Profil dan Biodata Afgansyah Reza
Sumber: Instagram (afgansyah.reza)

Pria yang bernama Afgan ini sering menjadi topik berita pada acara gosip karena penyanyi yang satu ini agak tertutup kalau mengenai hubungan asmaranya. Padahal tidak hanya hubungan asmaranya saja yang membuat penasaran, tetapi masih banyak lagi bagian dari kisah hidupnya yang menarik untuk di ketahui. Apa sajakah itu? Yuk, baca terus informasi kisah selengkapnya hanya di IndoKeppo.

Biodata Afgansyah Reza


Nama Asli : Afgansyah Reza
Nama Panggung : Afgan
Tempat, Tanggal lahir : Jakarta, 27 Mei 1989
Warga Negara : Indonesia
Profesi : Penyanyi, Aktor
Orangtua : Loyd Yahya (Ayah), Lola Purnama (Ibu)

Afgansyah Reza atau yang biasa akrab disapa Afgan ini merupakan salah satu penyanyi pria papan atas Indonesia yang juga bekerja sebagai penulis lagu dan pemain film. Kariernya sebagai seorang penyanyi yang bersuara serak serak basah ini meledak setelah merilis single debutnya yang berjudul Terima Kasih Cinta (2008).

Lagu hits keduanya yang berjudul Sadis (2008) juga ikut memantapkan posisinya di blantika musik tanah air sebagai penyanyi pendatang baru terpopuler. Lagu yang berjudul Sadis ini pun berhasil meraih penghargaan MTV awards 2008 dalam kategori Most Favorite Male Artist.

Tidak heran kalau album debutnya yang berjudul Confession No. 1 (2008) laris manis di pasaran dan banyak sekali meraih penghargaan salah satunya SCTV Musik Awards 2009 dalam kategori album solo pop terkenal.

Tidak hanya album pertamanya saja yang meledak, tetapi album kedua dari Afgan The One (2010) juga diterima sangat baik oleh publik. Melalui lagu yang berjudul Bukan Cinta Biasa, Dia...dia...dia dan Bawalah Cintaku, yang semuanya dirilis pada tahun 2010, ia berhasil mendapatkan banyak penghargaan.

Beberapa penghargaan yang pernah ia dapatkan adalah Nickeledon Kids Choice 2010, Indonesia Movie Awards 2010, Indosat Awards dan lainnya. Total sampai pada tahun 2017, Afgansyah Reza telah membuat 4 album.

Selain di bidang musik, Afgan juga memiliki bakat dalam berakting. Apakah kamu ingin tahu film apa saja yang pernah ia bintangi? Jika iya, lanjutkan membaca biodata Afgansyah Reza berikut ini.

Pasalnya pada biodata Afgan berikut ini, kamu bisa mendapatkan hal-hal yang jarang kamu temukan di tempat lain.

Kehidupan Pribadi


Ada pepatah yang mengatakan kalau buah tidak jatuh dari pohonnya. Tetapi, sepertinya hal tersebut tidak berlaku jika kamu membaca biodata Afgansyah Reza lengkap ini.

Keluarga

Profil dan Biodata Afgansyah Reza
Afgan dan keluarganya sedang berlibur di Chapel Bridge, Swiss. Sumber: Instagram (afgansyah.reza)

Tidak sama halnya seperti Isyana Sarasvati yang mempunyai bakat bermusiknya diturunkan oleh orang tuanya. Pria yang sempat bersekolah di Universitas Indonesia ini justru orang tuanya tidak ada yang memiliki ketertarikan dalam musik.

Tidak banyak yang mengetahui hal ini ya kalau kedua orang tua Afgan adalah dokter. Wajar saja, kalau penyanyi ini memang jarang sekali untuk memasang foto keluarga di Instagram Afgansyah Reza.

Penyanyi yang mempunyai wajah ganteng ini lahir dari pasangan dr Loyd Yahya dan dr Lola Purnama. Walaupun sama sama ahli dalam bidang media, tetapi karakter keduanya sangatlah berbeda.

Afgan pernah menceritakan kepada salah satu media cetak kalau ayahnya adalah orang yang sangat santai. Ia menyebut kalau ayahnya bukanlah tipe ngoyo dan selalu tenang bila sedang menghadapi masalah dalam hidup.

Berbanding terbalik dengan sang ibunda. Ibundanya Afgan termasuk orang yang over protective terhadap anak. Maklum, mungkin karena ibunya sangat sayang terhadap anaknya.

Tetapi terkadang ia juga sempat tidak nyaman dengan sikap Ibunya ini. Pernah suatu ketika ibunya panik luar biasa saat ia yang masih berumur 19 tahun, belum pulang pada jam 10 malam.

Padahal ia sendiri sudah mengijinkan untuk nongkrong bersama teman-temannya. Tetapi perbedaan cara pengasuhan tersebut malah membuat penyanyi muda ini menilai keluarganya unik.

Nah, dari orang tuanya sekarang kita beralih ke hal lain tentang biodata Afgan. yaitu mengenai saudaranya. Jarang di ekspos media membuat orang tidak mengetahui siapa saja keluarga dari penyanyi satu ini.

Ternyata, Afgan adalah anak kedua dari empat bersaudara. Kakak perempuannya bernama Dhery Kharisma. Lalu, ia juga memiliki dua adik perempuan dan laki-laki yang bernama Dhika Claresta dan Arsya Satya Yudha.

Keluarga besarnya berasal dari Minang. Karena itulah kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk meraih kesuksesaan menjadi pekerja kantoran atau dokter. Dibandingkan terjun ke industri hiburan seperti dirinya.

Semasa Sekolah

Meskipun mempunyai orang tua yang berdarah padang, tetapi sejatinya pria yang lahir pada bulan Mei 1989 ini adalah asli warga Jakarta. Pria yang mempunyai lesung pipit ini lahir dan tumbuh besar di kota Metropolitan.

Pada saat masih kecil Afgan bersekolah di SD Islam Sudirman. Setelah lulus, dirinya melanjutkan ke SMP Sudirman. Dari SD sampai SMA, ia terkenal pintar. Buktinya ia selalu masuk ke dalam peringkat 10 besar di kelasnya.

Tetapi, pada saat ia duduk di bangku SMA, prestasinya mulai menurun. Pada saat itulah ia memilih SMA 34 Jakarta sebagai tempatnya untuk menuntut ilmu. Inilah saat dimana ia menyukai hobi.

Dikagumi Penyanyi Cantik Saat SMA

Ada hal menarik saat SMA pria yang menggagumi Adam Sandler ini. Dan pastinya dapat kamu ketahui hanya di biodata Afgansyah Reza ini. Ternyata saat ia masih SMA dirinya dikagumi oleh salah satu penyanyi cantik Indonesia.

Apakah kamu bisa tebak, siapakah itu? Tidak disangka dia adalah Raisa. Penyanyi pelantun lagu Could It Be Love ini ternyata adik kelasnya saat SMA. Dan dia diam diam mengagumi pria ini dari jauh.

Hal tersebut ia sampaikan pada saat diundang menjadi guest star di konser Afgan yang berjudul The Biggest Concert Afgan Sound Of Love yang diadakan 26 Februaru 2016 silam. Lalu apakah Afgan tidak menyadari hal tersebut?

Ternyata ia juga memperhatikan Raisa. Pasalnya selain cantik, wanita yang memiliki rambut hitam ini juga sering tampil menyanyi di sekolah pada waktu dulu. Ia ingat saat menyaksikan Raisa menyanyi di acara Prom angkatannya pada tahun 2007.

Karena keduanya sama sama pemalu, akhirnya mereka tidak pernah kenalan waktu SMA. Tetapi takdir Tuhan, ternyata mereka dipertemukan kembali waktu duet bersama di lagu Percayalah.

Setelah Afgan lulus dari SMA N Jakarta pada tahun 2007, pelantun lagu Jodoh Pasti Bertemu ini diterima di Universitas Indonesia. Pada waktu itu ia mengambil jurusan Ekonomi. Berbicara mengenai kuliah, pastinya ada masa OSPEK.

Mungkin Afgan akan tersenyum jika mengenang masa OSPEK-nya di UI. Pasalnya, ia sempat datang terlambat sehingga dihukum oleh panitia. Saat menggeledah tasnya, mereka menemukan body lotion.

Hal tersebut tentunya membuat para senior laki laki itu kaget dan langsung heboh. Mereka pun langsung mengejek Afgan habis habisan. Akhirnya penyanyi yang memiliki wajah manis ini hanya bisa tertunduk malu.

Tetapi sayangnya, kesibukannya menjadi seorang penyanyi membuat pendidikannya berantakan. Alhasil, ia hanya mengecap masa satu tahun pendidikan sampai 2008 di universitas bergensi tersebut.

Afgan yang sempat vakum dari dunia pendidikan selama tiga tahun, Ia akhirnya masuk ke Monash University di Malaysia pada tahun 2011. Dan ia berhasil lulus dari jurusan business marketing pada tahun 2013.

Perjalanan Karier Afgansyah Reza


Kalau kita melihat deretan penghargaan yang terdapat pada biodata Afgansyah Reza, pasti dugaan kita bahwa penyanyi adalah bakatnya sejak kecil. Padahal, dulunya dia adalah anak yang sangat pemalu.

Karena Afgan terinspirasi dari lagu yang berjudul Andai Aku Bisa dari Alm Chrisye lah semangatnya muncul. Pada sejak itu, ia bertekad untuk menggapai kariernya sebagai pemusik.

"Diburu" Produser

Profil dan Biodata Afgansyah Reza
Sumber: Instagram (afgansyah.reza)

Ada cerita unik yang dapat di kulik pada biodata Afgan ini mengenai awal karier penyanyi yang memiliki lesung pipit ini. Karena terlalu hobi bernyanyi, Afgan lebih sering menghabiskan waktunya di tempat karaoke dan studio musik.

Studio musik yang menjadi favoritnya adalah WannaB Instant Recording Studio. Penyanyi yang suka dengan warna coklat itu sering menghabiskan waktunya saat masih SMA bersama teman-temannya disana untuk rekaman.

Tujuan rekamannya sih hanya untuk iseng iseng saja. Untuk koleksi pribadi. Nah, saat dirinya menyanyikan lagu Ordinary People milik John Legend. Udah kan tuh, pulanglah si Afgan.

Nah, tiba-tiba pada saat rekamannya diolah, si operator suka sama warna vokal unik Afgan. Mungkin nge-bass kayak penyanyi drama Korea kali ya.

Langsung lah dia lapor ke produser. Namun sayang, Afgan sudah pulang. Tidak ada nomor hp ataupun alamat.

Mereka hanya berbekal keterangan "ia adalah seorang anak SMA". Setelah dicari di berbagai SMA ternyata masih saja tidak ketemu. Sampai pada akhirnya pihak studio hanya berharap, si Afgan datang kembali untuk mengambil kaset rekamannya.

Pada saat Afgan kembali untuk mengambil kaset rekamannya, eh si produser tidak ada di tempat. Akhirnya, si kasir studio terpaksa "menahannya" sebentar sampai produser datang. Hal tersebut diceritakan langsung oleh Afgan sendiri Showcase Concert: Afgan Punya Cerita pada April 2014 lalu.

Oleh produser di WannaB production, Afgan di perkenalkan kepada Deddy dukun dan Dian Pramana Putra. Dua orang inilah yang mengorbitkan Afgan di album pertamanya Confession No 1 pada tahun 2008.

Pada album ini juga, Afgan diperkenalkan kepada Bebi Romeo. Orang yang berhasil membuat lagu hanya cocok untuk suara Afgan saja. Salah satunya adalah lagu Sadis (2008).

Seperti yang telah diduga, single tersebut sukses membuat Afgan terkenal selain Terima Kasih Cinta dan Padamu Kubersujud. Dan Bebi Romeo juga menjadi pencipta lagu favorit langganan Afgan.

Kreatif Menghasilkan dalam Menghasilkan Karya


Afgan dan Raisa. Sumber: Instagram (afgansyah.reza)

Karena kesuksesaannya, pria yang hoby nge-gym ini juga lansung membuat album keduanya pada tahun 2009. Tetapi, berbeda dengan sebelumnya, pada album yang kedua ini ia lebih memilih genre musik religi.

Suatu keputusan yang berani untuk seorang pendatang baru di blantika musik Indonesia. Album rohani itu pun diberi judul Bersihkan Dirimu. Single yang paling terkenal pada album ini adalah Padamu Ku Bersujud.

Album tersebut ternyata berhasil meraih sukses besar. Tidak heran kalau setahu kemudian, pihak label menawarinya proyek album yang bernama The One. Bukan Afgan namanya kalau single-nya tidak menjadi hits.

Pasti lagu Bawalah Cintaku, Cinta 2 Hati, Dalam Mihrab Cinta dan Dia...dia...dia sering kamu dengarkan di radio ataupun TV. Inilah album terakhirnya yang dibawah naungan bendera WannaB Production.

Pindah Manajemen

Pada tahun 2012 merupakan titik baru pada biodata Afgan. Pasalnya pada tahun tersebut ia berpindah ke Trinity Optima. Namun, ia sempat vakum untuk membuat album karena sibuk kuliah. Tetapi bukan berarti tidak bermusik.

Afgan masih mengeluarkan single Panah Asmara karya Tohpati, Bunga Terakhir remake dari Bebi Romeo dan menyanyikan lagu Kembali yang diproduseri oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baru pada saat di tahun 2013, Afgan merilis album L1ve to Love, Love to L1ve dengan single andalan Jodoh Pasti Bertemu dan Sabar. Pada album ini, ia menggandeng penyanyi berbakat yaitu Sherina untuk melakukan duet di lagu Afgan yang berjudul Demi Kamu dan Aku.

Agar dapat menampilkan kualitas musik yang lebih bagus. Afgan menggandeng produser terkenal asal Wales yang bernama Mark Hill. Hanya info saja nih, ia merupakan produser yang berkolaborasi dengan Ed Sheeran dan Craig David.

Pada akhirnya lahirlah album Sides (2016). Seperti yang telah disinggung di bagian atas biodata Afgansyah Reza, dalam album Sides ia menggandeng mantan adik kelasnya yaitu Raisa dalam lagu Percayalah.

Film

Selain jago di bidang musik, ternyata Afgan juga pernah bermain film. Pada biodata Afgan lengkap ini, IndoKeppo akan membahas film apa saja itu.

Pada tahun 2009, ia pernah tampil pada film Bukan Cinta Biasa. Sayangnya, dalam film tersebut ia hanya bermain sebentar saja karena hanya sebagai cameo. Baru pada film Cinta 2 Hati Afgan menjadi pemeran utamanya.

Cinta 2 Hati menceritakan tentang kehidupan cinta Alfa (Afgan) dan Laras (Tika Putri) yang diganggu oleh kehadiran Jane (Olivia Jensen). Tetapi sayang, film tersebut tidak terlalu populer.

Afgan juga masih mencoba peruntungannya dalam dunia film. Pada kali ini ia bermain bersama Maudya Ayunda dan Chelsea Islan dalam film Refrain (2013).

Film tersebut masih menceritakan cinta segitiga antar sahabat, akting Afgan pada film Refrain dinilai jauh lebih baik dibandingkan film sebelumnya.

Penghargaan

Jika dijelaskan satu satu, rasanya tidak akan ada habisnya biodata Afgan lengkap ini membahas tentang penghargaan yang pernah ia terima. Ada lebih dari 50 penghargaan yang telah ia menangkan dari 35 acara.

Beberapa diantaranya adalah penghargaan MTV Ampuh pada tahun 2008, Guardians e- Award pada tahun 2009, Anugra Musik 2012, 2015, dan 2016. Anugrah Muzik Malaysia 2009, 2015 dan 2016. Lalu juga Anugrah Melodi Malaysia tahun 2016.

Pastinya masih banyak lagi penghargaan serta nominasi yang di dapatkan oleh penyanyi lagu Sadis tersebut.

Kontroversi


Kisah Asmara

Mengenai kisah asmara, pria yang mengidolakan Iwan Fals ini bisa terbilang agak misterius. Karena hal itulah yang membuat banyak orang mencari biodata Afgan lengkap agar bisa mencari tahu siapa pacar dari pria ini.

Afgan sering kali digosipkan dengan beberapa artis cantik seperti Olivia Jensen, Maudi Ayunda, Pevita Pearce dan hot gossip di tahun 2017 adalah Afgan dan Rosa.

Walaupun tidak ada pengakuan resmi dari mulutnya mengenai siapa kekasih dari penyanyi lagu Sadis ini. Tetapi, publik sering sekali menangkap kedekatan mereka. Seperti contohnya kepergok makan malam berduaan atau saling berangkulan di depan umum.

Awal mula kedekatan Afgan dan Rossa bermula saat pria berkacamata tersebut pindah manajemen ke Trinity Optima. Proyek lagu Kamu yang Kutunggu semakin mempererat kedekatan kedua penyanyi tersebut.

Tetapi sayangnya tidak banyak yang bisa dikulik dari biodata Afgan mengenai Rossa. Meski sudah begitu dekat, mereka masih saja berkelit bila disinggung tentang status kedekatan mereka.

Walaupun dalam kebanyakan biodata Afgan nama pasangan pria ini masih dikosongi, tetapi bagi para penggemarnya, siap siap patah hati ya?! Hehehe....

Diusir Paksa Dari Panggung

Suasana panggung saat di Prambanan Jazz Festival 2017. Sumber: Instagram (afgansyah.reza)

Afgan pernah sempat mengalami hal yang tidak enak saat mengisi acara Prambanan Jazz Festival 2017. Maka dari itu pada biodata Afgansyah Reza, kita akan mengetahui pengalaman tidak enak apa sih yang pernah dialaminya.

Aslinya, jadwal manggung ditetapkan jam 8 malam. Afgan merasa jengkel karena jadwal manggungnya mudur 2 jam menjadi 10 jam tanpa ada alasan yang jelas, padahal sudah datang lebih awal untuk berjaga jaga.

Menurut dari penuturannya dalam akun Instagram Afgansyah Reza, pihak panitia membatalkan penampilannya di panggung. Tetapi, pihaknya tetap ngotot untuk menyanyi.

Mengingat banyak fans yang jauh jauh datang. Pada saat menyanyi lagi ke-6, tiba-tiba sound dan lampu mati. Dan disana lah Afgan merasa "diusir paksa".

Namun para penonton lalu menyalakan flash light dari hp mereka sebagai tanda bahwa mereka ingin penyanyi yang berhasil berhenti merokok itu tetap tampil.

Cahaya dari hp para penonton, Afgan tetap bernyanyi dengan alat seadanya. Pihak panitia menuturkan itu dilakukan untuk menyelamatkan acara karena show dari penyanyi lagu Knock Me Out itu bersamaan dengan acara Sarah Brightman.

Pihak dari Sarah Brightman, yang tampil jam 9 menggunakan live orchestra, tidak ingin ada sound lain yang terdengar selain milik mereka. Pada akhirnya pihak managemen Afgan dan panitia sepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan.

Apakah Ada yang Belum Terjawab dari Biodata Afgansyah Reza Lengkap di Atas?


Itulah tadi informasi mengenai biodata Afgansyah Reza. Kisah di atas telah terbukti kalau kita harus bertekad kuat untuk meraih mimpi, pasti Tuhan akan memberikan jalan.