Profil dan Biodata Anji Manji
Sumber : Instagram (duniamanji)


Kalian mungkin sudah mengenal nama Anji Manji sebagai salah satu penyayi solo papan atas Indonesia. Tetapi, apakah kamu tahu kalau ia sempat kesulitan untuk melepaskan bayang-bayang Drive semenjak memutuskan untuk bersolo karir pada tahun 2011 lalu? Mari langsung saja kalian simak biodata Anji Manji lengkap ini untuk mengetahui kisahnya!

Profil dan Biodata Anji Manji

Anji Manji merupakan salah satu penyanyi solo yang telah populer di Indonesia. Popularitasnya semakin melonjak ketika ia merilis album singlenya yang berjudul Dia (2016) yang mengantarkannya untuk meraih Lagu Terseleb di Selebrita Awards 2016. Sebelumnya, ia juga lebih dikenal dengan vokalis band Drive (2007-2011).

Karir artis yang bernama Anji ini waktu bersama Drive bisa dikatakan sukses. Selama 4 tahun, mereka telah mengeluarkan 3 album yang berjudul Esok Lebih Baik (2007), Kita untuk Selamanya (2008), dan Bintang yang Bersinar (2010). Pada beberapa lagu andalan dari 3 album ini yakni Bersama Bintang, Katakanlah, dan Wanita Terhebat yang telah mendapatkan sambutan positif dari para penggemar musik di Indonesia.

Semakin sukses, Anji bahkan pernah sempat kesulitan untuk melepas nama Anji Drive pada awal solo karirnya. Banyak sekali fansnya yang masih memintanya untuk menyanyikan lagu Drive dibandingkan lagu-lagu Anji sendiri.

Selain itu, IndoKeppo juga akan membahas kisah cintanya bersama Wina Natalia yang juga pernah mengalami goncangan sebelum akhirnya mereka berlabuh ke pelaminan. Kalian pasti jadi semakin penasarankan tentang kisah hidup dan biodata Anji Manji? Kamu jangan kemana-mana, langsung aja simak terus informasinya disini.

Profil dan Biodata Anji Manji


Profil dan Biodata Anji Manji
Sumber : Instagram (duniamanji)

Rasanya tidak lengkap jika biodata Anji Manji tidak membahas tentang profil serta data dirinya. Anji sendiri lahir di Jakaarta, 5 Oktober 1979 lalu sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Orangtuanya memberikan nama lengkap Erdian Aji Prihartanto.

Cita-Cita Menjadi Penyanyi Sejak SD

Seperti artis yang bernama Agnes Monica, kecintaanya dengan dunia musik sudah mulai tumbuh didalam diri Anji sejak masih kecil. Pada saat ia masih duduk di bangku kelas 4 SD, Anji bahkan sudah mempunyai cita-cita menjadi seorang penyanyi.

Awalnya sederhana, penyanyi yang mempunyai ciri khas dengan topi fedora ini menyanyikan lagi Bintang Kejora di sekolahnya. Ternyata, ia mendapatkan sambutan dari teman-teman dan para guru untuk manggung perdananya sangat positif.

Keberhasilannya untuk menghibur banyak orang ini tentunya memberikan kepuasan dan juga kesenangan tersendiri. Anji juga ingin mempunyai lagu-lagu yang ia nyanyikan bisa dinikmati lebih banyak orang.

Sempat Trauma Ngeband Karena Narkoba

Karena ketertarikannya di dunia musik, Anji langsung membentuk band dengan teman-temannya begitu saat ia memasuki SMP. Tetapi, ia melihat ada teman band yang memakai narkoba dan lalu terkena dampak negatifnya.

Pada saat itu, Anji mulai ragu untuk menjadikan musik sebagai pilihan hidup. Ia juga pernah memutuskan untuk berhenti bermain musik pada saat memasuki SMA.

Penyanyi yang suka berwisata kuliner ini sempat mencoba mengalihkan ketertarikannya ke dunia otomotif. Tetapi, ia merasa bosan dan sadar kalau musik masih tetap di dalam jiwanya.

Anji kembali memasuki dunia banda pada saat ia kuliah Sastra China di Universitas Indonesia. Bersama dengan kawan-kawannya, pada tahun 1998 Anji membentuk band yang diberi nama Yuck Fou lalu ia memenang posisi pemain bas.

Setelah lulus dari kuliah, kebetulan ada panggung perayaan kemerdekaan Indonesia di dekat rumahnya. Ia meminta untuk menyanyi dan kembali mendapatkan respon positif. Pada saat tersebutlah kepercayaan dirinya untuk menjadi seorang vokalis muncul kembali.

Pernah Menjadi Guru Bahasa Mandarin

Selain bermusik, pria satu ini juga mempunyai ketertarikan besar dalam dunia sastra seperti Prilly Latuconsina. Anji bahkan pernah menjadi seorang guru dan mengajar pelajaran Bahasa Mandarin.

Jika kamu belum pernah membaca biodata Anji, mungkin kamu akan merasa kaget ketika mengetahui fakta ini. Tetapi sebenarnya, kecintaannya terhadap sastra ini sudah terlihat jelas dari media sosialnya. Apalagi, profesinya tersebut sesuai dengan jurusan kuliahnya dulu.

Anji pernah mengajar di SMA serta membuka les-lesan. Selama ia mengajar, ia sempat mendapatkan pengalaman yang unik, yaitu diajak pacara oleh salah satu muridnya yang masih duduk di kelas 2 SMA.

Ia juga pernah mendapatkan surat cinta yang diselipkan ke dalam bukunya. Kenang-kenangan lucu itu terkadang membuatnya kangen dan ingin kembali mengajar lagi.

Tetapi, karena sulit untuk membagi waktu untuk mengejar karir bermusiknya, profesi mengajar terpaksa ia tinggalkan. Apalagi pada saat ia merasa pengajaran tidak akan efektif jika intensitasnya kurang.

Perjalanan Karir di Dunia Hiburan


Profil dan Biodata Anji Manji
Sumber : Instagram (duniamanji)

Sekarang di biodata Anji Manji ini IndoKeppo akan mengupas abis perjalanan karirnya di dunia hiburan. Walaupun namanya baru saja dikenal publik pada saat bersama Drive, sebenarnya ia juga sudah pernah bergabung dengan beberapa band.

Suara Unik Membuat Band-Band Tertarik

Band-band yang menyukai suara unik Anji, yaitu Clinic Funk, Sayap, Vintage, juga Rockmotic. Karena suaranya yang unik ternyata membuat mereka tertarik untuk mengajaknya bergabung.

Bermain musik dengan band yang bernama Clinic Funk dijalankannya sekalian mengelola studio band milik keluarganya, Clinic Studio. Bersama band ini, Anji berhasil lolos pada suatu kompetisi lalu rekaman 3 lagi dalam album Imperium I (2002).

Tiga lagu tersebut, antara lain Atas Nama Cinta, Dulu serta Bukan Kamu. Lagu yang berjudul Atas Nama Cinta juga telah menjadi single utama dan sempat dibutkan videoklip.

Dibiayai Ibu Hingga Ratusan Juta Rupiah

Sang ibu yang mengetahui putranya ingin menjadi musisi, ibu Siti Sundari rela untuk mengeluarkan uang ratusan juta rupiah sebagai modal. Anji sendiri sebenarnya sempat menolak untuk dibiayai.

Apalagi pada saat itu, bukan hanya ia saja yang ingin menjadi seorang musisi, tetapi juga ada dua saudaranya. Ibunya pun sempat meminjam uang, tetapi ia kebingungan karena tidak mendapatkan hasil.

Sempat Gagal di Indonesia Idol

Selain pernah mengeluarkan uang yang tidak sedikit, Anji juga sempat mengalami kegagalan. Tepatnya pada saat ia mengikuti Indonesia Idol season 1 pada tahun 2004 lalu.

Langkahnya berhenti di 76 besar dan ia tidak bisa masuk ke babak spektakuler. Selama melakukan penyeleksian, sosoknya hanya terlihat dua kali di layar televisi, yaitu pada saat fotonya ditampilkan sepintas serta saat ingin menaiki bus karena tereleminasi.

Langkahnya berhenti di 76 besar dan ia tidak bisa masuk ke babak spektakuler. Selama melakukan penyeleksian, sosoknya hanya terlihat dua kali di layar televisi, yaitu pada saat fotonya ditampilkan sepintas serta saat ingin menaiki bus karena tereleminasi.

Sementara itu, penampilannya pada saat bernyanyi tidak ditayangkan sama sekali. Lewat vlog-nya, artis ini tidak mau mengaku jika dirinya memang tidak terlalu diperhitungkan.

Gabung Bersama Drive & Dilirik Piyu Padi

Walaupun gagal menembuk Indonesia Idol, tetapi penyanyi yang sering tampil dengan kepala botaknya ini masih sering aktif bermusik bersama band yang beraliran pop funk bentukannya, Menthol.

Hingga pada akhirnya, mereka memutuskan utnuk berganti nama menjadi Drive karena mempunyai kesamaan dengan nama Flow di ajang kompetisi Dream Band 2. Akhirnya resmilah nama Anji Drive diambilnya.

Pada tahun 2006, Drive mulai aktif dalam menawarkan materi demonya ke berbagai label musik di Jakarta. Sambil menunggu tanggapan, mereka memperbanyak pengalaman dengan tampil dari panggung ke panggung.

Drive akhirnya dilirik oleh musisi kenamaan yaitu Piyu Padi yang kemudian bersedia menjadi produser. Pada pertengahan 2007, Drive akhirnya merilis album perdananya yang berjudul Esok Lebih Baik dengan Bersama Bintang sebagai single utamanya.

Lagu yang berjudul Bersama Bintang sukses membawa Anji Drive bersama dengan rekan-rekannya dikenal banyak orang luas. Respon terhadap single tersebut sangat positif. Bersama Bintang juga sempat pernah dijadikan soundtrack sinetron Candy.

Meninggalkan Drive & Merintis Solo Karir


Profil dan Biodata Anji Manji
Sumber : Instagram (duniamanji)

Setelah lagunya Esok Lebih Baik, Drive merilis lagi Kita untuk Selamanya (2008) dan Bintang yang Bersinar (2010). Dua album tersebut telah sukses mengeluarkan single hit yang berjudul Wanita Terindah dan Katakanlah.

Meskipun namanya sudah banyak dikenal banyak orang sebagai Anji Drive, secara mengejutkan artis ini memutuskan untuk keluar pada bulan Mei 2011. Konflik internal yang menurutnya untuk mengambil keputusan untuk keluar.

Anji sendiri tidak ingin menjelaskan lebih lanjut tentang permasalahan ini. Tetapi di sisi lain, member Drive ini mengungkapkan kalau kurangnya komitmen Anji serta keinginannya untuk melakukan solo karir sebagai penyebab perpisahan mereka.

Pada saat melepas status sebagai Anji Drive, ia mulai merintis solo karirnya dengan single yang berjudul Resah Tanpamu (2011). Pada tahun itu juga, ia melunjurkan album solonya yang berjudul Luar Biasa.

Mengubah Nama Anji Drive Menjadi Anji Manji

Nama Manji mulai digunakan sejak April 2015. Manji sebenarnya merupakan panggilan dari anak-anak Wina utnuknya. Asalnya bersama dari kata Om Anji yang akhirnya di kreasikan dan dihilangkan huru O-nya.

Merasa nyaman dengan panggilan ini, Anji juga menggunakan nama tersebut sebagai nama panggung baru untuk melepaskan bayang-bayang Anji Drive yang terlajur melekat di dirinya.

Manji seolah menggambarkan simbol transformasinya untuk menjadi pribadi yang baru. Selain itu juga dari segi nama, ia melakukan perubahan dari segi musik serta penulisan liriknya.

Pada saat dulu menjadi Anji Drive ia sering membawakan lagu putus dan bertema sedih, tetapi kini lagu-lagunya memiliki lirik yang lebih positif.

Melepaskan Bayang-Bayang Drive Melalui Lagu Dia

Selama 2011-2015, Anji telah merilis 2 album. Album yang pertamanya adalah Luar Biasa berisi 9 lagu. Single andalannya adalah Ternyata Cinta yang pernah dipopulerkan Padi, Kekasih Terhebat, dan Berhenti di Kamu.

Luar Biasa sebenarnya cukup sukses di pasaran. Single Erdian Aji Prihartanto yang berjudul Berhenti di Kamu ini berhasil membawanya untuk memenangkan piala Artis Pendatang Baru terbaik di Anugerah Planet Musik Singapura 2012.

Akan tetapi, bayang-bayang Drive masih belum sepenuhnya lepas dari dirinya. Setiap ia manggung, para penonton masih sering memintanya untuk membawakan lagu-lagunya yang dahulu.

Menurut wawancara bersama salah satu media, presentase untuk permintaannya mencapai 80%. Hanya 20% yang memintanya untuk menyanyikan lagunya sendiri.

Tetapi, semua itu akhirnya telah berubah setelah lagu Erdian Aji Prihartanto yang berjudul Dia dirilis 12 April 2016. Lagu ini telah sukses baik dari segi penjualan digital, streaming Youtube, hingga RBT.

Lagu Dia bahkan telah ditonton lebih dari 100 juta kali. Single ini juga berhasil menjadi lagu Terseleb di Selebrita Award Indonesia 2016 mengalahkan Afgan.

Dia akhirnya menjadi pencapaian terbesarnya selama ia bekarya di bidang musik dan menjadi catatan tersendiri di dalam biodata Anji. Lagu ini sekaligus memberikannya identitas baru sebagai penyayi solo papan atas Indonesia. Semakin banyak juga orang yang mengenalnya sebagai Anji Manji bukan lagi Anji Drive.

Kehidupan Pribadi


Di luar kesuksesannya di bidang musik, kehidupan pribadi artis satu ini pernah perang dingin dengan fansnya Aliando juga sempat menjadi sorotan media. Terutama karena hubungannya dengan Sheila Marcia dan Wina Natalia.

Sheila Marcia

Pada April 2010, Anji membuat pengakuan yang mengejutkan jika dirinya adalah sesosok ayah biologis dari Leticia Charoltte Agraciana Joseph, anak Sheila yang lahir dua bulan sebelumnya. Padhaal, hubungan asmara keduanya sama sekali tidak pernah tercium oleh media.

Artis yang mempunyai hobi menulis lirik dari puisi ini malah justru diketahui sedang berpacaran dengan Rini Idol. Tetapi, ia mengaku siap untuk bertanggung jawab jika diminta untuk menikahi Sheila dan membesarkan Leticia.

Hanya saja, Sheila pada saat itu memilih untuk menjadi orang tua tunggal. Hubungan mereka sendiri akhirnya sempat terjalin baik. Anji juga sering membagikan fotonya bersama Leticia melalui media sosialnya.

Tetapi, keharmonisan mereka sempat terganggu karena Sheila memutuskan untuk membawa Leticia serta anak-anaknya untuk tinggal di Bali, Agustus 2017.

Anji sendiri telah mengungkapkan kekecewaannya melalui media sosial karena tidak diajak diskusi soal masalah ini. Anji juga mengungkapkan keinginannya untuk mendapatkan hak asuh putrinya.

Wina Natalia

Bukan hanya dengan Sheila, hubungan dengan Erdian Aji Prihartanto dan Natalia juga pernah mendapatkan sorotan. Tepatnya pada saat menjelang pernikahan mereka yang sedianya di gelar 11 Desember 2011.

Dua bulan sebelum hari H, Wina tiba-tiba saja berkomentar melalui Twitter lalu menuduh kekasihnya selingkuh dengan Raline Shah. Ia juga menyebut nama Anji suka melakukan kekerasan dan biasa menghamili perempuan tanpa tanggung jawab.

Mendengar tuduhan tersebut, Anji menyatakan batal menikah dengan Wina. Tetapi, Wina justru kecewa dengan keputusan tersebut. Melalui konferensi pers, ia mengakut sudah mengeluarkan uang ratusan juta untuk persiapan.

Anji sendiri akhirnya balik untuk menggelar konferensi pers untuk membantah semua tuduhan Wina. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada Raline yang sudah terseret pada masalah tersebut.

Karena masalah tersebut, sempat beredar gosip kalau hubungan keduanya telah berakhir. Tetapi, pada Maret 2012, Anji tiba-tiba saja mengaku kalau mereka sudah menika secara siri di awal tahun.

Pernikahan tersebut baru resmi di gelar pada tanggal 13 Juli 2012 secara tertutup. Mereka mengaku sengaja tidak membeberkannya secara besar-besaran karena sedikit trauma dengan kegagalan rencana sebelumnya.

Mengenal Lebih Dalam Melalui Biodata Anji Manji


Itulah biodata Anji Manji yang IndoKeppo bahas untuk kalian. Jadi kalian bisa lebih kenal dekat dengan artis yang suka memelihara ikan ini?

Selain biodata Anji Manji, ada juga musisi lainnya yang tidak kalah menarik untuk kamu ketahui. Diantaranya ada penyanyi yang berhasil sukses setelah berhasil keluar sebagai pemenang di Indonesia Idol yaitu Judika.