehilangan segalanya, maka kita bisa terlepas dan melakukan apa saja." Chuck Palahniuk, Fight Club.

Bahkan sampai Anda merasa tidak memiliki apapun, masih ada harapan Anda untuk terus bangkit kembali. Justru dengan posisi Anda saat ini, Anda bisa terbebas untuk melakukan apa saja tanpa takut kehilangan.

Bisa jadi inilah hikmah yang diberikan Tuhan kepada kamu. Yaitu agar kamu dapat mengerahkan seluruh kemampuan kamu tanpa takut terbebani ketakutan. Begitu besar pula penderitaan yang kamu dapatkan untuk bisa mencapai titik ini. Apa mungkin, kamu mau melewatkan segalanya begitu saja dan membiarkan semuanya terbuang dengan sia-sia?

Kata Ikhlas Hati Saat Kehilangan Sahabat


1. Masih Dapat Diperbaiki

"Kita semua dapat kehilangan teman, baik karena kematian, jarak ataupun waktu. Walaupun mereka sekarang sudah tidak ada lagi, harapan akan selalu ada. Kuncinya adalah menyimpan keberadaan mereka di dalam kehidupan kamu." Amy Marie Walz.

Pernyataan kalau harapan selalu ada juga berlaku kalau kamu sedang kehilangan sosok teman terdekat. Setidaknya, begitulah yang diyakini oleh Amy Marie Walz dalam kata-kata bijaknya dalam ikhlas untuk melepaskan sahabatnya ini.

Menurut Marie, persahabatan yang rusak bahkan dapat diperbaiki selama ada niat dan juga waktu yang tepat. Walaupun Anda tidak dapat dipersatukan kembali karena kematian, tentunya dia akan menjadi sahabat sejati dalam hidup dalam hatimu.

2. Hanya Imajinasi

"Persahabatan yang hancur itu tidak benar-benar ada." St. Jerome

St. Jerome mempunyai pendapat yang berbeda dengan Amy Marie Walz. Kalau Amy masih menyimpan harapan untuk memperbaiki persahabatannya, St. Jerome ini memilih untuk menganggapnya tidak pernah ada. Kalau memang pada akhirnya hancur, berarti persahabatan itu memang semu sejak semula.

Pendapat dari St. Jerome dan Amy dapat dianggap sebagai bentuk keikhlasan. Anda bisa saja sepakat dengan salah satunya atau Anda mungkin punya pendapat sendiri. Tetapi jika Anda memilih untuk sepakat dengan St. Jerome, pastikan dahulu kalau Anda tidak menyimpan dendam. Anggap saja Anda pernah melakukan kesalahan, lalu Anda bisa mencari sahabat baru tanpa mengulangi kesalahan yang sama.

3. Menangislah Dengan Secukupnya

"Ketika seseorang kehilangan sahabatnya, matanya tidak boleh benar-benar kering ataupun banjir. Menangis memang boleh, malah itu harus, tetapi jangan sampai meratap." Seneca.

Tidak masalah kalau memang Anda ingin meneteskan air mata saat sahabat Anda tidak ada lagi di sisi kamu. Tetapi bukan berarti kamu lemah, itu bertanda kamu sungguh menyayangi sahabat kamu.

Meskipun seperti itu, Anda harus sadari kalau menangis bukanlah cara yang baik untuk menyelesaikan masalah. Menangislah secukupnya, luapkanlah kesedihan kamu, lalu isi hati kamu dengan kebahagiaan. Jika sahabat kamu juga menyayangi kamu, pasti sahabat kamu juga menginginkan yang terbaik pada dirimu.

4. Jejak Dalam Ingatan

"Semua orang tentunya meninggalkan jejak dalam ingatan kamu. Tetapi hanya mereka yang meninggalkan jejak dihatimu yang benar-benar kamu ingat." Nicholas Sperling.

Kepergian sahabat kamu mungkin mengoreskan luka yang amat dalam di hatimu. Tetapi justru itulah yang akan menjadi pertanda kalau Anda benar-benar menyayanginya. Jika ada sahabat yang tidak bisa disisi kamu lagi karena terpisah oleh jarak, kirimkan kata-kata kehilangan untuknya.

Anda rela tidak lagi bersama. Karena hal apapun yang terjadi, Anda tidak akan pernah membicarakannya. Keberadaan yang sangat penting sehingga Anda selalu menyisakan ruang dihatimu untuk dia.

5. Akhir Dari Sebuah Kisah

"Beberapa orang yang pergi dari kehidupan kamu. Bukan berarti kisahmu akan berakhir. Kata berakhir hanyalah bagian dari mereka dalam kisah hidupmu." Anonim.

Ketika sahabat kamu sudah tidak ada lagi disisi kamu karena mempunyai berbagai alasan, mungkin dunia kamu terasa hancur berkeping-keping. Tetapi Anda harus sadar, kalau sebenarnya di dunia tetap baik-baik saja dan terus berputar seperti biasa. Begitu juga dengan kisah hidup kamu, akan terus berlanjut meskipun tanpa disertai kehadirannya.

Kesedihan yang berkepanjangan justru akan merugikan diri kamu sendiri. Lebih baik, Anda menjadikan kenangan indah Anda sebagai motivasi, agar Anda dapat menjalankan kehidupan anda dengan lebih baik dan mungkin bisa menciptakan kenangan baru yang akan lebih indah lagi nantinya.

Kata Ikhlas Dalam Hubungan Asmara



1. Telah Terbiasa

"Sakit ini bermula sejak saat beberapa tahun lalu. Tetapi aku sudah cukup lama tidak hidup bersamanya, sampai-sampai aku menerimanya sebagai bagian tidak terpisahkan dari sisiku." Ashley D. Wallis, Leaping.

Apakah Anda pernah mendengar ungkapan yang mengatakan kalau waktu akan menyebuhkan segalanya? hal tersebut juga tersirat dalam kata-kata ikhlas kehilangan dalam cinta ini.

Hal yang sebenarnya adalah pedih yang Anda rasakan saat patah hati mungkin tidak dapat hilang selama-lamanya. Tetapi, perlahan Anda akan mencoba menerima semuanya dengan lapang dada. Sampai pada akhirnya, Anda juga mampu untuk bersahabat dan menjalankan hidup dengan kepedihan tersebut.

2. Aku Masih Hidup

"Aku tidak mengira kalau cintaku untukmu mati, aku juga akan mati. Lalu cinta itu benar-benar mati. Tetapi anehnya, aku tetap hidup, meskipun sudah tidak bersama kamu." Rupert Brooke.

Saat kamu menyukai seseorang, kamu mungkin menganggap dia adalah segala-galanya untuk kamu. Sampai-sampai, kamu tidak mengira kalau kamu dapat hidup tanpa ada kehadirannya.

Mungkin saja kamu kaget ternyata, kamu masih baik-baik saja walaupun kamu sudah tidak bersama dia lagi selamanya. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan kalau kamu akan menemukan cinta yang baru lagi suatu saat nanti.

3. Akan Kembali

"Cinta tidak akan pernah mati. Jika tidak berbalas, ia akan mengalir kembali untuk melembutkan dan menyucikan hati kamu." Washington Irving.

Buat kamu yang baru saja ditolak, Anda bisa meresapi kata ikhlas kehilangan dari Washington Irving ini. Walaupun tidak bersambut, perasaan kamu pada gebetan tidak akan pernah hilang dan sia-sia. Perasaan itu justru akan kembali dan pada akhirnya dapat melembutkan hati kamu.

Sebelum Anda ditolak, Anda mungkin tidak punya hasrat yang menggebu-gebu untuk memiliki sang gebetan. Penolakan itu tentunya akan memaksa kamu untuk menerima kenyataan, berdamai dengan nafsu, dan berbahagia dengna dirimu sendiri. Bukankah itu adalah pelajaran yang sangat berharga untuk kamu?.

4. Terima Kasih untuk Segalanya

"Bukan hanya ucapan selamat tinggal saja yang aku ucapkan, sayang, melainkan terima kasih. Terima kasih sudah datang ke hidupanku dan membuat aku bahagia, terima kasih sudah mencintaiku dan menerima cintaku. Tetapi hal yang terenting, terima kasih sudah menyadarkanku kalau ada waktu dimana akhirnya aku sudah bisa merelakanmu pergi. Aku mencintai kamu." Nicholas Sparks, Message in a Bottle.

Tentunya kamu sudah pernah mendengar kata-kata mutiara yang mengatakan kalau cinta tidak harus memiliki, bukan? Kalimat tersebut adalah benar adanya. Cinta memanglah bukan semata-mata tentang kepemilikan, tetapi juga keikhlasan untuk melepaskansosok tersayang meskipun harus mengorbankan perasaan kamu sendiri.

Jika memang hati kamu sudah tidak dapat disatukan lagi, buat apa kamu paksakan? jangan sampai rasa sayang kamu justru dapat melukai hati kalian berdua dan menghasilkan rasa benci. Kirimkanlah kata-kata ini ke mantan yang kamu sayangi sebagai tanda kalau kamu sudah move on dan sudah mengikhlaskan dia bersama orang lain.

5. Hanya Permulaan

"Aku pernah mencintai dan pernah kehilangan. Tetapi aku sudah mulai percaya semuanya akan baik-baik saja. Terkadang apa yang kita kira sebagai sesuatu yang terbaik hanyalah permulaan dari apa yang benar-benar baik untuk kita." Nikki Rowe.

Bagi kalian yang baru mengalami patah hati, Anda mungkin masih sulit untuk menerima kenyataan. Tetapi Anda harus yakin, jika suatu saat nanti Anda dapat mampu berpikir dengan kepala jernih, kamu tentunya akan mengerti kenapa semua itu ditakdirkan terjadi kepada kamu.

Mungkin saja Tuhan menginginkan kamu untuk belajar dari pengalaman dan menjadi manusia yang lebih baik lagi, Atau mungkin saja Tuhan ingin mempertemukan kamu dengan sosok yang lebih sesuai lagi untukmu.

Belajar Ikhlas Dalam Menghadapi Kehilangan

Itulah kata mutiara yang bisa Admin berikan untuk membantu Anda untuk belajar ikhlas menerima kenyataan saat sedang menghadapi kehilangan. Kehilangan memang sebaiknya tidak diratapi terus-terusan, melainkan dapat Anda terima dan menjadikannya sebagai pelajaran.

Jika Anda tidak ingin meerimanya, bisa jadi kamu yang rugi dan malah kehilangan lebih banyak lagi, termasuk kesempatan kamu untuk mendapatkan kebahagiaan. Semoga Anda tetap semangat dan selalu bangkit kembali, ya!!.