Kamu sedang memiliki kulit wajah yang berjerawat? Hal tersebut memanglah tidak menyenangkan. Sehingga tidak jarang kamu langsung mencari tahu bagaimana cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat. Sekarang kamu sudah tidak perlu bingung kemana harus mencari, karena pada artikel ini kamu dapat menemukan segala informasi yang kamu perlukan. Cek sekarang juga, yuk!

Kalau kamu sedang mencari cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat, tepat sekali jika kamu mencarinya di sini. Kamu juga bisa menemukan cara membersihkan masalah kulit ini dan tips untuk mencegahnya muncul kembali!

Pasti semua orang pada kecewa mempunyai kulit yang berjerawat, kan? Masalah kulit yang satu ini memang selalu menjadi hal menakutkan tentunya yang akan membuatmu menjadi tidak percaya diri!

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan acne, mulai dari infeksi karena bakteri hingga pola makan yang tidak sehat. Agar dapat menghadapinya pun butuh cara untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bermacam-macam.

Jika kamu sedang memiliki masalah wajah yang satu ini sehingga kamu tidak percaya diri mengunggah selfie-mu di Instagram, sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir lagi. Cek artikel di bawah ini agar kamu dapat mengetahui bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan juga tips agar jerawat tidak muncul kembali!

Mengetahui Jerawat dan Penyebabnya


Dalam sebuah istilah medis, jerawat sering disebut dengan Acne Vulgaris. Pada dasarnya acne merupakan benjolan yang timbul karena penyumbatan pori atau peradangan kulit yang disertai dengan nanah atau darah.

Banyak permasalahan yang dapat memicu timbulnya jerawat, seperti di akibatkan oleh bakteri P. acne, kulit yang berminyak, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat, dan lain sebagainya. Salah satu yang sering terjadi adalah karena pori-pori pada kulitmu tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Setiap pori-pori di kulit terhubung ke kelenjar sebaceous, yang dapat menghasilkan zat berminyak yang disebut dengan sebum. Jumlah sebum yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan pori-pori yang tersumbat, yang kemudian akan menjadikan pertumbuhan bakteri yang dikenal dengan nama Propionibacterium acnes atau P. acnes.

Sel darah putihmu akan berusaha untuk menyerang P. acnes, sehingga hal tersebut akan menimbulkan peradangan kulit dan acne. Ada beberapa masalah, hal tersebut akan menimbulkan jerawat yang bisa dikatakan cukup parah. Tetapi pada umumnya, gejala umumnya adalah timbulnya whiteheads, komedo, dan acne.

Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami dan Cepat



Banyak sekali cara untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang dapat dilakukan oleh para perempuan. Mulai dari facial di salon atau klinik kecantikan ternama, hingga membeli banyak produk yang dipercaya dapat menjadi cara untuk menghilangkan jerawat dalam semalam.

Tetapi, tidak banyak yang mengetahui kalau bahan kimia dalam produk-produk tersebut belum tentu dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat kecil-kecil. Bahkan hal tersebut juga bisa membuat acne di wajah kamu menjadi lebih parah.

Jika kamu ingin mencari cara menghilangkan jerawat secara alami, kamu bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang telah terbukti mampu dalam mengatasi masalah acne. Walaupun mungkin efeknya tidak secepat produk yang dijual di pasaran, tetapi jangan sedih, karena efek jangka panjangnya dijamin lebih natural dan aman.

Inilah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan alami yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Lemon


Khasiat yang terdapat pada buah lemon mempunyai asam askorbat-L yang bisa mengurangi masalah peradangan yang terdapat pada kulit berjerawat serta dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Bahkan lemon juga dikenal baik untuk mencerahkan kulit dan penghilang noda pada wajah. Sehingga hal tersebut sangat baik untuk digunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat.

Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan di antaranya adalah:

1. Siapkan satu buah lemon.
2. Tekan lemon supaya bisa mengeluarkan lebih banyak air lemon saat diperas.
3. Potong lemon menjadi dua bagian, lalu peras ke dalam wadah.
4. Oleskan perasan air lemon tersebut ke wajah kamu.
5. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk.
6. Lakukanlah perawatan ini secara rutin satu kali saat pagi hari untuk bisa mengatasi masalah jerawat pada wajah.

2. Ketimun


Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat adalah dengan menggunakan ketimun. Mungkin kamu tidak menyadari kalau buah ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kulit.

Ketimun tidak hanya kaya akan antioksidan yang bagus untuk kulit, tetapi juga mineral, asam amino, dan juga vitamin C. Hal-hal tersebut sangat mempunyai khasiat untuk dapat mengeluarkan racun yang terdapat pada tubuh, membersihkan jerawat, serta melembabkan kulit.

Langkah yang dapat kamu lakukan untuk menjadikan ketimun sebagai cara untuk mengatasi masalah jerawat dan bekasnya adalah sebagai berikut ini:

1. Potonglah ketimun tipis-tipis.
2. Aplikasikan pada wajah kamu yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
3. Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air hangat.
4. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga bisa meminum jus ketimun yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Hal tersebut dikarenakan jus ketimun dapat membersihkan tubuh dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Kulit Jeruk


Khasiat yang terkandung pada kulit jeruk seperti vitamin C dan asam alfa hidroksi dipercaya bisa menjadi cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Hal tersebut dikarenakan kulit jeruk mampu untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat debu atau kotoran, serta mampu untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara penggunaannya juga terbilang sangat mudah, yaitu:

1. Kupaslah kulit jeruk dan keringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga kulit jeruk benar-benar kering.
2. Haluskan kulit jeruk yang sudah dikeringkan tadi hingga menjadi bubuk.
3. Tambahkan sedikit air pada bubuk tadi dan aduklah hingga menjadi pasta.
4. Oleskan pasta tersebut pada wajah kamu yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit.
5. Setelah itu, bilaslah dengan menggunakan air hanggat hingga bersih.

4. Putih Telur


Pasti telah banyak yang mengetahui kegunaan dari putih telur sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Hal itu disebabkan karena putih telur mengandung Enzim Lysozim yang bisa menghancurkan dinding sel bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Selain itu, putih telur juga dipercaya dapat mengecilkan pori-pori kulit dan juga mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab munculnya jerawat. Putih telur juga terbukti ampuh dalam menghilangkan komedo yang biasanya terdapat di hidung.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan menggunakan putih telur ini pun sangatlah mudah, yaitu:

1. Ambilah satu butir telur, pisahkan kuning telur dan putihnya. Sisihkan kuningnya.
2. Kocoklah putih telur hingga pecah dan mengembang.
3. Lalu, oleskan putih telur tersebut pada wajah, diamkanlah hingga putih telur yang dioleskan tadi hingga mengering.
4. Bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

5. Lidah Buaya


Bahan kelima yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat lainnya adalah lidah buaya. Sudah bukan hal yang mengherankan lagi kalau lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi masalah kulit yang berjerawat.

Lidah buaya sendiri mengandung banyak sekali zat aktif yang bisa menghilangkan jerawat. Beberapa di antaranya adalah hormon goberelin dan polisakarida yang bisa membunuh bakteri timbulnya jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung antioksidan, mineral, vitamin C, dan E yang dapat mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat.

Cara mengaplikasikan lidah buaya adalah:

1. Potong lidah buaya menjadi dua bagian dan singkirkan bagian yang berduri.
2. Ambilah gel lidah buayanya kemudian masukkan ke dalam wadah.
3. Haluskan gel lidah buaya tersebut.
4. Oleskanlah gel yang anda haluskan tadi ke area kulit yang berjerawat selama 3-5 menit.
5. Setelah itu, Bilas dengan menggunakan air dingin.

6. Pepaya


Cara menghilangkan jerawat secara almi dan cepat mempunyai banyak pilihannya. Salah satunya adalah bahan yang bisa kamu temukan dengan mudah yaitu buah pepaya.

Kandungan yang terdapat dalam buah pepaya adalah Enzim Papain yang dapat mengikis sel kulit mati. Serta itu terdapat antoksidan dan vitamin yang bisa mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan dan mengurangi peradangan pada kulit.

Cara menggunakannya juga cukup mudah:

1. Bersihkanlah pepaya dan potong menjadi beberapa bagian kecil.
2. Setelah itu haluskan pepaya hingga menjadi bubur.
3. Kamu bisa menambahkan satu sendok makan madu atau perasan air lemon jika mau.
4. Oleskan pada area wajah kamu yang berjerawat.
5. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
6. Bilas dengan menggunakan air hangat.

7. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan jerawat secara almi dengan cepat yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung senyawa Thiacremonon Sulfur yang dapat mengeringkan jerawat. Selain itu bawang putih juga terdapat senyawa Allicin yang bersifat antiseptik yang bisa mencegah bakteri munculnya jerawat.

Penggunaan bawang putih untuk mengatasi masalah penyebab jerawat sebagai berikut ini:

1. Haluskanlah bawang putih hingga halus. Tambahkan sedikit sari cuka apel agar hasilnya lebih maksimal.
2. Oleskan pada wajah yang berjerawat saja.
3. Diamkan selama beberapa menit
4. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

8. Scrub Gula

Kandungan yang terdapat pada gula murni mengandung AHA berupa asam glikolat yang sangat baik untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati. Sehingga gula sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Tidak hanya itu saja, gula juga dipercaya dapat membunuh bakteri timbulnya jerawat. Hal tersebut dikarenakan dinding sel bakteri yang pada dasarnya tidak tahan terhadap gula.

Langkah-langkah penggunaan gula untuk wajah berjerawat adalah sebagai berikut ini:

1. Campurkan dua sendok makan gula dengan satu sendok makan air hangat.
2. Kemudian aduk hingga menjadi pasta scrub.
3. Oleskan scrub tersebut pada wajah kemudian diamkanlah selama 15-20 menit.
4. Bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan.

9. Madu


Sejak zaman dahulu, madu sudah digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Antiseptik yang terkandung di dalam madu dipercaya dapat membunuh bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh jerawat.

Madu juga memiliki fungsi untuk probiotik alami. Gunanya adalah sebagai zat efektif yang tidak hanya dapat mengurangi tetapi juga bisa mencegah timbulnya jerawat baru.

Penggunaan madu juga terbilang cukup mudah:

1. Siapkan beberapa tetes madu.
2. Oleskan madu tersebut langsung pada wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas.
3. Diamkan selama 45 menit-60 menit.
4. Setelah madu mengering dan sudah terasa lengket, bilas lah dengan menggunakan air dingin dan keringkan.
5. Perawatan ini bisa kamu lakukan selama 3 kali dalam satu minggu.

10. Perpaduan Alpukat dengan Madu

Alpukat dan Madu adalah salah perpaduan terbaik sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami. Madu yang merupakan bahan alami ini telah dikenal sejak dahulu kala memiliki banyak manfaat untuk kulit karena mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Sementara itu kandungan yang terdapat dalam alpukat kaya akan vitamin E yang bisa menembus pori-pori kulit dan bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

Cara menggunakannya ke wajah juga cukup mudah:

1. Ambil daging buah yang terdapat pada alpukat dan masukan ke dalam wadah.
2. Haluskanlah daging buah alpukat tersebut hingga berbentuk seperti pasta.
3. Tambahkan satu sendok makan madu lalu aduk hingga rata.
4. Kamu juga bisa menambahkan air perasan lemon untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
5. Aplikasikan masker pada area wajah yang berjerawat lalu diamkan selama 15-20 menit.
6. Bilaslah dengan menggunakan air hangat hingga bersih dan keringkan.

11. Es Batu

Jika kamu ingin melakukan dengan cara paling simple, ada satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan menggunakan bahan yang mudah kamu temukan di rumah. Cara tersebut yaitu dengan menggunakan es batu yang dibuat dengan menggunakan air steril.

Es batu dipercaya bisa menghilangkan miyak berlebih dan juga kotoran di wajah kita yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, es batu juga berguna untuk menenangkan kulit dan juga mengurangi peradangan yang ditimbulkan akibat jerawat.

1. Hal yang perlu diperhatikan yaitu air yang digunakan untuk membuat es batu harus steril.
2. Bungkuslah es batu secukupnya menggunakan kain yang bersih.
3. Setelah itu oleskan atau diamkan es batu pada wajah yang berjerawat selama beberapa detik.
4. Kamu dapat mengulangi proses tersebut hingga beberapa kali pada area wajah yang berjerawat.

12. Cuka Sari Apel

Kamu dapat menemukan bahan ini di supermarket, yaitu cuka sari apel dapat kamu gunakan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Apa pun merek cuka sari apel yang kamu beli, cuka sari apel ini sendiri mengandung asam malat dan asam laklat yang dapat menangkat sel kulit mati. Bahan ini juga dapat dijadikan sebagai antioksidan yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan kulit yang sedang berjerawat.

Langkah penggunakan cuka sari apel ini, sebagai berikut:

1. Campurkan 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air matang.
2. Kemudian oleskan cuka sari apel tersebut ke wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas.
3. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.
4. Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu dapat melakukannya sebelum tidur dan biarkan selama semalaman.

13. Baking Soda


Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami yang bisa kamu lakukan di rumah lainnya adalah dengan menggunakan bahan baking soda. Bahan ini merupakan salah satu bahan dalam pembuatan kue juga bisa kamu jadikan sebagai pembunuh bakteri karena baking soda dapat menetralkan keasaman kulit. Sehingga bakteri penyebab timbulnya jerawat tidak mampu untuk hidup tahan lama pada wajahmu.

Baking soda juga tidak hanya dapat membunuh bakteri, tetapi baking soda juga bisa mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat serta menyerap minyak berlebih. Sehingga bahan ini sangat cocok sekali digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Penggunaannya juga cukup mudah :

1. Campurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air hingga menjadi pasta.
2. Kemudian oleskan pasta tersebut ke area wajah yang berjerawat.
3. Lalu, diamkan pada wajah selama kurang lebih 20 menit.
4. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangan dan keringkan.

Catatan penting untuk Anda sebelum menggunakan pasta baking soda ini sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu bagaimana reaksinya ke kulitmu. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit pasta tersebut pada bagian area wajah.

Jika tidak muncul reaksi kulit yang kemerahan, maka kamu bisa melanjutkan pemakaiannya. Pastinya kamu tidak menginginkan terkena efek alergi kan?

14. Pasta Gigi

Pasti kamu pernah mendengar atau ada yang memberitahumu tentang cara mengilangkan jerawat dengan menggunakan pasta gigi. Lalu kamu merasa bingung, apakah pasta gigi bisa digunakan sebagai cara untuk mengusir jerawat secara almi dan cepat?

Nyatanya, flouride, triclosan, dan hidrogen peroksida adalah beberapa bahan aktif yang terdapat dalam pasta gigi yang bisa mencegah iritasi kulit. Selain itu, pasta gigi juga bisa mengeringkan jerawat dan mengurangi perandangan pada kulit wajah.

Cara melakukan penggunaan pasta gigi sebagai obat jerawat juga bisa dikatakan sangat mudah:

1. Siapkan pasta gigi, lalu oleskan sedikit pasta gigi langsung ke kulit yang berjerawat. Pastikan hidari mengoleskan ke seluruh area wajah.
2. Diamkan selama kurang lebih 2 jam atau bahkan semalaman.
3. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air dingin lalu keringkan.

Jika kamu memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Kamu juga harus pastikan memiliki pasta gigi dengan kandungan floride yang lebih rendah. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan pasta gigi organik.

15. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau biasa disebut dengan tea tree oil ini adalah bahan yang bisa kamu temukan dalam produk-produk anti jerawat. Pada dasarnya minyak ini adalah minyak dari daun tanaman malaeuca yang berasal dari Australia. Zat terpenoid yang terkandung dalam tanaman tersebut sangat berguna dalam mengusir bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Walau terdengar sangat keren, sayangnya minyak pohon teh ini bisa menyebabkan alergi pada kulit. Sehingga akan lebih baik sebelum menggunakannya, kamu bisa menguji reaksinya terlebih dahulu pada kulitmu. Agar kamu tidak mendapatkan kekecewaan berlebih kalau ternyata kulitmu tidak cocok jika menggunakan minyak teh ini.

Cara untuk menguji reaksinya bisa dengan cara mengoleskan sedikit minyak ke pergelangan tangan lalu tunggu selama setidaknya dua jam. Jika terjadi reaksi seperti kemerahan atau gatal, maka minyak daun teh ini tidak bisa kamu aplikasikan ke wajahmu.

Cara melakukannya juga tidak bisa sembarangan, ya. Caranya adalah:

1. Campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan 95 ml air.
2. Oleskanlah pada kulit wajahmu yang berjerawat dengan menggunakan kapas.
3. Lakukan setidaknya dua sampai tiga kali dalam satu hari.

Tips Menghindari Timbulnya Jerawat



Agar cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat ini dapat cepat berfungsi dengan baik, oleh karena itu perawatan teratur pun juga harus terus kamu lakukan. Karena tentunya kamu tidak menginginkan nanti jerawatnya akan muncul kembali ke wajahmu setelah susah payah untuk membersihkannya, kan?

Inilah beberapa cara untuk mencegah timbulnya jerawat agar tidak datang lagi ke wajahmu yang indah dan cantik:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Kalau kamu sudah mencoba semua cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan alami dan cepat, kamu juga harus tetap merawat kesehatan wajah dengan cara membersihkan wajah minimal dua kali sehari dengan pembersih wajah. Pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu dan tentunya yang aman.

Pada saat ini, ada banyak pembersih wajah yang mengandung bahan alami di pasaran. Sehingga kalau kamu rajin untuk membersihkan wajah, maka kamu juga akan menjaga kulit dari kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Mengurangi Menyentuh Wajah, Terlebih Memencet

Jika wajahmu sedang mengalami jerawat, tidak disarankan untuk menyentuh wajahmu dengan menggunakan tangan yang kotor terlebih sampai memencetnya. Jika kamu menyentuh wajah dengan menggunakan tangan yang kotor, sama saja kamu sedang menyebarkan bakteri baru di wajahmu yang nantinya akan membentuk jerawat baru.

Terlebih kalau kamu sampai memencet jerawat yang ada pada wajahmu. Memencet dapat memperburuk kondisi kulit dan akhirnya justru dapat menimbulkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

3. Hindari Makeup Berlebih

Semua cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat akan sia-sia kalau kamu masih tetap saja menggunakan makeup yang berlebihan. Disarankan kamu tidak boleh terlalu menggunakan riasan wajah yang terlalu berlebihan.

Jika kamu terpaksa menggunakannya, gunakanlah makeup yang sesuai dengan jenis kulitmu. Sesudah itu, kamu harus ingat untuk membersihkan wajahmu sampai benar-benar bersih sebelum kamu tidur.

4. Rajin Berolahraga

Hal yang dapat mendukung cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami adalah dengan rajin berolahraga. Pasalnya berolahraga rutin dapat membantu untuk menyeimbangkan hormon dan mengurangi resiko stres.

Setelah itu, kamu tidak boleh lupa untuk mandi dengan menggunakan air hangat setelah berolahraga. Sehingga dapat membersihkan tubuh dari keringat dan minyak yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Mengatur Pola Makan Sehat

Menu makanan yang sehat dan seimbang pastinya sangat penting agar dapat menjaga kesehatan kulit. Perbanyaklah makan-makanan buah dan sayuran, karena sayur dan buh dipercaya dapat membersihkan wajah dari racun serta mengatasi kulit berjerawat dari dalam.

Selain itu, kamu harus menghindari makanan yang berminyak, berlemak dan cepat saji. Kurangi juga konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, lalu perbanyak minum air putih.

Penggunaan Cara Alami Agar Mendapatkan Kulit yang Bersih


Lalu bagaimana? Apakah kamu sudah puas dengan informasi yang telah diberikan di atas. Apakah kamu ingin mencoba salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat di atas? Selain lebih aman digunakan dibandingkan obat-obatan yang mengandung bahan kimia, sudah dapat dipastikan kalau bahan alami tidak akan membuatmu harus membayar mahal.

Walaupun bahan kimia memang dapat mengatasi jerawat dengan cepat, tetapi ada kemungkinan menimbulkan efek samping jika kamu menggunakannya secara terus menerus. Lebih baik kamu menggunakan cara menghilangkan jerawat dengan alami dan cepat yang memang memerlukan kesabaran dan ketekunan.

Jadi tunggu apa lagi? Cobalah cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat di atas dan dapatkan kulit yang bersih dan mulus agar fotomu semakin tambah oke. Tetapi jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin dan disiplin, ya!