Berkencan ala si Leo (Pixabay)

Mengutarakan target masa depan dengan kekasih merupakan hal yang menakutkan atau menengangkan. Padahal, jika membicarakan kejelasan hubungan itu sangatlah penting.

"Jika kamu takut, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Sebagian besar ketakut itu mungkin berasal dari kebiasaan kamu ketika menjalin hubungan dengan cara anak muda," ucap seorang psikolog dan pakar hubungan, yaitu Dr. Alexandra Solomon seperti yang telah dikutip oleh Elite Daily, Senin (18/11/2019).

Solomon menambahkan ucapannya, biasanya jika hubungan yang dijalanin dengan gaya hubungan remaha, Anda dan pasangan belum terbiasa dengan pandangan akan masa depan dari suatu hubungan ke jejang yang lebih serius lagi.

"Keadaan kencan seperti ini tentunya cenderung lebih ke arah akuntabilitas yang rendah, kerentanan yang rendah, dan ambiguitas yang tinggi. Hal tersebutlah yang menyebabkan orang-orang menghindari dari pertanyaan tentang masa depan," ucap Solomon.

Bagi kalian yang mulai ingin mengetahui pandangan pasangan menggenai hubungan tersebut ini saran pakar:

1. Mulai bicarakan pada saat Anda mulai terpikir

Secara sederhana, tidak ada waktu yang tepat tentang kapan Anda harus membicarakan soal masa depan dengan pasangan. Tetapi, ketika Anda sudah mulai memikirkannya dan mempertanyakan bagaimana Anda dan juga pasangan bisa melihat hubungan tersebut, itulah saatnya Anda harus berbicara.

"Jika Anda tetap diam saat ingin berbicara, Anda sedang mengajarkan diri sendiri untuk menerima sebuah ambiguitasi saat Anda meninginkan kejelasan. Anda tidak perlu takut untuk dianggap sebagai drama atau terburu-buru," ucap Solomon.

Pasangan Anda mungkin juga gugup untuk mempertanyakan soal ini. Tetapi harus Anda ingat kalau Anda memiliki pikiran tentang ini, bisa jadi dia juga akan memikirkan hal yang sama.

2. Mengungkapkan disaat Santai

3 Tips Membahas Masa Depan Hubungan dengan Pasangan
ilustrasi. Sumber: (copyright unplash.com/Huy Phan)

"Anda dapat memilih waktu Anda dan pasangan saat sedang bersantai dan merasa cukup untuk bicara. Gunakanlah pilihan kata yang positif daripada menuduh karena ia belum mengungkapkannya terlebih dahulu," ucap Solomon.

Jika pasangan kamu benar-benar melihat masa depan bersama, Anda bisa membicarakan hubungan secara lebih serius. Tetapi apabila pasangan Anda menolak untuk membicarakannya, Anda juga harus melihat sejah mana integritas pasangan Anda.

"Contohnya saja, pasangan Anda mungkin mengatakan kalau ia menikmati waktu-waktu bersama Anda, tetapi membutuhkan waktu untuk berjalan ke tahap selanjutnya karena trauma. Jika ini contohnya, ia memiliki integritas karena sudah berani untuk mengatakan dengan jujur," ucap Solomon.

Akan tetapi, jika ia mengatakan hanya ingin bersenang-senang dalam hubungan, maka ada akuntabilitas yang rendah. Tidak ada ruang untuk berempati disini. Apabila tetap mempertahankan hubungan yang memiliki visi berbeda, maka Anda berada di dalam kondisi yang mengabaikan diri sendiri.

3. Tanyakan pada Diri Sendiri

3 Tips Membahas Masa Depan Hubungan dengan Pasangan
Ilustrasi Cinta. Sumber: (iStockphoto)

Apabila Anda lebih memilih untuk memutuskan melanjutkannya walaupun ia tidak ingin memperjelas masa depan hubungan, Anda harus bertanya pada diri sendiri apa yang membuat Anda bisa menerimanya.

"Bahkan, jika ia mengatakan tidak tahu tentang masa depan. Anda harus menemukan harapan dalam jawabannya. Artinya, ketika ia mengatakan belum tahu, ia harus memiliki jawaban yang bisa meyakinkan Anda jika nantinya ada masa depan yang bisa ia tawarkan," ucap Solomon.