Punya jerawat membandel di wajah yang menjadi penyebab hampir semua orang. Jerawat tidak hanya menggangu penampilan, tetapi juga sering sekali meninggalkan bekas dan merusak kulit wajah. Pada tingkatan yang ekstrem, tidak jarang kalau wajah akan menjadi bruntusan akibat masalah jerawat yang tidak terkendali.

Walaupun, muka bruntusan karena jerawat masih dapat diobati dengan cara dan perawatan yang tepat, lho.

Cara Menghilangkan Bruntusan pada Wajah


1. Masker Menggunakan Madu Murni

Mengatasi Bruntusan pada Kulit Wajah

Madu tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, madu murni juga sering sekali dimanfaatkan untuk kecantikan. Pada umumnya, madu telah menjadi andalan yang dapat mengatasi masalah kulit kusam dan juga jerawat. Tetapi, ternyata penggunaan madu murni juga bisa digunakan untuk mengatasi wajah yang bruntusan.

Kamu hanya cukup mencuci muka hingga bersih sebelum menggunakan masker dengan menggunakan madu murni hingga mengering sebelum kemudian dibilas kembali hingga bersih. Lakukanlah rutinitas ini untuk mengatasi cara menghilangkan pada kulit wajah kamu yang sedang bruntusan karena praktis.

2. Perpaduan Masker Putih Telur dan Lemon

Mengatasi Bruntusan pada Kulit Wajah

Cara menghilangkan wajah bruntusan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran dari perasan jeruk lemon dan putih telur. Kombinasi kedua bahan ini dapat dijadikan sebagai wajah yang dipercaya tidak hanya dapat memberi kesehatan pada kulit wajah tetapi juga dapat mengatasi masalah bruntusan.

3. Lidah Buaya

Mengatasi Bruntusan pada Kulit Wajah

Bahan alami yang selanjutnya tentunya sangat ampuh untuk masalah kulit brutusan pada wajah adalah lidah buaya. Bahan alami ini kaya akan vitamin E yang pastinya baik untuk kulit, lidah buaya juga terkenal ampuh untuk melembabkan kulit serta dapat mempercepat penyebuhan luka di kulit. Mengaplikasikan gel lidah buaya pada wajah dengan rutin ampuh untuk menyembuhkan brutusan yang terjadi pada kulit wajah secara alami.

4. Teh Hijau

Mengatasi Bruntusan pada Kulit Wajah

Apakah kamu suka minum teh hijau? Jika kamu suka, kamu jangan buang ampas dari daun teh hijau yang kamu seduh, ya. Teh hijau sendiri kaya akan antioksidan dan juga sangat bermanfaat untuk dijadikan masker wajah yang ampuh untuk mengatasi masalah pada kulit termasuk juga pada wajah yang bruntusan.

5. Cuka Apel

Mengatasi Bruntusan pada Kulit Wajah

Cuka Apel mengandung zat asam asetat yang tinggi. Kandungan tersebutlah yang sangat baik untuk meredakan peradangan serta infeksi pada kulit termasuk juga pada kulit wajah yang bruntusan. Agar dapat menghulangkan bruntusan dengan menggunakan cuka apel, kamu dapat mengolesinya pada bagian muka yang sedang bruntusan dengan cuka apel dan didiamkan selama beberapa menit. Kamu dapat melakukan rutinitas ini sampai beberapa kali dalam sehari hingga bruntusan perlahan mulai menghilang.

6. Masker Oatmeal

Mengatasi Bruntusan pada Kulit Wajah

Cara ke enam untuk menghilangkan wajah bruntusan selanjutnya adalah dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal sendiri terkenal memiliki sifat antiinflamasi yang baik untuk penyembuhan radang dan bruntusan pada wajah. Cara memanfaatkan oatmeal untuk mengatasi wajah yang bruntusan tidaklah sulit. Kamu hanya tinggal menghaluskan oatmeal dengan sedikit air hangat dan oleskan pada wajah. Pijat dan gosoklah wajah yang telah kamu olesi oatmeal selama 10 hingga 20 menit sebelum akhirnya kamu bilas dengan air bersih. Lakukanlah rutinitas ini untuk membantu menghilangkan bruntusan yang ada pada wajah Anda.

7. Baking Soda

Mengatasi Bruntusan pada Kulit Wajah

Bahan lainnya yang dapat membantu Anda menghilangkan bruntusan yaitu Baking Soda yang memiliki sifa antiinflamasi selain oatmeal. Oleh maka dari itu, kamu dapat menggunakan masker wajah yang terbuat dari baking soda dengan mencampurkannya dengan sedikit air sebelum dioleskan pada bagian-bagian wajah yang bruntusan. Setelah didiamkan selama 10 sampai 15 menit, bilaslah wajah dan ulangi rutinitas ini setiap harinya.

Tetapi, cara mengatasi wajah yang brutusan ini tidak disaranakan ya. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif mengingat sifat asamnya yang tinggi pada baking soda dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

8. Tomat

Mengatasi Bruntusan pada Kulit Wajah

Buah tomat yang menggandung gizi yang tinggi tidak hanya baik untuk dikonsumsi, tetapi juga bisa menjadi solusi pada masalah wajah yang bruntusan. Kamu hanya cukup menghaluskan tomat dengan menggunakan blender dan menggunakan tomat yang telah dihaluskan tadi sebagai masker secara rutin untuk mengatasi kulit wajah yang bruntusan.

9. Minyak Cengkeh

Mengatasi Bruntusan pada Kulit Wajah

Minyak cengkeh sendiri mengandung eugenol yang memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa gatal serta dapat membuat sel-sel kulit menjadi lebih rileks. Hal ini juga yang dapat membuatnya sangat baik untuk proses penyembuhan kulit wajah yang bruntusan.

Kamu hanya cukup mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada bagian muka yang bruntusan semalaman sebelum kemudian dibilas dengan bersih. Rutinitas ini akan membantu kamu untuk mempercepat proses menghilangnya brutusan yang terjadi pada kulit wajah.

Selain menggunakan bahan-bahan alami yang ada diatas, agar dapat menghilangkan bruntusan pada kulit wajah serta mencegahnya datang kembali Kamu juga harus memperhatikan rutinitas perawatan wajah sehari-hari.

Tahapan yang paling mendasar dalam perawatan kulit wajah yang setidaknya kamu lakukan untuk dapat mempercepat proses penyembuhan wajah brutusan adalah sebagai berikut:

1. Mencuci wajah dengan metode double cleansing

Membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cuci muka saja tidaklah cukup. Melakukan cuci muka sebanyak dua kali dengan dua jenis sabun cuci muka yang berbeda yaitu seperti oil-based atau water-based cleanser sebelum kemudian dibersihkan kembali dengan menggunakan sabun cuci muka yang khusus yang telah disesuaikan dengan kondisi kulit pada wajah.

2. Exfoliating

Selain mencuci muka, kamu tidak boleh lupa untuk melakukan eksfoliasi secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi bruntusan. Berbeda dengan mencuci muka, rutinitas perawatan kulit pada wajah bruntusan satu ini cukup dilakukan 1-2 minggu sekali.

3. Nutrisi kulit dengan menggunakan Toner dan Serum

Khususnya untuk kamu yang sering sekali menggunakan kosmetik, dua produk perawatan kulit wajah ini wajib untuk digunakan secara rutin untuk menutrisi kulit agar tidak mudah rusak atau iritasi karena kandungan dari kosmetik.

Ternyata tidak sulitkan untuk mengatasi masalah kulit wajah yang bruntusan? Apa kamu sudah tidak sabar untuk mencoba semua tips dan cara untuk membasmi masalah muka yang bruntusan?