Profil dan Biodata Virgoun
Sumber: Instagram (virgoun_)

Pria yang bernama Virgoun merupakan salah satu penyanyi asal Indonesia yang cukup disukai oleh anak muda. Lagu-lagunya yang terdengar sedih dan enak didengar ini berhasil mendapatkan tempat tersendiri di hati para penggemarnya, contohnya saja lagu Surat Cinta untuk Starla dan Bukti. Ingin tahu lebih lengkap perjalanan hidup, profil, dan biodata Virgoun pada ulasan biografi ini? yuk langsung aja simak terus ulasan dibawah ini.

Biodata Virgoun

Nama Lahir : Virgoun Putra Tambunan
Nama Panggung : Virgoun
Tempat, Tanggal Lahir : Bekasi, 26 September 1986
Warga Negara : Indonesia
Profesi : Penyanyi, Penulis Lagu
Pasangan : Inara Idola Rusli
Anak : Starla Rhea Idola Virgoun, Faithlee As-Sya'ir Virgoun

Dari banyaknya musisi berbakat yang ada di Indonesia, Virgoun yang adalah salah satu musisi yang biodatanya bisa kamu baca pada artikel ini termasuk juga penyanyi yang bisa dikatakan produktif. Bagaimana tidak? Pria berdarah Batak ini sudah menciptakan banyak lagu yang disukai banyak orang.

Jauh sebelum Virgoun memutuskan untuk bersolo karier pada tahun 2016, laki-laki berkelahiran Bekasi itu telah mengawali karier bermusiknya bersama band Last Child yang dibentuk pada awal tahun 2006. Beberapa lagu yang mereka bawakan pun cukup laris di pasaran, seperti Diary Depresi, Pedih, dan Seluruh Nafas Ini.

Band tersebut sering kali mengalami gonta ganti personil, bahkan Virgoun sendiri sempat digosikan keluar dari Last Child. Tetapi, berita tersebut tidak terbukti kebenarannya karena sang vokalis tidak memberikan pernyataan secara resmi kalau dia keluar.

Virgoun tidak hanya sukses nge-band, kariernya meledak saat ia memutuskan untuk bersolo karier. Saat pertama kalinya, single solo perdananya yang berjudul Surat Cinta untuk Starla berhasil mencetak rekor di YouTube sebagai video yang telah di lihat lebih dari 100 juta penonton dan mendapatkan label The First Local Music Video Ever Reached 100MIO+ Views in Indonesia.

Penyanyi satu ini juga mendapatkan penghargaan di ajang Lagu Paling Ngetop di ajang SCTV Music Awards 2017 dan Lagu Terdahsyat dalam acara Dahsyatnya Awards 2018. Kesuksesan lagu satu ini pun disusul single Virgoun yang berjudul Bukti yang diunggah di YouTube berhasil meraih lebih dari 200 juta penonton.

IndoKeppo tidak hanya membahas biografi mengenai perjalanan kariernya, pada biodata ini juga akan membahas profil keluarga Virgoun dan alasan dirinya berpindah keyakinan. Penasaran bukan seperti apa kisah selanjutnya? Yuk, langsung saja baca terus informasi lengkapnya di bawah ini!

Masa Kecil hingga Remaja


Sumber: Instagram (virgoun_)

Sebelum kami memberikan sajian biografi kesuksesan Virgoun di dunia musik, pada profil dan biodata ini pun kami akan menyajikan kisah masa kecil hingga remajanya terlebih dahulu. Pria yang mempunyai nama lengkap Virgoun Putra Tambunan ini lahir di Bekasi, 26 September 1986.

Virgoun menghabiskan masa kecilnya di pinggiran kota kelahirannya. Pada saat teman-temannya lebih senang untuk menghabiskan sore harinya dengan bermain sepeda, ia lebih senang naik pohon. Hal tersebut dia ungkapkan dalam sebuah video wawancara yang berjudul Cerita dari Titik Nol yang diunggah pada akun YouTube Last Child.

Cita-citanya bukanlah menjadi penyanyi, waktu kecil Virgoun sempat bercita-cita menjadi pilot. Dia terinspirasi dari beberapa saudara ibunya yang berprofesi sebagai pilot tempur Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) dan pilot komersial. Pada waktu ia kecil ayah dan ibu Virgoun telah berpisah, sehingga dirinya menjadikan saudara laki-laki ibunya tersebut sebagai panutan.

Virgoun juga bercerita kalau ibunda yang berstatus sebagai single parent dulu sering sekali memarahinya. Bukan tanpa alasan, beliau marah karena ia beberapa kali merusakkan benda-benda di rumah atau membolos sehingga ibunya sering dipanggil oleh pihak sekolah.

Walaupun ibunya terbilang orang yang cukup sibuk karena harus bekerja sebagai penyanyi pub, Virgoun saat masih kecil sangat dekat dengan wanita yang sudah melahirkannya tersebut. Selain itu, ia juga dekat dengan kakaknya.

Saat Virgoun beranjak remaja, ibunya tidak dapat bekerja lagi sebagai penyanyi pub karena usianya semakin menua. Peran tersebut kemudian digantikan oleh sang kakak yang memutuskan untuk bekerja setelah lulus SMA.

Dengan penghasilannya, kakaknya akhirnya dapat menghidupi Virgoun dan menyekolahkannya hingga perguruan tinggi. Banyak didikan dan nasihat yang dia ingat dari sang kakak, contohnya harus tepat waktu dan bekerja secara profesional. Kurang lebih itulah cerita mengenai masa kecil hingga remaja Virgoun yang bisa kamu baca pada artikel biodata ini.

Perjalanan Karier


Sumber: Instagram (virgoun_)

1. Awal Karier

Setelah puas membahas biografi mengenai kehidupan pribadi Virgoun, dalam profil dan biodata ini juga akan mengulas perjalanan karaier sang penyanyi yang penuh tantangan. Virgoun sendiri mengaku sempat mengorbankan kuliahnya agar bisa nge-band.

Lelaki yang mempunyai badan tambun ini harus berbohong pada kakaknya selama satu setengah tahun. Ia menggunakan uang semesteran maupun uang hariannya untuk membeli alat musik dan membuat demo lagu. Hingga suatu saat, dia pun mendapatkan surat drop out (DO) dari pihak universitas.

Dari sanalah Virgoun benar-benar meninggalkan dunia kampus dan mulai fokus pada band-nya tersebut, Last Child. Terlalu berkesannya, ia ingat sekali honor pertama yang diterimanya, yaitu Rp 15.000. Selain dibayar murah, pria ini juga pernah kesetrum saat manggung.

Baca Juga : Profil dan Biodata Iwan Fals

2. Last Child

Pada biografi kali ini akan menjelaskan juga profil band yang digawangi oleh Virgoun, yaitu Last Child. Pecinta musik beraliran pop rock tanah air ini mungkin sudah tidak asing lagi kalau mendengar grup musik yang satu ini. Pemilihan nama Last Child sendiri tidak memiliki makna khusus bagi anggotanya. Pada saat itu usia mereka masih muda sehingga belum terlalu memikirkan filosofi nama.

Grup yang dibentik pada 11 Januari 2006 ini sempat bongkar pasang personil. Awalnya, anggota band ini terdiri dari Virgoun (vokal & gitar), Dimas Rangga (bass & vokal), dan Ari Ceper (drum). Mereka pun sempat mengikuti beberapa ajang pencarian band berbakat hingga akhirnya lolos dari audisi.

Satu tahun sudah, grup musik ini mengeluarkan mini album perdana yang berjudul Grow Up (2007) di bawah label indie Crazy Monkey. Album ini terdiri dari sepuluh lagu dengan Diary Depresi sebagai lagu andalan. Penyanyi satu ini begitu disukai kawula mudah terutama Last Friends, sebutan untuk para penggemar Last Child.

Pada pertengahan tahun 2009, band ini merekrut Yodi sebagai pemain gitar agar warna musik band ini semakin kaya. Pada tahun ini juga, mereka mengeluarkan album kedua yang berjudul Everything We Are Everything yang dinaungi oleh label Fake Records.

Di album kedua itu, Last Child mendaur ulang enam lagu sebelumnya, seperti Diary Depresi, Pedih dan Anak Kecil. Sedangkan tambahan lagu barunya yaitu Kembali (Selalu), Penantian, dan Lagu Terakhir. Mereka semakin dikenal masyarakat luas karena lagu-lagu tersebut dan mendapatkan banyak tawaran manggung.

Tidak bertahan lama, dua anggota band ini (Ari dan Yodi) pun mengundurkan diri. Sehingga ketika ingin mengeluarkan album ketiga di tahun 2012, anggota yang tersisa hanya Virgoun dan Dimas. Keduanya dibantu oleh Mamie dan Ipank Rizki sebagai pengganti personel yang sudah keluar.

Kesuksesan album sebelumnya semakin menambah semangat Last Child dalam merilis album ketiga yang diberi judul Our Biggest Thing Ever. Album yang dibawahi label Music Factory Indonesia dan Dr. M ini rilis pada 25 Januari 2012 dengan lagu utama yang berjudul Seluruh Nafas Ini yang dinyanyikan bersama dengan Gisella Anastasia, jebolan Indonesia Idol 2008.

3. Gosip Keluar dari Last Child

Kamu masih belum lelah menyimak profil dan biodata Virgoun ini, kan? Selanjutnya, kami akan membahas mengenai kabar keluarnya Virgoun dari Last Child. Menjelang akhir tahun 2016, terdengar kabar tidak sedap dari grup musik satu ini.

Ada beberapa media online menyebutkan kalau alasan Virgoun ini mengundurkan diri dari Last Child adalah karena masalah internal band. Melalui salah satu unggahan pada akun instagram miliknya, pria yang berdarah Batak ini seolah mengisyaratkan keluar dari Last Child. "I'm done. Let this begin. Sebuah akhir untuk awal yang baru," tulisnya yang kemudian mewarnai kolom komentar dari fans.

Banyak pihak yang menyayangkan kalau rumor tersebut benar adanya. Mereka lalu meminta dirinya untuk bertahan bersama Last Child. Permintaan tersebut terkabul pada pertengahan tahun 2017. Dia menyatakan kalau tidak akan meninggalkan band yang sudah membesarkan namanya tersebut walaupun saat itu lebih memilih untuk bersolo karier.

4. Solo Karier

Pada artikel biografi ini, IndoKeppo juga akan membahas mengenai kisah solo karier Virgoun. Pada tahun 2016, musisi berbakat ini mencoba peruntungannya dengan menyanyikan lagu ciptaannya sendiri. Di luar dugaan, single solo perdana yang diberi judul Surat Cinta untuk Starla ini disukai banyak orang.

Videoklipnya yang telah diunggah pada channel YouTube Last Child ini pun sudah ditonton lebih dari 200 juta orang. Tidak tanggung-tanggung, lagu yang diciptakan untuk sang anak tersebut telah menyabet dua penghargaan sekaligus di ajang SCTV Music Awards 2017. Kategori yang dimenangkan yaitu Lagu Pop Paling Ngetop dan Videoklip Paling Ngetop.

Lagu ini sendiri bercerita mengenai ketulusan cinta seseorang pada orang yang disayanginya. Walaupun terkesan seperti lagu cinta, sejatinya lagu tersebut ditujukan untuk anaknya yang bernama Starla sebagai ungkapan sayang sang ayah pada si buah hati.

Sukses dengan lagu pertama, sekitar akhir tahun 2017 Virgoun mengeluarkan single kedua yang berjudul Bukti. Tidak kalah dengan lagu sebelumnya, lagu yang dia persembahkan ini untuk sang istri juga disukai banyak anak muda. Belum sampai sepekan, unggahan videoklipnya sudah berhasil tembus empat juga penonton.

Terlalu banyak penggemar yang menyukai lagunya, single Bukti mulai di-cover banyak orang hingga akhirnya Virgoun mengeluarkan kebijakan yang sempat menuai pro dan kontra dari warganet. Isinya yaitu lagu ini boleh di-cover asalkan mendapatkan izin dari pihak yang bersangkutan. Selain itu, dia juga tidak memberikan izin atas pembuatan video parodi dari karyanya tersebut.

Setelah lagu-lagu yang ia ciptakannya sempat sukses dan viral, di akhir tahun 2017 pula Virgoun merilis sebuah album yang berjudul Surat Cinta untuk Starla. Album tersebut terdiri dari 10 lagu kompilasi hasil ciptaannya. Selain dua single sebelumnya, dia juga memasukan beberapa lagu baru, seperti Tidak Pernah Ternilai, Dunia Untukmu, dan Duka.

Dalam penggarapannya, Virgoun kembali melibatkan band Last Child. Pada saat peluncuran album kompilasi tersebut, ia menegaskan kalau proyek solonya sudah selesai. Selanjutnya, laki-laki ini berencana akan kembali bermusik dengan band yang telah membesarkan namanya tersebut.

Baca Juga : Profil dan Biodata Anji Manji

5. Proyek Berjudul Walau Lewat Luka

Masih bersemangat-kan untuk membaca artikel biografi Virgoun ini? Seolah tidak puas dengan kesuksesan album Surat Cinta untuk Starla, pada akhir tahun 2018 Virgoun membuat proyek seri lagu yang berjudul Meski Lewat Luka. Secara keseluruhan, rangkaian lagu tersebut menceritakan tentang cinta dan penyesalan.

Proyek tersebut terdiri dari empat bagian yang memiliki cerita yang saling berhubungan, begitu juga dengan videoklipnya. Empat lagu di antaranya adalah Bermain dengan Hari, Saat Hatiku Bertanya, Move On, dan Selamat (Selamat Tinggal).

Virgoun tidak hanya bernyanyi sendiri, ia juga menggandeng penyanyi Audy Item. Keduanya menyanyikan lagu chapter keempat yang berjudul Selamat (Selamat Tinggal). Dia menyampaikan kalau lagu tersebut menceritakan tentang cinta, pilihan, dan penyesalan.

Itulah tadi kisah lika-liku karier Virgoun dalam dunia musik yang bisa kamu ketahui di profil dan biodata ini. Setelah membacanya, apakah biografi kesuksesan Virgoun tersebut berhasil memberimu banyak inspirasi?

Pernikahan Virgoun


Sumber: Instagram (virgoun_)

Selain kamu bisa mengetahui biografi mengenai masa kecil, remaja, dan perjalanan kariernya, pada profil dan biodata Virgoun ini kamu mungkin penasaran dengan pernikahan dan keluarganya. Penyanyi yang memiliki suara sendu ini menikah dengan wanita yang telah dipacaranya selama dua tahun, yaitu Inara Idola Rusli, pada tanggal 14 Desember 2014.

Inara sendiri merupakan mantan member girlband Bexxa yang terbentuk sekitar November 2011. Pengambilan nama Bexxa sendiri merupakan singkatan dari beauty and extraordinary yang kemudian selalu disematkan di belakang nama anggotanya yang terdiri dari 8 orang tersebut.

Inara yang meninggalkan dunia menyanyi, ia juga sempat mencoba dunia akting. Tetapi setelah menikah dengan Virgoun, perempuan kelahiran Jakarta, 19 Februari 1993 ini lebih fokus untuk mengurusi keluarganya. Tidak hanya itu, ia juga sempat memutuskan untuk berhijab serta memakai cadar.

Semenjak ia memutuskan untuk berhijrah, Virgoun dan istrinya terlihat lebih religius. Keduanya juga gemar megnkaji ajaran Islam. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai dua anak yang diberi nama Starla Rhea Idola Virgoun dan Faithlee As-Sya'ir Virgoun. Well, apakah ada pelajaran yang dapat kamu ambil dari informasi biografi keluarga Virgoun tersebut?

Masuk Agama Islam


Sumber : Instagram (virgoun_)

Pada profil dan biodata Virgoun ini, IndoKeppo juga akan menjelaskan biografi mengenai perjalanan sang penyanyi dalam memeluk agama Islam. Berawal dari perbincangannya dengan kakak iparnya, sekitar tahun 2013 ia kemudian ditantang untuk membaca terjemahan Alquran.

Virgoun mulai membaca lembar demi lembar terjemaran Alquran hingga pada lembar kelima, Virgoun mulai mengerti makna ayat yang dibacanya. Dari sanalah, vokalis band Last Child ini mulai tertarik untuk mendalami ajaran Islam.

Selain bertanya kepada orang yang dianggapnya paham tentang ajaran Islam, dia juga sering sekali mengikuti kajian-kajian dari beragam sumber. Hanya membutuhkan waktu sekitar 7 atau 8 bulan, Virgoun kemudian memutuskan untuk menjadi mualaf.

Suami dari Inara ini juga sempat bertemu dengan Syeikh Ali Jabber untuk berdiskusi tentang agama baru yang dianutnya dan keyakinan sebelumnya. Setelah Virgoun mendapatkan penjelasan, dia kemudian meminta syeikh tersebut menjadi saksi syahadanya.

Setelah Virgoun memeluk agama Islam, ia tidak pernah berhenti mempelajari Alquran. Menurutnya, agama yang dianutnya sekarang mampu untuk memberikan jawaban atas problematika kehidupan yang dihadapinya selama ini. Terlebih istrinya juga merupakan seorang muslim dan dia harus membimbingnya.

Keputusan besarnya ini juga sempat ditentang oleh keluarga besarnya, terutama sang ibu. Tetapi, Virgoun berusaha menjelaskan kalau di usianya saat itu ia bebas untuk menentukan pilihan, termasuk dalam hal keyakinan.

Akhirnya, ibunya perlahan mulai menerima langkah yang diambil oleh anaknya. Terlebih perilaku penyanyi lagi Diary Depresi ini juga sudah berubah menjadi lebih positif semenjak ia memutuskan untuk menjadi mualaf. Ngomong-ngomong, apakah kisah Virgoun pada profil dan biodata ini dapat menyentuh hatimu?

Baca Juga : Profil dan Biodata Iqbaal Ramadhan

Pesan yang Dapat Diambil dari Profil dan Biodata Virgoun pada Artikel Biografi Ini


Bagaimana? Apakah profil dan bidoata Virgoun yang telah dirangkum pada artikel biografi di atas sudah berhasil menjawan rasa penasaranmu mengenai penyanyi bintang satu ini? Kira-kira, pesan apakah yang dapat kamu ambil dari kisah hidup vokalis Last Child ini?

Melalui biodata Virgoun, kita dapat mencontoh semangatnya dalam berkarier di dunia musik. Walau sudah sukses menjadi solois, penyanyi bakat ini juga tidak lantas melupakan band yang telah membesarkan namanya. Virgoun tetap setiap pada teman-temannya yang tergabung dalam Last Child.