Sumber: Instagram (jaz_hayat)

Pada tahun 2016, dalam dunia musik Indonesia semakin ramai dengan adanya penyanyi baru yang berasal dari negara Brunei Darussalam yang bernama Jaz Hayat. Pria yang memiliki wajah ganteng ditambah lagi dengan suaranya yang memukau membuat pria ini mudah untuk mencuri hati para penggemarnya terutama para kaum perempuan. Apakah kamu ingin mengetahui kisah lebih lanjut mengenai kehidupannya? Jika iya, baca terus profil dan biodata penyanyi Jaz Hayat ini dengan lengkap!

Biodata Jaz Hayat


Nama Lahir : Aziz Hayat
Nama Panggung : Jaz
Tempat, Tanggal Lahir : Brunei Darussalam, 5 Maret 1993
Warga Negara : Brunei Darussalam
Profesi : Penyanyi

Pria yang mempunyai nama lengkap Aziz Hayat atau biasa akrab disapa Jaz merupakan seorang penyanyi solo bergenre pop dan Rnb. Walaupun menurut biodata dan profilnya ia merupakan warga negara Brunei Darussalam, Jaz Hayat sudah cukup sukses dalam merebut hati para penikmat musik tanah air. Pasalnya tidak hanya mudah untuk dihafalkan, liriknya juga berbahasa Indonesia.

Jaz sendiri menandai debut solonya di Indonesia setelah ia meluncurkan single yang berjudul Dari Mata pada Februari 2016. Melalui lagu singlenya itu ia berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik di SCTV Music Awards pada tahun 2017. Lagu itu juga sering diunduh dan diputar di acara-acara radio dan juga televisi.

Jaz yang tidak hanya merilis album single, ia juga sempat beberapa kali terlibat dalam proyek kolaborasi dengan penyanyi-penyanyi Indonesia yang lainnya. Ada beberapa di antaranya yaitu GAC, Isyana Sarasvati, Bunga Citra Lestari, dan Rizky Febian.

Pada tahun 2017 Jaz kembali membuat sebuah album single yang berjudul Kasmaran. Lagu tersebut tidak hanya diterima baik oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi lagu tersebut juga terjual sebanyak lebih dari delapan belas juta digital download, empat juga lebih banyak dari singlenya yang sebelumnya. Karena terlalu populernya, lagu yang berjudul Kasmaran ini berhasil meraih puncak chart musik Dahsyat dan Hard Rock FM pada bulan Maret sampai April tahun 2017.

Agar bisa sukses bernyanyi di negara lain pastinya tentunya tidaklah mudah. Oleh karena itu simak terus sampai habis profil dan biodata penyanyi Jaz Hayat ini! Siapa tahu setelah kamu membaca artikel ini sampai habis, kamu dapat belajar sesuatu dari perjalanan kariernya menjadi seorang penyanyi asal Brunei Darussalam ini.

Jaz Hayat Semasa Kecilnya

Jaz Hayat saat masih kecil bersama neneknya. Sumber: Instagram (jaz_hayat)

Pada artikel profil dan biodata Jaz Hayat ini kamu juga akan mengetahui bagaimana cerita singkatnya saat dirinya masih kecil. Jadi kamu dapat mengetahui, apa alasan dan juga motivasi pemuda asal Brunei ini memilih musik sebagai karier yang ditekuninya. Yuk, simak terus sampai habis artikel ini!

1. Belajar Bahasa Indonesia

Kalau kamu mau tahu bagaimana Jaz Hayat bisa lancar menggunakan bahasa Indonesia, dengan membaca artikel profil dan biodata ini merupakan langkah yang tepat. Setelah Jaz meluncurkan sebuah single Dari Mata, memang tidak banyak orang yang menduga kalau dirinya berasal dari negara Brunei. Tidak hanya membawakan lagunya, tetapi ia juga mampu berbahasa Indonesia dengan cukup lancar pada saat diwawancara.

Tidak seperti kebanyakan anak pada umumnya yang hidup dalam keluarga yang utuh dan harmonis, orangtua Aziz telah berpisah sejak ia masih berusia satu tahun. Setelah orangtuanya bercerai, ayahnya menikah lagi dengan wanita yang berasal dari Bogor, sementara ibunya masih memilih untuk tetap menjanda. Jaz yang pada saat itu masih berusia satu tahun kemudian harus tinggal bersama dengan neneknya di Brunei Darussalam.

Setelah ayahnya memilih untuk menikah lagi, tidak lama ayahnya pun pindah rumah ke Jakarta untuk mengikuti istri barunya. Saat Jaz memiliki waktu luang, Jaz sering berkunjung ke Indonesia untuk bertemu dengan ayahnya. Karena ia sering mengunjungi ayahnya yang tinggal di Jakarta, lama-kelamaan ia pun menjadi fasih berbicara bahasa Indonesia.

Baca Juga: Profil dan Biodata Ariel Tatum

2. Jaz Dirawat oleh Neneknya Sejak Masih Bayi

Pada saat diwawancara di salah satu program televisi, penyanyi lagu Kasmaran ini mengaku kalau orang yang paling berjasa baginya adalah neneknya. Bagi Jaz, neneknya sudah menjadi ayah sekaligus ibunya karena telah merawatnya saat Jaz masih berumur satu tahun.

Neneknya tidak hanya mengasuhnya, terlebih neneknya orang yang selalu mendukungnya dalam bermusik. Pada saat masih remaja, neneknya yang membelikan Aziz gitar dan juga kebutuhan musik lain agar Aziz dapat belajar musik dengan giat.

Oleh karena itu, Jaz Hayat sangat terpukul ketika sang nenek meninggal pada tahun 2013. Jaz yang terlalu sedih dengan kehilangan orang yang paling berjasa, pada tahun 2016 ia sampai mem-posting foto neneknya di akun sosial media Instagramnya dengan caption, "Tidak ada kata lain selain rindu kepadamu. Merindukanmu adalah makanan sehari-hariku, Menangis jika kuingat senyum manismu."

3. Timnas Brunei U-16


Sebelum kamu membaca profil dan biodata Jaz Hayat ini, Apakah kamu tahu kalau awalnya ia merupakan seorang atlet? Tidak tanggung-tanggung, ia bahkan pernah sampai masuk ke dalam timnas junior di Brunei Darussalam lho!

Pada saat Jaz di undang ke sebuah acara televisi, Jaz memang pernah menceritakan kalau sejak ia kecil selain bermusik ia sedang bermain sepak bola. Saat dirinya masih SMP, ia lebih memilih untuk menekuni dunia tersebut lalu terpilih ke dalam timnas junior Brunei Darussalam.

Hal yang sangat disayangkan, karena kesibukannya dengan dunia sepak bola, pada akhirnya pelajarannya jadi terganggu di sekolah. Saat ia duduk di bangku SMA, nenek dan ayahnya memintanya untuk berhenti bermain sepak bola. Sebab menurut mereka selain dapat menggangu pelajaran yang utama, karier dalam bidang sepak bola juga terlalu menjanjikan pada saat itu.

Jaz Hayat pun akhirnya menuruti permintaan tersebut dan lebih memilih untuk menekuni bidang musik. Pada awalnya ayahnya tidak setuju dengan pilihan karier Jaz di bidang musik. Tetapi siapa yang menyangka kalau musik menjadi hal yang telah berhasil membesarkan namanya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Virgoun

Karier Jaz Hayat dalam Bermusik


Sumber: Instagram (jaz_hayat)

Pada artikel profil dan biodata Jaz Hayat ini, IndoKeppo akan membahas perjalanan kariernya dalam bermusik dari awal. Oleh karena itu, kamu harus simak terus artikel ini sampai habis agar kamu bisa mengetahui proses dan juga makna dari lagu-lagu lelaki yang berasal dari Brunei ini.

1. Menyanyi di Acara Pernikahan

Setelah dirinya berhenti dari dunia sepak bola dan lebih serius dalam bermusik, penyanyi yang mempunyai wajah ganteng ini awalnya menjadi penyanyi di acara-acara pernikahan atau wedding singer. Selain itu, ia juga sering membuat video cover lagu-lagu orang lain di YouTube.

Jaz Hayat yang puas dengan membuat cover lagu orang lain, akhirnya dirinya menulis dan membuat lagu pertamanya yang berjudul I Stalk Your Profile. Lagu tersebut ia rekam menjadi sebuah video dan diunggah di YouTube pada tahun 2013. Ternyata lagu tersebut berhasil membuat banyak orang yang suka dan membagikan video tersebut.

Berkat video tersebut, dirinya diundang untuk menyanyi di sebuah acara Anugerah Planet Muzik 2013. Pada acara tersebut merupakan ajang penghargaan musik untuk musisi-musisi dari Indonesia, Brunei, Malaysia dan Singapura. Penampilan Jaz pada acara tersebut ternyata menarik perhatian perwakilan Sony Music Indonesia, sehingga mereka pun menawarkan kontrak rekaman kepadanya.

2. Masa Vakum

Kalau kamu masih ingat, pada bagian masa kecil dari profil dan biodata ini disebutkan kalau nenek Jaz Hayat meninggal pada tahun 2013. Peristiwa duka tersebut terjadi tidak lama setelah acara Anugerah Planet Muzik dan penawaran kontrak dari Sony Music.

Saat di wawancara, Jaz mengaku pada saat itu ia sangat bersedih karena sudah kehilangan orang yang telah membesarkannya. Sampai-sampai ia harus berhenti bermusik selama lebih dari satu tahun. Beruntungnya berkat dukungan dari orang-orang terdekatnya, dirinya kembali bernyanyi dan memutuskan untuk tetap menekuni bidang musik.

3. Single Lagu yang Berjudul Dari Matamu (2016)

Setelah dirinya melewati masa vakum dan beradaptasi dengan dunia musik Indonesia, Jaz mengeluarkan sebuah album yang diberi judul Dari Matamu pada tahun 2016. Singlenya yang bergenre pop Rnb ini merupakan sebuah karya dengan lirik dan aransemen musiknya ditulis sendiri oleh Jaz.

Lagunya yang berjudul Dari Matamu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang jatuh cinta pada pandangan pertama. Walau lagunya memiliki pesan romantis, ternyata inspirasi lagu ini justru muncul ketika Jaz sedang bergurau dengan sahabatnya. Dari bercandaannya tersebut, lahirlah lirik lagu tersebut.

Dirinya mengaku kalau pengumpulan materi lagu untuk single Dari Matamu ini cukup lama. Hanya menentukan melodi dasarnya saja yang menghabiskan waktu empat bulan. Ditambah lagi proses rekamannya yang memakan waktu lama.

Baca Juga: Profil dan Biodata Nagita Slavina

4. Single Lagu Kasmaran (2017)

Seperti yang telah IndoKeppo sebutkan pada pembukaan artikel profil dan biodata Jaz Hayat, lagunya yang berjudul Kasmaran ini berhasil mendapatkan kesuksesaan single sebelumnya. Terbukti, setelah dirilis sebagai digital single, lagu ini telah diunduh sebanyak delapan belas juta kali. Kira-kira empat juta kali lebih banyak dari single lagu pertamanya. Tidak hanya itu saja, lagunya juga semakin menjadi terkenal karena sering diputar di mana-mana, baik itu di radio, televisi maupun YouTube.

Lagu Kasmaran ini berbeda dengan single yang sebelumnya yang merupakan lagu ciptaannya sendiri, Kasmaran ditulis oleh Panji Sakti dan Bowo Soulmate. Sementara itu aransemen musiknya dibantu oleh Ari Renaldi.

Penyanyi yang berasal dari Brunei ini mengaku kalau membawakan lagu buatan orang lain jauh lebih sulit dibanding buatannya sendiri. Oleh sebab itu pada saat proses rekaman Kasmaran ia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk take vokal demi membangun chemistry.

5. Single Lagu Teman Bahagia (2018)

Sumber: Instagram (jaz_hayat)

Pada Februari 2018, Jaz Hayat kembali menelurkan sebuah single yang berjudul Teman Bahagia. Lagu ini masih membahas seputar cinta ini menceritakan tentang romantisnya hubungan dari jarak jauh. Berbeda dari dua single yang sebelumnya kental dengan nuansa RnB, single ini hanya diiringi alat musik akustik.

Lagunya yang berjudul Teman Bahagia merupakan lagu yang ditulis oleh Ramadhan Handy dan Asta Handoko dari RAN. Sementara itu musiknya di aransemen oleh Ari Renaldo. Single ini mengatarkan Jaz untuk mendapatkan penghargaan di Anugerah Planet Muzik 2018 untuk penghargaan kategori Kolaborasi Terbaik.

Baca Juga: Profil dan Biodata Judika

6. Original Soundtrack Milly & Mamet

Pada November 2018, Jaz merilis sebuah lagu yang berjudul Berdua Bersama dan Luluh yang menjadi soundtrack pada film drama komedi Milly & Mamet. Berkat lagu-lagu dari Jaz Hayat tersebut, film besutan Ernest Prakasa ini telah sukses mendapatkan penghargaan Best Theme Song dari Maya Awards.

Kedua lagu soundtrack tersebut merupakan hasil karya dari Jaz yang dibantu oleh Aldi Nada Permana. Lagu yang berjudul Berdua Bersama ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang bahagia karena selalu bisa bersama. Sementara itu, Luluh menceritakan tentang pertengkaran dalam hubungan asmara.

7. Alasan Jaz Hayat Memilih Berkarier di Negara Indonesia

Mungkin ada beberapa dari kalian yang membaca profil dan biodata Jaz Hayat ini karena penasaran dengan alasan Jaz Hayat memilih untuk berkarier di Indonesia. Ternyata, alasannya adalah karena ia menilai masyarakat Indonesia memiliki kultur musik yang lebih baik dibandingkan Brunei.

Jaz juga menjelaskan dalam sebuah wawancara, kalau di Brunei acara musik yang terbuka itu sangat jarang. Acara musik biasanya hanya khusus diperuntukkan bagi undangan atau orang-orang tertentu. Sementara di Indonesia, banyak konser terbuka dan acara musik di televisi, sehingga bagus untuk perkembangan karier bagi musisi baru.

Kisah Percintaan Jaz Hayat


Sumber: Instagram (jaz_hayat)

Pria yang memiliki suara emas, karier yang sukses, ditambah lagi dengan wajah yang ganteng, tentunya wajar saja jika Jaz banyak disukai para wanita. Kira-kira bagaimana ya kehidupan cinta laki-laki yang berasal dari Brunei ini? Ayo, simak terus cerita cintanya yang menarik pada profil dan biodata penyanyi satu ini!

1. Pejuang LDR

Sebelum kamu membaca artikel profil dan biodata ini, apakah kamu tahu kalau Jaz Hayat pernah menjadi pejuang LDR? Setelah Jaz pindah ke Jakarta pada tahun 2013, Jaz ternyata harus menjalani hubungan jarak jauh dengan seorang perempuan dari negaranya yang bernama Mim Zukiflee. Beberapa kali penyanyi ini mengumbar kemesraan mereka di media sosial.

Sangat disayangkan, hubungan mereka harus kandas pada tahun 2016. Dalam sebuah wawancara, Jaz Hayat mengaku kalau sulitnya komunikasi dan jarak merupakan masalah utama yang membuat hubungan keduanya tidak berjalan lancar. Saat single lagunya yang berjudul Teman Bahagia rilis, banyak fans Jaz yang merasa kalau lagu tersebut merupakan curhatan sang penyanyi saat masih berpacaran dengan Mim.


2. Berpacaran dengan Finalis Puteri Indonesia

Setelah hubungan LDRnya harus berakhir, pelantun lagu Dari Mata ini menjalani masa jomblo yang cukup lama. Sampai pada April 2018, penyanyi yang mempunyai nama asli Aziz Hayat ini menderita penyakit tipes dan kelelaha berlebih sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Pada saat dirinya dirawat, muncul beberapa postingan Instagram story Jaz yang menunjukkan dirinya di rumah sakit bersama dengan seorang wanita. Usut punya usut, ternyata wanita yang bernama Karina Basrewan yang ada pada postingannya itu merupakan pacarnya Jaz.

Saat di wawancara, keduanya sempat menceritakan keinginannya untuk melangkah ke hubungan yang lebih serus lagi. Hal tersebut bisa dilihat di beberapa kesempatan, Jaz dan orangtua Karina sudah sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama.

Apakah Sudah Siap Menjadi Fans Jaz Hayat Setelah Membaca Profil dan Biodata Ini?


Artikel yang membahas profil dan biodata Jaz Hayat ini, apakah sudah menjawab semua rasa penasaranmu mengenai siapa pacarnya, perjalanan karier, serta karya-karyanya? Setelah kamu membacanya, apakah kamu jadi semakin nge-fans dengan penyanyi muda yang berasal dari Brunei ini?

Kamu tidak boleh hanya nge-fans dengan penyanyinya saja, pelajari dan tirulah bagaimana Jaz bisa sukses dalam berkarya di bidang yang ia sukai. Tidak hanya ketekunan, kamu juga mesti mencontoh keberaniannya dalam mengejar mimpi. Agar bisa menjadi seorang penyanyi profesional yang sukses, ia berani merantau jauh dari rumahnya.